Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Waspadai Oli Mesin Menguap dan Performa Mesin Terganggu Akibat Macet Dan Cuaca Panas

Jakarta, Autos.id  – Meski di beberapa wilayah sudah mulai turun hujan, tapi akhir-akhir ini cuaca panas masih mendominasi. Ini perlu jadi perhatian AutoFamily tentunya, terlebih terkait dengan perawatan kendaraan supaya performa mesin tetap terjaga. Bagaimana tidak, cuaca panas yang ditambah dengan kondisi jalan macet misalnya merupakan kondisi yang cukup menantang untuk mesin mobil.

Mobil yang berhenti membuat radiator tidak mendapatkan embusan udara lebih dingin dan segar dari arah depan. Radiator akan kesulitan bekerja dan suhu ruang mesin meningkat karena kurang optimal melepaskan panas.

Efeknya mesin mobil akan semakin kesulitan mengurangi suhu kerja mesin. Salah satu yang berisiko jadi masalah adalah oli mesin yang menguap. Sejatinya oli mesin dirancang tahan suhu tinggi di mana titik didihnya ada yang mencapai suhu tertentu. Sehingga bila terpapar panas tinggi dan dalam waktu lama, pelumas mesin menjadi cepat rusak dan lebih encer jika dibandingkan saat baru.

Karena terus bekerja dalam suhu lingkungan tinggi, akhirnya oli mesin yang semakin encer akan menyusup masuk ke ruang bakar, berpotensi menimbulkan masalah baru yakni deposit kotoran di ruang bakar.

Deposit kotoran di ruang bakar bukanlah kondisi yang diperbolehkan. Kotoran yang menempel pada katup dan busi akan membuat kinerja mesin turun. Kotoran yang masuk ke ruang bakar juga akan merusak campuran ideal udara-bensin dan memicu pembakaran tidak sempurna.

Alhasil, performa mesin akan turun yang juga akan membuatnya boros bensin. Selain itu, pembakaran tidak sempurna akan meningkatkan emisi karbon sehingga mobil tidak dapat lulus uji emisi. Kalau sudah begini, masalah akan merambat kemana-mana dan sulit dibereskan.

Meskipun mesin dalam keadaan prima dan presisi, risiko oli menguap tetap ada. Oli akan menguap karena pada batas suhu tertentu energi dalam yang mengikat molekul hidrokarbonnya tidak sanggup lagi menahan diri akibat adanya energi panas yang terjadi.

Auto2000 menyediakan oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) yang dibuat sesuai dengan spesifikasi mobil Toyota di Indonesia, dan telah melewati proses riset supaya dapat dipakai dengan aman di negara tropis yang berat. Sehingga, AutoFamily tidak perlu khawatir terkait keandalan oli TMO untuk mobil Toyota di Indonesia.

“Oli mesin pasti menguap dalam batas wajar karena pemakaian. AutoFamily harus waspada di cuaca panas, jangan sampai oli berkurang jauh yang dapat merusak komponen mesin. Cek takaran oli secara rutin, segera ganti oli mesin ketika masanya servis berkala yakni setiap 6 bulan atau 10.000 km supaya formula oli terjaga kualitasnya meskipun bekerja di cuaca panas. Segera booking via Auto2000 Digiroom dan manfaatkan promo yang kami tawarkan,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, di Jakarta, hari ini (Senin, 13/11/2023).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Komunitas

Bogor, Autos.id  –  Bertempat di Auto2000 Dramaga Bogor Jawa Barat Toyota Owner Club (TOC) yang berisikan 18 komunitas atau club melakukan uji emisi dan...

Berita Otomotif

Auto2000 juga Mengoperasikan 113 Bengkel Siaga Untuk Mendukung Perjalanan Mudik dan Libur Lebaran Jakarta, Autos.id  – Sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia, Auto2000 memberikan...

Berita Otomotif

Last updated on 24 Desember, 2022 Dalam mengawal AutoFamily saat Libur Natal dan Tahun baru 2022, Auto2022 juga menyediakan promo service Jakarta, Autos.id – ...

Berita Otomotif

Last updated on 10 Desember, 2022 Auto2000 menjabarkan daftar harga dan simulasi kredit All New Kijang Innova Zenix Jakarta, Autos.id  –  All New Kijang...

error: Content is protected !!