Rekor Otomotif Indonesia merupakan sebuah Lembaga Independen Awarding yang memberi apresiasi pada karya insan otomotif yang out off the box.
Jakarta, Autos.id – Banyaknya karya di bidang indsutri otomotif yang mencuat ke kancah global namun tidka mendapat apresiasi, merupakan awal mulanya Rekor Otomotif Indonesia (ROI) tercetus.
Tommy Gunawan, Founder ROI mengungkapkan banyak karya otomotif yang patut mendapat apresiasi secara khusus. Karena itu perlu adanya sebuah lembaga khusus yang mengapresiasi mereka. Hal ini yang mendorong Rekor Otomotif Indonesia hadir.
“Kita punya banyak karya otomotif yang sangat unik dan ikonik yang perlu diapresiasi. Misalnya karya modifikasi, produk, after market dan banyak lagi yang mendorong kemajuan otomotif. Dan hal ini perlu diapresiasi”
“Kita punya banyak karya otomotif yang sangat unik dan ikonik yang perlu diapresiasi. Misalnya karya modifikasi, produk, after market dan banyak lagi yang mendorong kemajuan otomotif. Dan hal ini perlu diapresiasi,” kata Tommy di Jakarta, Selasa (30/5/2017).
Lalu apa perbedaan ROI dengan Lembaga Awarding yang populer seperti Museum Rekor Indonesia? Tommy menjelaskan jika MURI memberikan apresiasi pada semua karya yang berlaku umum yang terjadi di Indonesia, maka ROI hanya spesifik pada otomotif.
“Kita khususkan pada semua bentuk ajang otomotif, misalnya pameran dengan jumlah modifikasi motor atau mobil dengan peserta terbanyak. Atau produk yang memiliki kekuatan atau keunikan sendiri yang terverifikasi oleh tim internal ROI secara independen,” terang Tommy.
Untuk mendapat rekor dari ROI, pemilik produk, modifikator atau penyelenggara event bisa mengontak tim Rekor Otomotif Indonesia melalui websitenya atau menghubungi ROI secara langsung. Nantinya tim ROI akan memverifikasinya dan mengikutsertakannya dalam kategori tertentu yang ada pada ROI.
“Jadi misalnya nanti ada orang yang buat mobil modifikasi 6 roda, mungkin banyak orang anggap baru tapi kita akan bandingkan siapa yang pertama kali membuatnya atau mungkin ada yang lebih dari itu. Misalnya ternyata ada yang bangun mobil delapan roda atau event dengan mobil yang sama terbanyak. Bisa kita verifikasi dan kita berikan rekor,” tukasnya
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
