Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Model Kompak EV SUV Terbaru Rivian R2 Akan Segera Hadir

Rivian R2_1a
Rivian R2. (Sumber: Reddit)

Autos.id – Seiring perkembangan teknologi yang ada, dunia industri otomotif juga hadir sebagai salah satu penggerang pertumbungan dunia teknologi yang semakin maju. Seperti halnya dengan semakin masifnya kendaraan listrik di pasaran otomotif, berbagai mobil-mobil listrik kini bisa dijumpai serta memiliki berbagai pilihan yang sesuai dengan minat para pecinta otomotifnya. Lebih lanjut, kabarnya mobil di kelas EV akan segera mendaptkan saingan terbarunya yaitu model Rivian R2 akan segera hadir untuk dirilis di pasarannya. Mengusung model kompak SUV, Rivian R2 seakan dapat menjadi jawaban sebagai pilihan mobil keluarga yang canggih, modern, dan juga ramah lingkungan.

Kehadiran R2 di Pasarannya

Rivian R2_2b

Rivian R2. (Sumber: Inside EVs)

Rivian bekerja keras untuk meningkatkan produksi pikap R1T dan SUV R1S—bersama dengan perakitan van EDV untuk Amazon—dan memproduksi lebih dari 9.000 kendaraan pada kuartal pertama tahun 2023. Namun saat pabrik perusahaan di Normal, Illinois, memproduksi kendaraan tersebut, Rivian juga sedang sibuk mengembangkan EV berikutnya

Kepala keuangan pembuat mobil, Claire McDonough, mengungkapkan beberapa rincian tentang R2 mendatang di sebuah konferensi otomotif, seperti yang pertama kali dilaporkan oleh Carbuzz.

Menurut McDonough, desain R2 hampir selesai dan akan memperluas gaya khas yang telah membantu R1T dan R1S menonjol di tengah lautan EV baru.

R2—yang diperkirakan akan debut sebagai SUV kompak namun nantinya bisa bergabung dengan varian pikap—akan diperlihatkan ke publik untuk pertama kalinya pada awal tahun 2024 sebelum penjualan dimulai pada tahun 2026 mendatang.

Pengurangan Beberapa Hal Demi Efisiensi Biaya

Namun, beberapa pengorbanan harus dilakukan untuk mempertahankan titik harga yang lebih rendah. Seperti yang dijelaskan oleh CEO Rivian, RJ Scaringe awal tahun ini, “Pada kendaraan dengan target biaya, Anda harus memutuskan ke mana Anda akan menyebarkan investasi Anda.”

Kami tidak akan terkejut melihat R2 mengorbankan beberapa kemampuan off-road demi kenyamanan on-road atau kualitas interior.

Perusahaan Startup ini juga mengatakan bahwa mereka telah merevisi cara mereka berinteraksi dan bernegosiasi dengan pemasok untuk menekan biaya material, belajar dari pengalaman mereka dengan R1T dan R1S.

Penjualan R1T dan R1S sejauh ini cukup mengesankan, terutama untuk produk pertama yang relatif mahal dari sebuah perusahaan startup. Namun R2 memiliki potensi untuk mengubah merek, membuka kepemilikan Rivian kepada ribuan pelanggan potensial, meningkatkan penjualan perusahaan, dan benar-benar membawa Rivian ke arus utama.

Namun seperti yang ditemukan Tesla dengan Model 3, memproduksi mobil terjangkau secara massal adalah tantangan besar, dan Rivian masih harus bertahan dalam beberapa tahun ke depan.

Bocoran Harga Untuk Model R2

Rivian R2_3c

Rivian R2. (Sumber: Inside EVs)

McDonough mengonfirmasi bahwa R2 akan lebih terjangkau dibandingkan R1T dan R1S, dengan harga berkisar antara $40.000 hingga $60.000. “R1 memiliki harga jual rata-rata $73,000, jadi ini jauh di bawah itu,” jelasnya.

R2 akan melanjutkan getaran petualangan yang dimulai oleh R1T, dengan McDonough menyatakan bahwa “R2 benar-benar bersandar pada merek dan etos dari apa yang telah dimulai oleh R1.”

Seiring dengan posisi unik perusahaan sebagai merek kendaraan listrik outdoor, McDonough menyebut “pengalaman UI/UX” sebagai salah satu area di mana R2 dapat membedakan dirinya.

Bagaimana? Apakah para pecinta otomotifnya tertarik dengan model mobil listrik yang berbentuk kompak SUV ini? Tentunya dengan kehadiran dari model terbaru Rivian ini dapat menjadi alternatif pilihan yang pas untuk dimiliki dari pasaran kendaraan mobil EV yang semakin luas pada pilihan modelnya tersebut.

 

Baca juga: Wagon Modern dan Bertenaga, Inilah Audi RS6 Avant GT 

 

 

Sumber & Foto: Dari berbagai sumber

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Berita Otomotif

Konektor charger mobil listrik ternyata ada berbagai tipe, termasuk GB/T dan CCS 2 yang seringkali dibandingkan. Autos.id – Mobil listrik adalah masa depan, dan...

Motor

Autos.id – Demam kendaraan listrik di Indonesia tidak hanya hadir dalam bentuk kendaraan roda empat saja yang bisa dihadirkan di dalam pasaran otomotifnya. Untuk...

Berita Otomotif

Di Indonesia, tersedia 3 jenis konekto pengisian daya untuk mobil listrik, antara lain CCS2, CHAdeMO dan GB/T. Autos.id – CHAdeMo merupakan sistem pengisian yang...

Mobil

Last updated on 1 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil listrik di Indonesia mampu menghadirkan tren yang cukup positif di pasarannya. Lewat adanya sisi...

error: Content is protected !!