Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tesla

Tesla Rakitan Tiongkok Catat Penjualan 70 Ribuan Selama Desember 2021

Tesla Rakitan Tiongkok Berhasil Mencatat Penjualan 70 Ribuan Unit Selama Desember 2021

Penjualan dengan angka tinggi menunjukkan bahwa mobil listrik dari Tesla yang dirakit secara lokal di Tiongkok sangat diterima pasar.

Autos.id – Selain dirakit di Amerika Serikat, brand mobil listrik Tesla juga merakit mobil-mobil listrik mereka di Shanghai, Tiongkok. Baru-baru ini, Tesla rakitan Tiongkok mencatat angka penjualan yang memecahkan rekor.

Selama bulan Desember 2021, Tesla rakitan Tiongkok ini mencatatkan penjualan yang tinggi dari perakitan di Tiongkok dengan angka 70.847 unit. Angka tersebut termasuk 245 unit yang diekspor keluar Tiongkok serta naik sekitar 34% lebih banyak dibandingkan bulan November.

Naik Cukup Signifikan

Seperti yang diberitakan oleh Reuters pada 11 Januari 2022, Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok atau CPCA mengatakan bahwa angka penjualan bulan Desember tersebut naik 3 kali lipat pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Sejauh ini, angka tersebut merupakan yang tertinggi didapatkan Tesla dari perakitan di Shanghai.

Tesla Rakitan Tiongkok Berhasil Mencatat Penjualan 70 Ribuan Unit Selama Desember 2021

Lalu bila digabungkan dengan penjualan selama tahun 2021, Tesla rakitan Tiongkok mencatatkan penjualan 473.078 unit. Angka tersebut menyumbang sekitar kurang lebih setengah penjualan Tesla di seluruh dunia sepanjang 2021 kemarin. Secara global, Tesla sudah menjual sebanyak 936.000 unit selama tahun 2021 silam.

Direktur Pelaksana Sino Auto Insights, Tu Le menyebutkan bahwa angka tersebut menunjukan bahwa Tesla di pasar Tiongkok tetap menjadi mobil listrik pilihan utama. Selain itu menurut Tu Le, Tesla secara operasional juga sangat mengesankan. Pabrik Tesla di Shanghai tersebut bisa memproduksi hingga 42.000 mobil listrik setiap bulannya.

“Meskipun dalam situasi krisis kekurangan chip semikonduktor yang melanda dunia serta kelangkaan suplai baterai yang terjadi, itu tidak membuat produksi Tesla menjadi terganggu dengan sumber daya yang dimilikinya”, tambah Tu Le. Seperti yang diketahui bahwa dunia otomotif saat ini sedang dipusingkan dengan kelangkaan chip semikonduktor dan suplai baterai yang membuat produksi menjadi terganggu.

Tesla Rakitan Tiongkok Berhasil Mencatat Penjualan 70 Ribuan Unit Selama Desember 2021

Di Tiongkok sendiri, pasar mobil listrik didominasi oleh produk dalam negeri seperti BYD dan Wuling. Sedangkan Tesla, meskipun memiliki angka penjualan yang baik, hanya menempati urutan 10 besar dalam penjualan mobil listrik di negara tersebut. Merek asing lainnya yang menjual mobil listrik dengan penjualan cukup baik di Tiongkok adalah Volkswagen.

Untuk penjualan mobil secara keseluruhan di segala segmen mobil di Tiongkok, CPCA mencatat angka penjualan mencapai 2,14 juta unit dari seluruh Tiongkok. Meskipun tinggi, angka tersebut turun dibandingkan tahun 2020 hingga mencapai 7,7%.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan bangga meluncurkan mobil listriknya. Autos.id – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi meluncurkan mobil listrik berpenampilan gagah...

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Mobil

Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar baterai mobil listrik tidak boros saat digunakan Setiap jenis kendaraan pastinya membutuhkan sumber energi untuk bisa berfungsi...

Berita Otomotif

Genesis secara resmi memamerkan mobil listrik terbaru dengan nama X Convertible Concept. Autos.id – Pabrikan mobil mewah asal Korea Selatan, Genesis, secara resmi memamerkan...