Tips

Tips Menghindari Keracunan Gas di Dalam Mobil dan Pencegahannya

Auto2000 Jelaskan Sebab dan Gejala Keracunan Gas CO di Dalam Kabin Mobil, Termasuk Cara Mencegahnya

Jakarta, Autos.id  – Keracunan gas Carbon Monoksida (CO) bisa terjadi ketika AutoFamily berdiam di dalam mobil berhenti dan di saat bersamaan AC dan mesin mobil dinyalakan. Gas CO merupakan salah satu hasil pembakaran mesin mobil yang dibuang melalui saluran knalpot. Masalahnya, gas CO tidak terlihat oleh mata dan tidak meninggalkan bau.

Sementara gejala keracunan gas ini sulit disadari, seperti badan lemas, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, sakit pada dada dan seperti berhalusinasi. Jika kadarnya sudah tinggi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran dan kematian yang cepat. Karena ciri-cirinya tersamarkan, begitu sadar akan sulit mencari pertolongan karena badan terlalu lemas, bahkan untuk sekadar membuka pintu mobil.

Ada beberapa prakondisi yang membuat gas sisa pembakaran mesin mobil bisa masuk ke dalam kabin mobil. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Knalpot Bocor
  2. Sistem AC Rusak
  3. Karat di Bodi Mobil

Karat punya potensi untuk timbul di bodi mobil, terutama di dek bawah tempat bersarangnya kotoran. Jika tidak diatasi, karat akan menyebabkan bodi mobil berlubang dan membuka jalur masuknya gas buang mobil. Karet bodi mobil yang sudah getas juga bisa menjadi akses masuknya gas buang.

Cara Mencegah Keracunan Gas CO

Ada beberapa hal yang wajib lakukan untuk mencegah keracunan gas CO di dalam kabin mobil.

  1. Jangan berdiam di dalam kabin mobil dalam jangka waktu lama saat mobil berhenti. Padahal di saat bersamaan, mesin mobil dan AC tetap nyala. Semakin buruk ketika AutoFamily parkir di dalam gedung parkir, garasi, atau ruang tertutup lainnya.
  2. Jika terpaksa tinggal di dalam mobil, buka sedikit kaca samping untuk membantu sirkulasi udara luar. Tapi solusi ini tidak dianjurkan karena risiko keracunan tetap tinggi, apalagi kalau AutoFamily juga membawa anak kecil atau lansia.
  3. Segera keluar dari mobil saat mulai terasa gejala awal seperti tiba-tiba mengantuk, badan lemas, atau pusing padahal kondisi badan sehat. Segera datangi bengkel Auto2000 untuk memastikan kabin mobil aman dari kebocoran.
  4. Rutin servis berkala menjadi kunci utama mencegah keracunan gas CO di dalam kabin mobil. Ketika servis berkala, seluruh komponen mobil diperiksa, termasuk potensi kebocoran di sistem AC, kabin mobil, dan mesin beserta saluran gas buang.

Manfaatkan Program Sehat Toyotaku

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal berisi servis berkala yang dibuat dalam 5 paket  sesuai kebutuhan di masa New Normal. AutoFamily bisa memanfaatkan 2 paket di antaranya untuk mencegah keracunan gas CO.

Yang pertama adalah Paket Servis AC, dimana sistem AC mobil dibersihkan dan dicek dengan diskon harga 10%. Kedua adalah Paket Tune Up yang membuat mesin selalu bekerja optimal dan mengurangi emisi gas buang seperti gas CO, termasuk memastikan tidak ada kebocoran di mesin dan saluran gas buang. Bahkan tersedia servis tambahan seperti memeriksa kondisi baut dan karet pada sasis dan bodi mobil.

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal hanya bisa dimanfaatkan via booking service di website Auto2000.co.id, dan Berlaku hingga September 2020, AutoFamily dapat menggunakan lebih dari 1 paket dalam 1 kali servis. Untuk keterangan lebih lengkap, AutoFamily bisa sambangi Auto2000 Digiroom E-commerce Dealer Otomotif Pertama di Indonesia.

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top