Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pemerintah Serbia Jalin Kerjasama Dengan Stellantis Untuk Produksi Mobil Listrik

Pemerintah Serbia Menjalin Kerjasama Dengan Stellantis Untuk Produksi Mobil Listrik

Beberapa produk mobil listrik dari Stellantis yang akan di produksi di pabrik di Serbia diantaranya seperti Fiat dan Chrysler.

Autos.id – Pangsa pasar mobil listrik semakin lama semakin banyak di lirik oleh masyarakat. Bahkan kehadiran mobil-mobil listrik ini mulai mendapat dukungan dari pemerintah suatu negara. Baru-baru, pemerintah Serbia baru saja menjalin kerjasama dengan salah satu grup otomotif besar, Stellantis untuk produksi mobil-mobil listrik di negara tersebut.

Nantinya mobil-mobil listrik produksi Stellantis ini akan dibuat di pabrik baru di kawasan Kragujevac dan di proyeksikan sebagai negara ekspor mobil listrik Stellantis di pasar Eropa.

Pemerintah Serbia Menjalin Kerjasama Dengan Stellantis Untuk Produksi Mobil Listrik

Mulai Produksi Tahun 2024

Seperti yang dikutip Reuters pada Kamis (28/4/2022), Presiden Serbia, Aleksandar Vucic menyebut bahwa kerjasama ini menandakan era baru bagi industri otomtif di negara Eropa Timur tersebut. “Kerjasama ini menandai era baru bagi industri otomotif di negara kami, kami sangat antusias dengan proyek produksi mobil listrik ramah lingkungan dan di harapkan tahun 2024 sudah siap untuk produksi”, ujar Vucic.

Nantinya Stellantis yang menaungi beberapa brand seperti Fiat dan Chrysler akan memproduksi mobil-mobil listrik di pabrik baru di kawasan Kragujevac. Pabrik tersebut merupakan salah satu pabrik eksportir tebesar di Serbia. Pihak Stellantis menyebut bahwa pabrik ini juga akan basis produksi baru untuk mobil listrik yang akan di ekspor ke negara-negara Eropa lainnya.

Dalam penandatangan kesepakatan ini, Aleksandar Vucic menyebut bahwa dengan era baru ini, membuat Serbia juga harus mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung mobil listrik. “Kami harus mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung seperti stasiun pengisian daya mobil listrik yang lebih menyebar serta mempersiapkan produksi energi baru yang bisa kami manfaatkan kedepannya”, tambahnya.

Pemerintah Serbia Menjalin Kerjasama Dengan Stellantis Untuk Produksi Mobil Listrik

Selain itu, Vucic juga menyebut bahwa dengan kerjasama dengan Stellantis ini, Serbia juga ingin menghadirkan berbagai produk mobil listrik dengan harga yang terjangkau serta memanfaatkan sumber daya yang bisa di maksimalkan. “Negara kami sudah memperispakan investasi hingga 48 juta Euro dalam mempersiapkan infrastruktur penunjang agar mobil listrik semakin mudah di terima masyarakat kami”, tambahnya.

Dalam investasi yang dilakukan Stellantis dan Pemerintah Serbia, grup otomotif ini sudah sepakat berinvestasi hingga 190 juta Euro atau sekitar Rp 2,9 triliyunan. Nantinya di pabrik Kragujevac ini, Stellantis akan memproduksi mobil-mobil listrik dari brand Fiat dan Chrysler yang menyasar ke kelas menengah dengan harga yang diproyeksikan bisa terjangkau oleh banyak kalangan.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Mobil

Dengan hadirnya SPKLU hasil kolaborasi GM dan EVgo ini akan membuat minat orang akan mobil listrik semakin meningkat lagi. Autos.id – Dalam menyikapi pasar...

Mobil

Studi mobil klasik yang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil-mobil modern seperti mobil listrik ini dikeluarkan oleh Footman James. Autos.id  –  Isu ramah lingkungan...

Berita Otomotif

Nantinya Pemerintah Amerika Serikat akan menyiapkan anggaran hingga 5 Miliar Dolar Amerika Serikat untuk menyuskseskan proyek pembangunan 500 ribu tempat pengisian mobil listrik ini....

Mobil

Kokpit cerdas ini akan banyak memanfaatkan teknologi yang berbasis dari kecerdasan buatan yang banyak ditemukan di teknologi smartphone. Autos.id – Teknologi pada kendaraan listrik...