Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Tesla Menjadi Mobil Listrik Terlaku Di Dunia Versi Jato Dynamics

Tesla Menjadi Mobil Listrik Terlaku Didunia Versi Jato Dynamics

Meskipun pasar mobil listrik terbesar berada di Tiongkok, tetapi justru bukan brand Tiongkok yang meraih predikat mobil listrik terlaku didunia.

Autos.id – Tidak bisa dipungkiri bahwa kendaraan listrik merupakan kendaraan yang sedang ngetrend diseluruh dunia. Tidak heran banyak pabrikan otomotif diseluruh dunia yang mulai berlomba-lomba meluncurkan berbagai produk kendaraan listrik. Baru-baru ini, Jato Dynamics merlisi sebuah data tentang mobil listrik yang paling laku terjual didunia.

Hasilnya Tesla menjadi mobil listrik terlaku atau yang paling banyak dijual didunia mengalahkan beberapa brand Tiongkok meskipun Tiongkok merupakan negara dengan penjualan mobil listrik terbanyak.

Tesla Menjadi Mobil Listrik Terlaku Didunia Versi Jato Dynamics

Tesla Model X

Naik Secara Signifikan Dari Tahun ke Tahun

Jato Dynamics meluncurkan data penjualan mobil listrik secara keseluruhan selama tahun 2021. Hasilnya ada 4,2 juta unit mobil listrik yang terjual diseluruh dunia alias naik 108% dibanding tahun 2020 dan 198% dibandingkan tahun 2019. Dalam data tersebut, Jato Dynamics menyebuty bahwa ada dorongan dari pasar otomotif Tiongkok membuat pasar mobil listrik naik secara signifikan.

Sebagai pembanding bila dibandingkan tahun 2020, mobil listrik yang terjual ditahun tersebut adalah 2,01 juta unit. Sedangkan ditahun 2019 mobil listrik yang terjual secara global hanya sekitar 1,40 juta unit. Jato Dyanmics menyebut Tiongkok sebagai negara dengan penyumbang penjualan mobil listrik terbesar didunia dan menyumbang setengah dari jumlah penjualan mobil listrik global selama tahun 2021 silam.

Tiongkok menyumbang angka 55% penjualan mobil listrik secara global disusul Eropa-Turki dengan 29%, Amerika Utara dengan 12%. Sisanya dari Korea dengan 1,66%, Jepang 0,5%, gabungan Asia Tenggara dan Asia Pasifik dengan 0,41%, Afrika dan Timur Tengah 0,39%, India dan sekitarnya dengan 0,36%, Amerika Latin dengan 0,19% serta Eurasia 0,05%.

Tesla Menjadi Mobil Listrik Terlaku Didunia Versi Jato Dynamics

Meskipun Tiongkok menjadi negara penyumbang penjualan mobil listrik terbesar, tetapi bukan brand Tiongkok yang menjadi brand mobil terlaris. Jato Dynamics menyebut Tesla sebagai mobil listrik paling laku didunia selama tahun 2021. Brand milik Elon Musk ini menyumbang sekitar 21% penjualan mobil listrik secara global ditahun 2021 dengan total penjaualn 907.000 unit.

Jato Dynamics menyebut bahwa Tesla bersaing dengan Volkswagen dan SAIC-GM-Wuling untuk penjualan mobil listrik. VW Group sendiri menyumbang angka 480.00 unit disusul SAIC-GM-Wuling dengan 424.000 unit. Beberapa brand dengan penjualan mobil listrik terlaku lainnya seperti BYD dengan 292.000 unit serta grup Hyundai dan Kia dengan 227.000 unut.

Seperti yang diberitakan Autocar, Jato Dyanmics menyebut bahwa kedatangan Tesla Model 3 di Amerika Utara ditahun 2018 serta Tiongkok dan Eropa ditahun 2019 membuat Tesla mampu mempertahankan posisinya sebagai produsen mobil listrik terkemuka didunia. “Selain itu dengan Model Y, Tesla juga melanjutkan ekspansi secara bertahap dengan penawaran dan keunggulan mobil listrik yang ditawarkan”, tambah Jato Dynamics.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Nantimya teknologi pengisian daya mobil listrik tanpa kabel yang sedang dikembangkan oleh Obayashi dan Denso ini bisa mulai digunakan pada tahun 2025 mendatang. Autos.id...

Berita Otomotif

Dengan pemanfaatan Artificial Intelligance atau kecerdasan buatan, membuat salah satu kelemahan mobil listrik soal pengisian daya bisa sedikit teratasi. Autos.id – Bisa dibilang selain...

Tesla

Meskipun berhasil mengungguli penjualan mobil Tesla, grup Tesla masih harus mengakui keunggulan Volkswagen Group yang memegang penjualan mobil listrik terlaris sepanjang paruh pertama 2022...

Tesla

Nantinya pabrikan perakitan Tesla di Kanada akan mengusung konsep Gigafactory serta menjadikannya pabrik perakitan mobil tercanggih yang pernah ada di Kanada. Autos.id – Brand...