Connect with us

Hi, what are you looking for?

Hennessey

Ford Pastikan Tidak Akan Ada Versi Convertible dari Shelby GT500

Jika Anda sedang menunggu versi convertible dari S550 GT500, mungkin sudah waktunya untuk Anda kecewa dan mungkin membel versi coupe saja.

Autos.id  –  Karena kali ini perwakilan dari Ford menegaskan bahwa tidak akan ada GT500 yang akan dilepas atapnya. Hal ini merupakan salah satu hal yang jarang terjadi karena sudah jadi tradisi bagi Mustang untuk merilis versi Convertible dari lininya.

Namun, penyimpangan dari tradisi Ford ini berasal dari kekhawatiran yang masuk akal dari tim Ford, sehingga mau tidak mau GT500 hanya ada versi coupenya saja.

Peforma Tinggi dan Pengorbanannya

S550 GT500 Mustang adalah mobil Mustang pabrikan dengan peforma paling tinggi yang pernah dibuat, namun ada setiap ada kelebihan tentu ada juga beberapa pengorbanan yang harus dilakukan. Sebagai permulaan, transmisi manual tradisional yang tersedia di Mustang GT500s kini hilang. Sebagai gantinya mobil Mustang GT500S menggunakan kopling ganda otomatis Tremec 8-Speed yang dapat bergeser lebih cepat daripada kedipan mata.

Dalam pengembangan mobil tersebut, Ford memprioritaskan kekakuan sasis, penyetelan suspensi, dan rem yang cukup kuat untuk menangani 760 tenaga kuda mesin Predator V8 5.2 liter (567 Kilowatt). Hal ini sebenarnya membuat S550 Mustang GT500 terdengar mirip  seperti supercar Italia daripada mobil Coupe Mustang lainnya.

Ford Shelby GT 500 2014 yang masih punya versi convertible

Masalah Arsitektur

Meski banyak Supercar Italia tetap memiliki versi atap terbuka atau convertible, Ford memutusakan untuk tidak akan melepas atap dari Mustang GT500. Dalam wawancara dengan Ford Authority, Dave Pericack, Direktur Manajemen Lini Produk Perusahaan Ford Icons, menjelaskan bahwa pilihan untuk mempertahankan S550 GT500 coupe dikarenakan kekakuan bodi mobil dari GT500. Untuk membuat mobil konvertibel dengan kekakuan bodi yang cukup untuk mendukung mesin GT500 yang berperforma tinggi, Ford harus menerapkan teknik yang sangat sulit dan material yang unik dan berbeda untuk membuat desainnya kuat dan tahan lama. Sehingga, mau tidak mau Ford memilih untuk mengeliminasi versi convertible tersebut daripada melakukan pengembangan yang rumit.

Hau Thai-Tang, kepala platform produk dan petugas operasi Ford, menunjukkan dalam obrolan dengan Manoli Katakis dari kantor berita Muscle Cars and Trucks bahwa platform S550 sudah maksimal dan tidak bisa diubah. “Ketika kami merancang (platform S550 Mustang), kami benar-benar melihat ke atas dan memproyeksikan apa yang secara historis dapat kami lakukan,” kata Thai-Tang. “GT500 yang saya pikir kami proyeksikan. Ini mendekati batas atas kemampuan mobil (S550)… namun hal itu juga menjadi salah satu hal yang menghambat kami untuk membuat varian konvertibel. Anda harus menemukan bandwidth arsitekturnya.”

 

Generasi sebelumnya S197 GT500 memang bisa datang dalam versi convertible tetapi mobil tersebut harus turun terlebih dahulu sebesar 100 tenaga kuda, jika kita bandingkanpun dengan mobil generasi S550 baru, mobil convertible ini hanya memiliki 662 tenaga kuda (494 Kilowatt). Tampaknya, mesin predator V8 yang mengeluarkan 760 tenaga kuda (567 Kilowatts) di generasi S550 terlalu kuat untuk dapat dibuat versi convertiblenya. Jadi, jika Anda mencari Mustang konvertibel, mungkin Anda dapat memilih Mustang GT biasa atau beberapa versi GT500 bertansmisi manual.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Berita Otomotif

Mustang Shelby GT500 2019 dipercaya memiliki tenaga lebih dari 700 hp, dan mobil ini akan diperkenalkan di NAIAS 2018, Maret mendatang. Detroit, Autos.id –...