Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Sebab Honda CS1 Tidak Laku Di Pasaran, Seperti Apa Kelemahannya?

Honda CS1.
Honda CS1. (Sumber: Motorblitz)

Honda CS1 sempat diluncurkan beberapa tahun lalu, namun tak lama kemudian dihentikan produksinya.

Autos.id – Persaingan sengit di pasar sepeda motor mendorong produsen untuk menciptakan inovasi terbaru guna menarik minat konsumen, termasuk Honda. Pabrikan asal Jepang ini secara aktif merilis model sepeda motor terbaik dengan desain yang unik, salah satunya adalah Honda City Sport One atau biasa disebut Honda CS1.

Dari segi tampilan, sepeda motor Honda ini yang memiliki tagline “comfort, speed, action” memadukan desain motor sport dengan motor bebek, sehingga tampak unik. Honda CS1 memiliki desain sporty yang mirip dengan motor sport lain dari Honda, namun tetap mempertahankan bodi yang ramping dan kompak.

Selain desain yang unik, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan teknologi pencahayaan yang dapat diatur pada lampu depan. Lampu depan Honda CS1 dirancang dengan gaya modern dan dilengkapi dengan multi-reflektor dan bohlam untuk menghasilkan pencahayaan maksimal.

Baca juga: Honda Rebel Siap Hadir dengan Tampilan Baru?

Spesifikasi Honda CS1.

Spesifikasi Honda CS1. (Sumber: AHM)

Untuk sektor mesin, produsen dengan logo sayap ini lengkapi CS1 dengan mesin tipe 4-tak, SOHC, berkapasitas 124,7cc, dengan pendingin radiator. Dengan spesifikasi tersebut, sepeda motor ini klaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 12,8 PS pada putaran 10.000 rpm dan torsi puncak mencapai 1,04 kg-m pada putaran 7.500 rpm.

Ketika pertama kali meluncur di Indonesia, Honda menawarkan CS1 dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, merah, dan ungu. Saat itu, satu unit sepeda motor ini terjual dengan harga sekitar Rp17 juta. Namun sayangnya, pada tahun 2013, Astra Honda Motor (AHM) memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan Honda CS1. Hal ini karenakan sepeda motor ini kurang banyak peminatnya di pasar.

Baca juga: Harga Motor Honda Tahun 2023 Lengkap!

Tampilan Honda CS1.

Tampilan Honda CS1. (Sumber: All About City Sport One)

Terdapat beberapa alasan mengapa Honda CS1 kurang diminati dan akhirnya produksinya dihentikan. Berikut adalah beberapa kelemahan yang dimiliki Honda CS1:

  • Harga yang dianggap terlalu tinggi untuk motor berkapasitas 125cc pada saat itu. Oleh karena itu, motor ini hanya terjual sekitar 4.207 unit selama tahun 2012. Bahkan, dalam tiga bulan pertama tahun 2013, penjualan Honda CS1 hanya mencapai 6 unit.
  • Torsi motor ini dirasa kurang terasa, terutama saat menggunakan gigi satu hingga tiga.
  • Perpindahan gigi pada motor ini dianggap kurang nyaman.
  • Shock belakang Honda CS1 sangat keras, terutama saat melintasi jalan berlubang atau berbatu.
  • Meskipun dilengkapi dengan dua bohlam, pencahayaan lampu depan Honda CS1 dianggap kurang maksimal, terutama saat malam hari. Hal ini disebabkan oleh posisi lampu yang sedikit lebih rendah dan tidak berada di atas setang motor.
  • Kombinasi desain antara motor sport dan motor bebek dianggap sangat aneh.

Baca juga: Honda BeAT: Mengenal Generasi Pertama Sampai Terkini

 

Sumber: Berbagai sumber

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 25 Mei, 2024 Autos.id – Dengan bangga, Honda kembali mengeluarkan produk terbarunya, yakni Honda BR-V N7X Edition. Terdapat 3 varian tipe...

Mobil

Last updated on 3 Mei, 2024 Autos.id – Setelah sukses merancang konsep bersama dengan pabrikan otomotif asal Tiongkok, Dongfeng, Honda luncurkan produk terbaru mereka,...

Mobil

Autos.id – Di tengah merebaknya kendaraan elektrik, Honda turut memperkenalkan mobil listrik keluaran terbaru mereka. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepang itu langsung mengeluarkan tiga...

Mobil

Last updated on 2 Mei, 2024 Autos.id – Di tengah gempuran mobil listrik kompak dengan harga terjangkau, Honda menghadirkan produk baru dengan harga yang...

error: Content is protected !!