Berita Otomotif

Perusahaan Taiwan Makin Kuasai Pasar Suku Cadang Otomotif

Taiwan Machine Tools Shaping The World

Taiwan Machine Tools Shaping The World 2016 menjadi acuan bagaimana ratusan perusahaan manufaktur Taiwan bersiap masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Jakarta, Autos.id – Pangsa pasar industri manufaktur di Indonesia terus digempur oleh perusahaan-perusahaan asal Taiwan. Perlahan tapi pasti, Taiwan mulai menguasai sebagai pemasok alat-alat manufaktur termasuk juga dalam bidang otomotif.

Simon Wang sebagai Executive Vive President of Taiwan External Trade Development Council menyebutkan jika Taiwan menjadi negara terbesar ketiga sebagai pengimpor peralatan mesin untuk industri manufaktur termasuk otomotif. Tahun lalu, nilai impor mesin manufaktur Taiwan mencapai USD 79,69 juta atau meningkat 13,42% dari capaian tahun lalu.

“Taiwan menjadi negara terbesar ketiga sebagai pengimpor peralatan mesin untuk industri manufaktur termasuk otomotif”

“Jika berkaca pada pameran machine tools di beberapa negara termasuk di Jepang belum lama ini, maka peserta terbanyak datang dari Taiwan. Mengapa ini terjadi? Karena Taiwan kini sudah tumbuh jadi negara besar produsen mesin manufaktur di dunia” kata Wang dalam pemaparannya di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Taiwan Machine Tools Shaping The World

Pembukaan Taiwan Machine Tools Shaping The World 2016

Sementara di Indonesia, ia menuturkan. Taiwan juga fokus sebagai pemasok mesin bubut untuk otomotif. Dari catatan impor periode Januari-Desember 2015, impor mesin bubut dari Taiwan menguasai 14,89% dari total impor mesin bubut yang mencapai USD 76,88 juta.

Menurutnya ada beberapa kelebihan dari mesin-mesin bubut asal Taiwan yang dinikmati produsen lokal. Diantaranya mampu memberikan kinerja setara kualitas dengan mesin Jepang tapi dengan biaya hanya 85% dari mesin Jepang.

“Selain itu juga mesin bubut Taiwan telah bisa dioperasikan secara otomatis dan jalur produksi sendiri. Sehingga ini juga bisa ikut membantu perusahaan meringankan biaya upah karyawan,” lanjut Simon. Sementara untuk jaminan suku cadang, beberapa perusahaan Taiwan, kata dia, telah mendirikan kantor cabang di Indonesia terutama di Jakarta untuk memberikan pelayanan purna jual.

Mesin bubut Taiwan ini bisa digunakan antara lain untuk proses pembuatan blok silinder, dick brake, rack steering, komponen gearbox, hingga komponen jok dan sabuk pengaman. Dan Indonesia dianggap sebagai pasar yang sangat potensial mengingat Indonesia kini menjadi produsen otomotif terbesar kedua di Asia Tenggara.

Taiwan Machine Tools Shaping The World

Komponen Ini Dibuat dengan Mesin Bubut dari Taiwan

Beberapa perusahaan manufaktur Taiwan yang ikut terjun ke industri otomotif diantaranya Tongtai, Honor Seiki, Chin Fong, YCM, dan Accutex. Semuanya kini sedang mengikuti event Taiwan Machine Tools Shaping The World 2016 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta sejak 30 November 2016. Total ada 182 perusahaan manufaktur Taiwan yang ikut acara ini yang dibuka selama 4 hari itu dan mayoritas merupakan perusahaan perkakas sparepart otomotif.

Beberapa perusahaan Taiwan yang ikut serta dalam acara Taiwan Machine Tools Shaping The World 2016 mengaku jika pasar otomotif Indonesia tengah bergairah sehingga mereka melihat potensi yang ada. “Dalam lima tahun terakhir pasar otomotif di Indonesia khususnya mobil berkembang pesat, inilah yang membuat kami mencoba masuk ke Indonesia melalui pameran ini,” tukas Angela Tseng, dari Luren Precision Co, LTD.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

To Top