Connect with us

Hi, what are you looking for?

Motor

Honda Motor Tanam 1000 Pohon di Gunung Merapi dan Merbabu

Go Green di Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu

Last updated on 18 April, 2016

Magelang, Autos.id – Sebagai bentuk kepedulian dalam pelestarian lingkungan, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) melakukan penanaman 1000 pohon di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu, Magelang, Jawa Tengah.

Aksi go green YAHM dilakukan mulai dari pembibitan tanaman, penanaman pohon di area hutan, serta pengaliran air ke kawasan penghijauan melalui pipanisasi. Program yang bekerjasama dengan Forum Merapi Merbabu Hijau (FMMH) ini ditandai dengan penanaman pohon di Dusun Gejugan, Desa Ngargosuko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

YAHM menjadikan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu sebagai target penghijauan karena besarnya peran Gunung Merapi dan Gunung Merbabu bagi masyarakat di Pulau Jawa khususnya di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

“Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu bagaikan paru-paru untuk Pulau Jawa. Berada tepat di tengah Pulau Jawa, kawasan tersebut memiliki peran penting sebagai suplai oksigen sekaligus menjadi ekosistem penting bagi beragam organisme yang hidup disana,” kata Wakil Ketua YAHM Ahmad Muhibbuddin, dalam keterangan persnya di Jakarta.

“Kami berharap aksi penghijauan di berbagai aspek ini mampu mendukung keseimbangan area hijau yang menghasilkan udara bersih dan sehat. Bagi kami, hijau di bumi untuk langit yang biru harus selalu menjadi tujuan sebagai bentuk kearifan bangsa kita dalam melestarikan lingkungan,” tambahnya.

Penanaman 100 Bibit Pohon oleh Astra Honda Motor

Penanaman 100 Bibit Pohon oleh Astra Honda Motor

Proses penghijauan YAHM di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan Merbabu dilakukan secara komprehensif. Tahap pertama adalah proses pembibitan 1000 tanaman-tanaman endemik khas Merapi dan Merbabu yaitu pohon Gayam, beringin, salam, ipe, elo puspa, kersen dan trembelu serta jenis pohon buah-buahan seperti, mangga, jambu, rambutan dan manggis. Pohon-pohon tersebut diprioritaskan karena mampu menyimpan air, berumur panjang, berdaun lebat, kayunya tidak bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, dan tahan terhadap perubahan lingkungan.

Proses pembibitan dilakukan guna menyiapkan tanaman ini menjadi pohon setinggi 30 cm sehingga cukup kuat saat ditanam di area hutan. Setelah pepohonan ditanam di area hutan, dilakukan penyiraman, perawatan, pemeliharaan, dan pengecekan secara berkala untuk memastikan pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik.

Untuk mendukung program penghijauan yang dilakukan ini, YAHM juga melakukan pipanisasi yaitu memasang pipa paralon untuk mengalirkan air dari Kali Blongkeng ke kawasan penghijauan yang berjarak sekitar 500 meter. Melalui pipanisasi, YAHM berupaya memastikan pasokan air di kawasan penghijauan tetap terjaga meskipun pada musim kemarau. Bak penampung air sebagai rangkaian pipanisasi juga dapat dimanfaatkan oleh warga sebagai kolam pembudidayaan ikan.

Untuk semakin mendukung peran FMMH dalam pelestarian Merapi dan Merbabu, YAHM juga melakukan pengembangan basecamp dan posko FMMH dengan mendukung kelengkapan dan fasilitas kerja para relawan FMMH.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Modifikasi

Pernah menjadi primadona para pria dewasa pada masanya, Honda Megapro Primus menjadi langganan kreativitas banyak pecinta motor modifan untuk tampilan motor yang lebih beda...

Tips

AHM memberikan tips khusus tentang menggunakan smart key sistem Jakarta, Autos.id  – Seiring berkembangnya teknologi, beberapa sepeda motor Honda saat ini sudah tidak memakai...

Komparasi

Autos akan membandingkan dua motor off-road kenamaan antara Kawasaki KLX 150 vs Honda CRF 150 dari segi mesin, desain, fitur, dan teknologi. Jakarta, Autos.id ...

Daftar Harga Motor

Pamor Honda sepertinya akan sulit dikalahkan walau sudah mematok harga mahal. Simak daftar harga motor Honda Oktober 2021 terlengkap ada di sini! Jakarta, Autos.id ...