Connect with us

Hi, what are you looking for?

Komparasi

Komparasi MG Maxus 9 vs BYD Denza 9: Mana yang Lebih Baik?

MG Maxus 9 vs BYD Denza 9.
MG Maxus 9 vs BYD Denza 9. (Sumber; Clubza TV)

MG dan BYD bersaing di pasar mobil listrik, dimana Maxus 9 jadi pesaing langsung Denza 9.

Autos.id – Pada IIMS 2024, dua mobil MPV mewah berpenggerak listrik diperkenalkan, yakni MG Maxus 9 dan BYD Denza D9. Meskipun Maxus 9 memiliki penampilan yang sama dengan model sebelumnya namun dengan logo yang berbeda, sedangkan Denza D9 merupakan model yang benar-benar baru.

Kedua mobil tersebut menawarkan konsep tiga baris layaknya Lexus LM, tetapi diproduksi oleh pabrikan asal Cina dan mengandalkan tenaga listrik untuk menggerakkan kendaraannya. Dalam rangka membuat komparasi kedua mobil tersebut, terdapat kendala utama yaitu keterbatasan informasi mengenai spesifikasi masing-masing mobil.

Hanya Maxus 9 yang memiliki informasi spesifikasi yang lebih lengkap, sementara harga masih dirahasiakan. Meskipun demikian, diperkirakan kemampuan keduanya tidak akan jauh berbeda dengan mobil-mobil sejenis yang ada di pasar global. Hal ini membuat penilaian terhadap kedua mobil tersebut menjadi menarik untuk dibahas.

 

Dimensi MG Maxus 9 vs BYD Denza 9

MG Maxus 9.

MG Maxus 9. (Sumber; Clubza TV)

BYD Denza 9.

BYD Denza 9. (Sumber; Clubza TV)

Kedua mobil ini memiliki dimensi yang besar. MG Maxus 9 memiliki panjang 5.270 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 1.840 mm, dengan wheelbase lebih dari tiga meter, yaitu 3.200 mm. Hal ini memungkinkan untuk menyediakan ruang kabin yang luas, terutama dengan adanya jok besar yang dilengkapi pemijat di baris tengah.

Sementara itu, BYD Denza D9, meski terlihat lebih besar, sebenarnya sedikit lebih ringkas daripada Maxus 9. Dengan panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm, dan tinggi 1.920 mm, serta wheelbase 3.110 mm.

 

Fitur MG Maxus 9 vs BYD Denza 9

Dasbor MG Maxus 9.

Dasbor MG Maxus 9. (Sumber; Clubza TV)

Dasbor BYD Denza 9.

Dasbor BYD Denza 9. (Sumber; Clubza TV)

Kedua MPV ini menawarkan kenyamanan layaknya ‘kereta kencana’, dengan Maxus 9 menampilkan berbagai fitur premium di dalam kabin, seperti suspensi MacPherson (depan) dan multi link (belakang), serta jok berlapis kulit dan busa tebal dengan pemijat dan ventilasi. Sementara Denza D9, meskipun belum terlihat interiornya secara detail, juga diprediksi akan menyajikan fitur serupa, termasuk monitor untuk penumpang belakang dan pengendali digital di sandaran tangan baris kedua, berdasarkan foto-foto saat peluncurannya di China.

 

Performa MG Maxus 9 vs BYD Denza 9

Kabin MG Maxus 9.

Kabin MG Maxus 9.(Sumber; Clubza TV)

BYD Denza D9 hadir dalam dua format penggerak, yaitu PHEV (Plug-in Hybrid EV) dan BEV (Battery Electric Vehicle). Versi yang dipamerkan di sini adalah versi BEV dengan penggerak AWD, yang ditandai oleh logo di bagian belakangnya.

Versi AWD Denza D9 dilengkapi dengan baterai lithium ion berkapasitas 103,3 kWh, menggunakan e-platform 3.0 sebagai basisnya. Hal ini membuatnya memiliki beberapa komponen yang sama dengan Seal, Dolphin, dan Atto3. Denza D9 diklaim mampu menempuh jarak hingga 598 km dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga hingga 369 hp (kombinasi dua motor listrik).

Sementara itu, MG Maxus 9 memiliki dua varian, yaitu Magnify dan Ignite, namun perbedaannya cukup tipis. Kedua varian ini memiliki kemampuan dan daya jelajah yang sama, dengan baterai lithium-ion berkapasitas 90 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 540 km.

Motor listriknya menggerakkan roda depan dengan tenaga sebesar 241,5 hp dan torsi 350 Nm. Secara teoritis, Denza D9 tampak unggul dengan jarak tempuh yang lebih jauh, tenaga yang lebih besar, dan penyaluran daya ke empat roda.

 

Harga

Interior BYD Denza 9.

Interior BYD Denza 9. (Sumber; Clubza TV)

Meskipun harga MG Maxus 9 belum secara resmi diumumkan di Indonesia, namun jika merujuk pada harga di Thailand, perkiraan harganya berada di sekitar Rp1,1 miliar. Sementara itu, BYD Denza 9 dijual dengan harga yang lebih terjangkau di pasar China, dimulai dari 335.000 Yuan atau sekitar Rp 700 jutaan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Komparasi

Pada saat IIMS 2024, terjadi persaingan yang menarik antara dua produsen mobil listrik yaitu BYD dan MG4. Autos.id – BYD Dolphin dan MG 4...

Reviews

Autos.id – Mobil dengan sistem teknologi Hybrid atau hibrida di pasaran otomotif Indonesia memang masih dibilang cukup sedikit pemainnya. Dengan adanya hal tersebut, kendaraan-kendaraan...

Komparasi

Neta V dan Citroen e-C3 hadir di Indonesia sejak tahun 2023, lalu bagaimana komparasi antara keduanya? Autos.id – Neta V dan Citroen e-C3 adalah...

Komparasi

Last updated on 27 Maret, 2024 BYD Seal dan Hyundai Ioniq 5 dipasarkan di Indonesia, dimana keduanya memiliki komparasi yang menarik. Autos.id – BYD...

error: Content is protected !!