Connect with us

Hi, what are you looking for?

Suzuki

Targetkan Market Share 8,5% di Tahun 2025, Suzuki Hybrid Masih Diharapkan Sebagai Backbone Penjualan

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise_3c
Suzuki Ertiga Hybrid

Jakarta, Autos.id  –  Menurut analisa Gaikindo berdasarkan data penjualan secara total wholesales tahun 2024, jumlah passenger car dari Suzuki tercatat terjual 36,386 unit, sementara commercial car terjual 30.075 unit. Randy, R, Murdoko selaku Departement Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjelaskan, dalam hitungan wholesales, konsumsi mobil hybrid Suzuki dari kurun waktu Jan-Des 2024 terjual 16.793 unit atau sekitar 53% dari seluruh passenger car.

Sementara dari total unit penjualan Suzuki di periode yang sama (Jan-Des 2024), mencapai 66.461 unit. Bila angka penjualan hybrid mencapai 16.793 unit selama Jan-Des 2024 maka market share mencapai 9% dari market share nasional.

Angka tersebut merujuk pada angka whole sales Gaikindo 2024 yang menunjukkan bahwa total penjualan mobil penumpang (passenger car) mencapai 672.986 unit (78%), sementara mobil komersial mencapai 192.737 unit (22%) dengan total penjualan otomotif domestik mencapai 865.723 unit.

Zulfikar Rafi Al Ghany, Head of Public Relations PT SIS

Pencapaian prestasi tahun 2024 yang terbilang cukup gemilang tersebut, akan dipertahankan di tahun 2025, meski beberapa isu nasional dalam bayang-bayang pelaku industri otomotif harus disiasati secara positif.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) menatap tahun 2025 dengan penuh optimis. Meski harus menghadapi berbagai kebijakan pemerintah seperti opsen pajak, PPN 12% dan peningkatan UMR 6,5%. Pihak SIS memberikan langkah yang cukup hati-hati, agar mampu memberikan pricing yang tepat terhadap market konsumen domestic yaitu target market share 8,5%.

“Tahun 2025 ini, kami optimis mendapatkan target penjualan yang sesuai dengan marketshare sebesar 8.5% dari total market nasional. Secara implementasi produk baru Suzuki, lima puluh persennya (50%) adalah produk komersial bakal kami pertahankan posisinya. Sedangkan untuk passenger car sendiri, komposisinya juga 50%,” terangnya dalam sesi QnA bersama media.

Tambahnya, komposisi mobil dengan teknologi hybrid sudah mencapai hampir 20% dari seluruh varian yang terjual. “Saat ini mobil passenger dengan teknologi hybrid komposisinya hampir 20% dari produk secara keseluruhan. Harapannya produk-produk kedepan berfokus pada hybrid, dan fokus pada teknologi yang mengantarkan ke program Net Zero Emiission bakal bertambah komposisinya. Angka optimis sudah kami kantongi detailnya,” tambah Randy.

Sementara itu, GM PT Suzuki Sales Indonesia, Hariadi, menuturkan, “Issu Opsen, PPn naik menjadi 12%, tentu bakal terdampak di industri otomotif. Semua kebijakan pemerintah, harus dicermati secara hati-hati implementasi, terutama soal penetapan harga. Di awal tahun 2025 regulasi terkait opsen pajak belum berjalan, kami berharap penerapan ini bisa berjalan dengan smooth.

Suzuki akan terus mengikuti regulasi yang berlaku, tetapi tetap hati-hati.  Terkait PPN 12%, berimbas pada passenger car, namun tidak berimbas di mobil komersial, alias tetap di PPN 11%.

Industri otomotif tentu menjadi industri yang padat modal. Diperlukan banyak karyawan, dengan kondisi teknologi yang selalu berubah, maka SIS mendapatkan gelontoran dana sebesar Rp5 triliun. Menurut SIS, Kemungkinan suntikan dana tersebut bakal digunakan untuk belanja modal.

“Dana Rp 5 triliun ini akan digunakan untuk memproduksi mobil listrik terbaru dari Suzuki yang rencananya akan kami hadirkan di semester II tahun ini,” pungkasnya.

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Suzuki

Jakarta, Autos.id  –  Mengukuhkan komitmennya terhadap masa depan mobilitas berkelanjutan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan konsep mobil listrik terbaru, eWX, dalam ajang bergengsi Indonesia...

Suzuki

Jakarta, Autos.id  – Menuju penghujung tahun 2024, data penjualan Suzuki tumbuh 17% di bulan November 2024. Keberhasilan ini ditopang oleh antusiasme pasar terhadap produk...

Suzuki

Tangerang, Autos.id  – Menjadi prestasi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan pencapaian dua kali lipat sepanjang GJAW 2024. Suzuki sanggup lampaui target penjualan hingga...

Aksesoris

Tangerang, Autos.id  – Melayani perawatan kendaraan milik pelanggan, Suzuki Indonesia bukan hanya menjaga kesigapan Bengkel Resmi saja, namun juga melengkapi dengan penyediaan spare part...