Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Valtteri Botta Raih Kemenangan Perdana Ditahun 2021 Di GP Turki

Valtteri Botta Raih Kemenangan Perdana Ditahun 2021 Di GP Turki

Kemenangan perdana yang diarih oleh Valterri Bottas ditahun 2021 ini sekaligus sebagai akhir penantian panjangnya untuk kembali meraih kemenangan setalah terakhir menang balapan adalah di GP Rusia tahun 2020n yang lalu.

Turki, Autos.id  –  Pembalap Mercedes Valtteri Bottas berhasil meraih kemenangan perdana dimusim ini setelah berhasil memenangkan balapan F1 GP Turki yang berlangsung di Sirkuit Istanbul Park. Pembalap Mercedes yang start dari posisi terdepan setelah Lewis Hamilton mendapatkan hukuman penalti 10 grid karena mengganti komponen mesin berhasil menahan gempuran Max Verstappen sekaligus meraih kemenangan perdananya dimusim 2021 ini.

Max Verstappen yang start diposisi kedua gagal menghadang Bottas dan harus puas finish diposis kedua, podium ketiga diraih oleh rekan Max Verstappen di Red Bull, Sergio Perez, Hamilton sendiri harus puas finnish diurutan kelima setelah terlibat pertarungan sengit dengan Perez. Posisi keempat sendiri diraih oleh pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

Valtteri Botta Raih Kemenangan Perdana Ditahun 2021 Di GP Turki

Jalannya Balapan

Pada balapan yang berlangsung dalam kondisi cuaca gerimis, Valterri Bottas berhasil mempertahankan posisi pertama dari serangan Max Verstappen selepas start. Lewis Hamliton yang start dari urutan 11 mencoba merangsek kedepan untuk tetap menjaga asanya dalam memperebutkan juara dunia kedelapannya. Nasib sial harus dialamai Fernando Alonso karena disenyenggol oleh Pierre Gasly ditikungan pertama selepas start.

 

Akibat insiden ini, Gasly harus menerima hukuman penalty 5 detik. Alonso sendiri juga harus dihukum 5 detik karena menyenggol Mick Schumacher dilap yang sama setelah ia disenggol oleh Gasly. Lalu Dilap 14, Hamilton sudah berada dirutan kelima setelah harus start diurutan ke 11 akibat pergantian komponen mesin dimobilnya.

Pada lap ke 20, Verstappen mencoba untuk mendekati Bottas untuk merebut urutan pertama lomba. Tetapi Bottas melakukan aksi bertahan untuk bisa mengamankan posisi pertamanya. Setelah itu Bottas masuk pit stop dilap ke 38 untuk mengganti set ban intermediate lainnya sebagai respon dari pit stop dari Verstappen yang  sudah pit stop beberapa lap sebelumnya.

 

Valtteri Botta Raih Kemenangan Perdana Ditahun 2021 Di GP Turki

Setelah Bottas melakukan pitstop, Leclerc mengambil alihnya pimpinan balapan dan mencoba untuk tidak melakukan pitstop dan bertahan 1 set ban saja sepanjang balapan. Tetapi strategi yang dicoab oleh Leclrec kuraang ampuh dimana lap ke 47 ia harus disalpi Bottas dan memimpin kembali balapan. Tetapi persainagn yang lebih seru terjadi dibelakang dimana Hamilton mencoba untuk menyalip Sergio Perez tetapi tidak berhasil dan Perez mempertahankan posisinya dan bahkan finisih diurutan ketiga setelah Leclrec melakukan pitstop.

Nasib kurang beruntung dialami Sebastian Vettel, pembalap tim Aston Martin salah memprediksi kondisi lintasan yang dikira sudah kering tetapi masih dalam keadaan basah. Ia mencoba mengganti dengan ban kering dan ia mengalami kesulitan dalam mengendalikan mobil dilintasan yang belum sepenuhnya kering. Hingga akhirnya ia harus masuk pit lagi untuk kembali menggunakan ban intermediate.

Hingga akhir lomba Bottas berhasil mempertahankan posisinya dan meraih kemenangan perdanya dimusim 2021 ini atau kemenangan pertama setelah terakhir ia menang adalah di GP Rusia tahun lalu. Dan dengan hasil ini, Max Verstappen kembali menyalip Lewis Hamilton diposisi klasmen dengan selisih 6 poin dengan 6 balapan tersisa.

 

Valtteri Botta Raih Kemenangan Perdana Ditahun 2021 Di GP Turki

Hasil Balapan

  1. Valterri Bottas (Finlandia) – (Mercedes)
  2. Max Verstappen (Belanda) – (Red Bull)
  3. Sergio Perez (Meksiko) – (Red Bull)
  4. Charles Leclrec (Monako) – (Ferrari)
  5. Lewis Hamilton (Inggris) – (Mercedes)
  6. Pierre Gasly (Prancis) – (Alpha Tauri)
  7. Lando Norris (Inggris) – (Mclaren)
  8. Carlos Sainz (Spanyol) –(Ferrari)
  9. Lance Stroll (Kanada) – (Aston Martin)
  10. Esteban Ocon (Prancis) – (Alpine)
  11. Antonio Giovinazzi (Italia) – (Alfa Romeo)
  12. Kimi Raikkonen (Finlandia) – (Alfa Romeo)
  13. Daniel Ricciardo (Australia) – (Mclaren)
  14. Yuki Tsunoda (Jepang) – (Alpha Tauri)
  15. George Russell (Inggris) – (Williams)
  16. Fernando Alonso (Spanyol) – (Alpine)
  17. Nicholas Latifi (Kanada) – (Williams)
  18. Sebastian Vettel (Jerman) – (Aston Martin)
  19. Mick Schumacher (Jerman) – (Haas)
  20. Nikita Mazepin (Rusia) – (Haas)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Balapan yang penuh drama dimana hujan turun dilap-lap akhir akhirnya berhasil dimenangkan Lewis Hamilton sekaligus menjadi pembalap pertama yang berhasil memenangkan 100 balapan sepanjang...