Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Daihatsu Pasang Panel Surya di Pabrik Perakitan Karawang

Ilustrasi Panel Surya Atap di pabrik perakitan Daihatsu di Karawang Timur

Last updated on 12 Januari, 2024

Karawang, Autos.id  –  PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut mendukung dalam mengurangi emisi karbon dengan menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan sesuai dengan fokus SDGs Goal 13 yaitu Climate Action dalam mengurangi emisi karbon dioksida (CO2).

Sebagai bentuk harmonisasi dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia, komitmen ini diwujudkan dengan melakukan implementasi energi terbarukan melalui Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap atau Panel Surya dengan total kapasitas sebesar 3,2 Mega Watt peak (MWp) di pabrik Daihatsu di Karawang yang diresmikan pada 16 November 2023.

Proyek kerjasama antara ADM bersama PT Energia Prima Nusantara (EPN) ini merupakan kelanjutan implementasi dari fase pemasangan Panel Surya sebelumnya yang telah dimulai di Parts Center Cibitung pada 2019, dan sebagian area di Karawang Assembly Plant pada 2021 dengan total sebesar 1,2 MWp. Sehingga, secara keseluruhan Panel Surya ADM memiliki kapasitas total sebesar 4,4 MWp dan mampu berkontribusi dalam menurunkan emisi karbon hingga sebesar klebih dari 3.300 Ton CO2 per-tahun.

Sebagaimana diketahui, dengan kapasitas produksi 530.000 unit per-tahun menjadikan ADM sebagai produsen manufaktur otomotif terbesar di Indonesia. Selain menyediakan kendaraan untuk pasar domestik, ADM juga memenuhi permintaan pasar ekspor ke lebih dari 80 negara di dunia.

Baca juga: Daihatsu Indonesia Master, Digelar 23-28 Januari 2024

Seremoni Peresmian Pemasangan Panel Surya dengan daya sebesar 3,2 MWp di Pabrik Perakitan PT Astra Daihatsu Motor di Karawang.

Tahun 2023 juga menjadi milestone penting bagi ADM, seperti seremoni groundbreaking pabrik baru modern dan ramah lingkungan di Karawang pada Februari lalu, serta capaian produksi ke-8 juta unit produksi pada Juli lalu terhitung sejak tahun 1978 atau 45 tahun hadir menemani masyarakat Indonesia.

“Kami bersyukur dapat menerapkan Panel Surya secara bertahap di fasilitas pabrik perakitan Daihatsu di Karawang dalam mewujudkan pemanfaatan energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Hal ini merupakan bentuk komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan yang selaras dengan visi Daihatsu,” jelas Erlan Krisnaring, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor di Jakarta, hari ini (Selasa, 21/11).

“Kami berharap, hal ini juga dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi yang positif pada lintas industri, juga menjaga hubungan yang harmonis dengan lingkungan demi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Baca juga: Daihatsu Pastikan Produksi dan Distribusi di Indonesia Tetap Berjalan Normal

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Jakarta, Autos.id –  Selama tahun 2023, Sigra menjadi pilihan utama keluarga Indonesia di segmen pasar LCGC MPV yang berkontribusi sebesar 58%, dengan total penjualan...

Mobil

Last updated on 28 Juni, 2024 Jakarta, Autos.id  –  UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) berperan penting dalam perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu...

Berita Otomotif

Last updated on 27 Juni, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Penjualan ritel Daihatsu selama 5 bulan catatkan capaian yang baik, yakni sebanyak 76.313 unit. Secara...

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id –  Menyambut Libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445H, Daihatsu siap siaga temani aktivitas mudik pelanggan agar tetap tenang selama perjalanan menuju...

error: Content is protected !!