Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Daftar Motor Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh di Tahun 2024

Ilustrasi mengendarai motor listrik.
Ilustrasi mengendarai motor listrik. (Sumber; Freepik)

Tren motor listrik di Indonesia menunjukkan peningkatan positif, dimana ada sejumlah merk yang memiliki jarak tempuh luar biasa.

Autos.id – Pemerintah mendukung peredaran motor listrik Indonesia melalui program subsidi. Seperti mobil listrik, motor ini menggunakan baterai sebagai sumber daya. Jarak tempuh motor listrik tergantung pada berbagai faktor seperti kapasitas baterai, efisiensi motor, dan kondisi jalan.

Estimasi jarak tempuh biasanya diberikan oleh produsen berdasarkan kondisi ideal, namun faktor lain seperti cuaca dan gaya mengemudi dapat memengaruhi jarak tempuh sebenarnya. Oleh karena itu, pemahaman terhadap spesifikasi dan faktor-faktor pengaruhnya penting saat memilih motor listrik.

 

1.Yadea T9

Yadea T9.

Yadea T9. (Sumber: Yadea Indonesia)

Yadea T9 memiliki motor 2.000 watt dan baterai Graphene 72V 38 Ah, memungkinkannya untuk menempuh jarak hingga 100 km dengan satu pengisian daya penuh. Meskipun memiliki kecepatan maksimum 60 km/jam, cocok untuk penggemar touring atau perjalanan jauh dengan harga mulai dari Rp21 jutaan. Namun, perlu dicatat bahwa spesifikasi dapat berubah dan ada kemungkinan adanya perkembangan baru di masa mendatang.

 

2.Polytron T-Rex

Polytron merilis motor listrik terbaru dengan desain eksterior sporty mirip motor N-Max. Motor ini memiliki motor 5.000 watt dan baterai 3,75 kWh, mampu menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 130 km/jam. Harga Polytron T-Rex berkisar antara Rp20 hingga Rp30 jutaan (ITR Jakarta), tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, Polytron Fox R.

 

3.Selis E-Max

Selis E-Max Dual Lithium.

Selis E-Max Dual Lithium. (Sumber: Toko Selis)

Selis E-Max Dual Lithium dijual mulai dari Rp28 juta (OTR Jakarta). Ditenagai oleh baterai Lithium 60V 25 Ah dengan daya maksimal 35 watt, motor ini mampu menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Proses pengisian baterai hanya memerlukan waktu 5 jam, menjadikannya pilihan yang populer untuk kegiatan sehari-hari dan perjalanan jauh.

 

4.Viar Q1

Viar Q1.

Viar Q1. (Sumber: Viar Official Store)

Viar Q1 adalah motor listrik yang unik karena dapat menyimpan dua baterai sekaligus di dalam bagasinya. Ditenagai oleh baterai Lithium-Ion 60V 23 Ah dan motor 800 watt, Viar Q1 dapat menempuh jarak hingga 120 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Proses pengisian daya dari 0 hingga 100% hanya membutuhkan waktu 5 jam. Harganya mulai dari Rp20 juta (OTR Jakarta).

 

5.Alva Cervo

ALVA Cervo adalah motor dengan dua baterai yang mampu menempuh jarak hingga 125 km setelah diisi daya sekali. Selain memiliki jarak tempuh yang baik, motor ini juga memiliki tenaga yang besar dengan torsi maksimal mencapai 53,5 Nm dan kecepatan tertinggi hingga 103 km/jam. Untuk pengguna yang menginginkan kombinasi jarak tempuh dan tenaga yang tinggi, ALVA Cervo bisa menjadi opsi yang tepat dengan harga Rp37,7 juta (OTR Jakarta).

Baca juga: Komparasi Polytron Fox R dan Alva Cervo: Mana yang Lebih Baik?

6.Polytron Fox R

Motor listrik Polytron Fox R.

Motor listrik Polytron Fox R.

Motor listrik Polytron Fox R menawarkan fitur unggulan yaitu sewa baterai, menghilangkan kekhawatiran pengguna terkait biaya perawatan. Ditenagai oleh motor 3.000 watt dan baterai 3,7 kWh, motor ini dapat mencapai kecepatan 90 km/jam dan memiliki jangkauan hingga 130 km. Ini menjadi solusi ideal bagi pengguna yang ingin menghindari biaya perawatan baterai motor listrik. Polytron Fox R dijual dengan harga Rp20,5 juta dan dapat diperoleh melalui marketplace online di wilayah Jakarta.

Baca juga: Ini Dia Perbedaan Motor Listrik Polytron Fox-R dan Fox-S

7.NIU N GT

NIU N GT.

NIU N GT. (Sumber: Skuter Listrik Indonesia)

NIU N GT adalah motor listrik yang menawarkan ringan dan memiliki harga yang dimulai dari Rp70 jutaan. Salah satu keunggulan utamanya adalah baterai Bosch berkekuatan 3.000 watt serta dua baterai Lithium tipe 18650 dari Panasonic dengan tegangan 35 Ah. Dengan kedua baterai ini, NIU N GT dapat memberikan torsi instan, akselerasi yang cepat, kecepatan maksimal hingga 70 km/jam, dan jarak tempuh hingga 100 km dalam sekali pengisian. Terdapat mode berkendara yang dapat disesuaikan, seperti Sport, Dynamic, dan E-Save, yang memberikan fleksibilitas tambahan kepada pengguna. Mode E-Save bahkan memungkinkan untuk perpanjangan jarak tempuh hingga 170 km.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Motor

Autos.id – Motor listrik semakin menjadi pilihan populer di Indonesia karena berbagai keunggulan yang ditawarkannya, mulai dari efisiensi energi hingga dampak lingkungan yang lebih...

Motor

Autos.id – Penyaluran subsidi motor listrik dari pemerintah Indonesia sekarang belum maksimal karena belum mampu menarik minat para konsumennya. Realisasi program konversi motor berbasis...

Motor

Autos.id – Motor trail listrik buatan Indonesia perdana dibuat kepada TNI dan Polri. Kementerian Pertahanan sendiri sudah menyerahkan sepeda motor listrik bergaya motor trail...

Polytron

Jakarta, Autos.id  –  Menjelajahi perjalanan jauh dengan motor listrik seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara. Namun kekhawatiran tentang jarak tempuh yang terbatas dan...

error: Content is protected !!