Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Honda Tengah Siapkan CB1000 Type X, Spek Mesin Mirip CBR SP

Honda CB1000 Type X_1a
Honda CB1000 Type X.

Last updated on 19 Maret, 2024

Autos.id – Pabrikan roda dua dari negeri Sakura yaitu Honda merupakan salah satu pabrikan yang cukup sering menghadirkan beragam motor-motor dengan spesifikasi maupun modelnya yang menjanjikan bagi pasaran otomotifnya. Hal itu dilakukan demi menjawab kebutuhan pasarannya akan kendaraan roda dua yang pas dan sesuai dari harapan para pecinta otomotifnya tersebut. Seiring akan hal tersebut, Honda sendiri belum lama ini diinformasikan tengah menyiapkan model motor terbarunya yang bernama CB1000 Type X. Dirumorkan akan memiliki mesin yang sama dengan varian model CBR SP, lantas apa yang menjadi perhatian dari moge terbaru dari Honda ini untuk pasarannya?

Mengisi Kekosongan di Segmen Sport Touring

Honda CB1000 Type X_2b

Honda CB1000 Type X.

Perlu diketahui bahwa pada saat ini, hanya pabrikan Honda saja yang belum memiliki produk modelnya yang hadir di dalam segmen motor sport touring. Untuk beberapa pabrikan lainnya seperti Yamaha, Kawasaki, hingga Suzuki sendiri telah memiliki model varian motoronya untuk mengisi segmennya ini.

Hal tersebut dapat dilihat dimana Yamaha hadir dengan model Tracer 9 GT+ serta dari Suzuki juga telah ada varian model GSX-S1000GX. Sementara untuk pabrikan motor Jepang lainnya yaitu Kawasaki mengisi segmen pasar sport touring dengan memasarkan model Versys 1000SE.

Tentunya dengan melihat para kompetitornya sudah terlebih dulu bermain di pasaran segmen sport touringnya tersebut, Honda bisa terbilang sedikit terlambat dengan menghadirkan varian CB1000 Type X ini.

Meskipun terlambat dari pasarannya, tetapi antusias dari para pecinta otomotif dunia terhadap modelnya ini masih cukup tinggi untuk diketahui.

Perkiraan Spesifikasi Mesin Yang Dimiliki

Untuk varian CB1000 Type X sendiri dikabarkan akan menggunakan spesifikasi mesin yang bertenaga untuk menjawab sebagai motor sport touring yang nyaman untuk dipakai bagi para pengendaranya. Lebih lanjut, yang menjadi perhatian dari mesinnya sendiri merupakan suatu hal yang menarik pada modelnya ini.

Spek mesin yang dihadirkan pada model ini menggunakan mesin dengan kapasitas 4 silinder paralel 999cc. Mesin ini sendiri merupakan spek mesin yang sama juga digunakan pada varian model Honda CBR 1000RR SC77. Dengan konfigurasi mesinnya tersebut, motor ini mampu memberikan tenaga sebesar 192 Hp dimana mampu menjawab untuk kebutuhan mobilitas kesehariannya.

Sementara untuk bagian desainnya, varian model ini dikabarkan juga akan sedikit mengikuti model-model motor bergaya streetfighter yang dimiliki oleh Honda lainnya. Yang paling mendekati untuk modelnya tersebut kemungkinan adalah dari varian model CB750 Hornet yang sudah ada di pasarannya.

Dengan kesamaan model yang akan menyerupai tersebut, tak heran bagi beberapa kalangan menyatakan bahwa nantinya model CB1000X Type X ini akan menjadi kakak dari model CB750 Hornet untuk berada di pasaran otomotifnya itu.

Diluncurkan di Tahun 2025?

Honda CB1000 Type X_3c

Honda CB1000 Type X.

Kehadiran informasi dari varian model motor sport touring dari pabrikan Honda ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk pasaran otomotif roda dua. Tidak sedikit pula yang juga turut menunggu untuk kehadirannya agar bisa meminang dari motor gede pabrikan Honda yang satu ini.

Namun, tampaknya bagi para pecinta otomotifnya perlu bersabar lebih lanjut. Hal tersebut dikarenakkan untuk motor ini sendiri baru akan diluncurkan di pasarannya di tahun 2025 mendatang. Tetapi, kabarnya pihak Honda akan mendatangkan model motor ini pada ajang EICMA Milan Show di Italia pada 7 November 2024 mendatang.

Tentunya dengan kehadiran dari model CB1000X Type X ini akan menambah sisi persaingan di kelas sport touring untuk para pabrikan otomotif roda dua dari negeri Sakura tersebut bukan?

 

Baca juga: Intip Apa Saja Kelebihan Dari Motor Honda Stylo 160 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Motor

Last updated on 12 April, 2024 Autos.id – Februari lalu, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya yakni Honda Stylo 160. Kemunculannya kali ini cukup menggemparkan...

Motor

Last updated on 9 April, 2024 Autos.id – Pada saat ini, motor dengan model classic ataupun retro tengah menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Melihat perkembangan motor listrik di Indonesia, hal ini bisa dikatakan cukup baik. Berbagai pabrikan otomotif juga...

Motor

Last updated on 4 April, 2024 Autos.id – Perlu diketahui bahwa di beberapa daerah di Indonesia memang pada saat ini tengah mendapatkan intensitas cuaca...

error: Content is protected !!