Connect with us

Hi, what are you looking for?

Subaru

Yang Perlu Diketahui Dari Subaru Solterra EV SUV

Subaru Solterra EV SUV_1a
Subaru Solterra EV SUV. (Sumber: CNET)

Autos.id – Siapa yang tidak kenal dengan Subaru? Pabrikan otomotif asal negeri Sakura ini memang menjadi pilihan otomotif dengan performanya yang menjanjikan dan juga memiliki tampilan modelnya yang tajam dimana membuat para pecinta otomotifnya. Seperti halnya dengan salah satu model SUV dari Subaru yang satu ini yaitu Subaru Solterra EV SUV dimana hadir untuk bisa menjawab tantangan dari perkembangan dunia otomotif yang semakin menarik. Memiliki performa, fitur, dan juga spek yang menjanjikan, lalu apa saja yang perlu diketahui bagi para pecinta otomotifnya dengan model kendaraan listrik yang satu ini? Mari simak informasinya berikut ini!

Fitur Mengemudi Mandiri Tanpa Tangan Yang Canggih

Subaru Solterra EV SUV_2b

Subaru Solterra EV SUV. (Sumber: Motor Trend)

Sistem bantuan pengemudi EyeSight Subaru bekerja secara tanpa tangan, setidaknya untuk digunakan pada kecepatan hingga 40 mph. Dengan sistem aktif dan Solterra bergerak lebih lambat dari 45 mph, ia akan tetap berada di jalurnya dan mengikuti lalu lintas berhenti-dan-pergi tanpa masukan dari pengemudi.

Mobil ini juga akan memiliki kemampuan untuk berpindah jalur secara otomatis, dengan pengemudi memerintahkan pergerakan menggunakan tangkai lampu sein. Rangkaian bantuan pengemudi ini merupakan standar di semua level trim—Premium, Limited, dan Touring—dan mencakup peringatan lalu lintas lintas depan, kontrol jelajah radar dinamis, deteksi kamera belakang, dan fitur baru lainnya yang ditambahkan, DriverFocus.

Ini adalah sistem mitigasi gangguan yang diperkenalkan pada Forester 2019 dan mengenali saat pengemudi lelah atau tidak memperhatikan jalan di depan saat mengemudinya.

Sedikit Waktu Untuk Pengisian Daya Baterainya

Kemajuan yang sangat dibutuhkan pada Solterra adalah sistem pengisian dayanya dan model 2024 mengalami pengurangan besar dalam waktu pengisian daya pada DC Fast Chargers.

Mengalihkan daya dari 10 persen ke 80 persen biasanya memakan waktu hampir satu jam, namun kini dapat dilakukan hanya dalam 35 menit tanpa mengurangi ukuran baterai. Ia juga melakukan hal ini tanpa mengubah tingkat puncak Pengisian Cepat DC sebesar 100 kW.

Para penggemar otomotifnya telah bertanya kepada Subaru perubahan apa yang dilakukan agar Solterra dapat meningkat sebanyak itu, karena pengondisian baterai saja tidak cukup. Ternyata perubahan perangkat lunak dan peningkatan kapasitas pemanasan baterailah yang memungkinkan waktu pengisian lebih cepat.

Meskipun kecepatan puncak 100 kW tidak berubah, Solterra 2024 dapat mempertahankan kecepatan tersebut lebih lama selama sesi DC Fast Charge. Bahkan lebih baik?

Pendinginan yang ditingkatkan juga merupakan kabar baik bagi mereka yang berada di iklim yang sangat dingin dan sangat panas, seperti yang dinyatakan Subaru, Solterra 2024 dapat mengisi daya “hingga 80 menit lebih cepat dalam kondisi tertentu”.

Subaru juga menyatakan bahwa kapasitas baterainya cukup untuk “penggunaan harian”, dan kami juga bertanya kepada mereka apa maksudnya. Dari Solterra 2023 dan paket baterai 72,8 kWh, trim Premium dapat menempuh jarak sekitar 228 mil dengan pengisian penuh sedangkan Limited dan Touring dapat menempuh jarak sekitar 222 mil karena ban yang lebih besar.

Dari apa yang kita lihat, AWD motor ganda berkekuatan 215 hp, torsi 249 lb-ft kembali pada tahun 2024 dan berarti jangkauannya akan tetap sama.

Dilengkapi Berbagai Fitur Menarik dan Canggih

Subaru Solterra EV SUV_3c

Subaru Solterra EV SUV. (Sumber: EV Tips)

Mobil SUV listrik dari Subaru ini mampu menghadirkan beragam fitur yang canggih dan juga desain modelnya yang menarik bagi para pemiliknya. Anda mendapatkan ground clearance 8,3 inci, roda 18 inci pada Premium atau 20 inci pada Limited atau Touring.

Selain itu, ada juga sistem infotainment layar sentuh 8,0 inci dengan nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar atau dapat ditingkatkan ke sistem layar sentuh 12,3 inci, serta X-Mode dengan kontrol pegangan dan pemilihan mode berkendara semuanya masih standar pada model 2024.

Bagaimana? Menarik bukan untuk salah satu varian model SUV yang canggih dan modern dari pabrikan Subaru ini untuk di pasarannya?

 

Baca juga: Maserati Quattroporte EV Hadir di 2028 Mendatang, Mengapa?

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Berita Otomotif

Konektor charger mobil listrik ternyata ada berbagai tipe, termasuk GB/T dan CCS 2 yang seringkali dibandingkan. Autos.id – Mobil listrik adalah masa depan, dan...

Motor

Autos.id – Demam kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya hadir dalam bentuk kendaraan roda empat saja yang bisa dihadirkan di dalam pasaran otomotifnya. Untuk...

Berita Otomotif

Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T. Autos.id – CHAdeMo merupakan sistem pengisian yang...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil listrik di Indonesia mampu menghadirkan tren yang cukup positif di pasarannya. Lewat adanya sisi...

error: Content is protected !!