Connect with us

Hi, what are you looking for?

Aksesoris

Peserta MBTech DWSA 2019 Mendesain Jok Mobil All New KIA Seltos

Surabaya, Autos.id   Pertengahan bulan lalu, PT Kreta Indo Artha (KIA) meluncurkan All New KIA Seltos dengan tiga varian untuk pasar Indonesia. Mobil bertipe SUV ini dibanderol dengan harga Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta varian EX, dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+. Harga tersebut on the road (OTR) Jakarta.

Seltos mengusung mesin 1,4 liter Turbo yang berteknologi Dual CVVT. Tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 140 PS di putaran 6 ribu rpm dan torsi 242 Nm mulai 1.500 sampai 3.200 rpm. Transfer daya ke roda memanfaatkan Dual Clutch Transmission (DCT) 7-speed.

Ada beberapa hal yang menarik dari KIA Seltos. Mulai dari desainnya, baik eksterior maupun interiornya dan juga fitur-fitur yang ditawarkan cukup melimpah. Tapi, ada salah satu hal yang cukup terlihat menarik di bagian interiornya, yakni di bagian jok.

Seltos menampilkan jok yang terlihat lebih modis, karena modelnya yang tidak monoton seperti mobil baru kebanyakan. Motif segi enam atau biasa disebut hexagon hampir diterapkan pada seluruh bagian kulit pelapis jok mobil asal Korea ini.

Mungkin jok bermotif ini menjadi gebrakan baru di industri mobil baru Tanah Air. Walaupun sebenarnya, jok bermotif memang sudah tren kurang lebih satu tahun kebelakang melalui tangan terampil para seatmaker Indonesia.

Karena itu, baru-baru ini PT Polystar International (MBtech) menggelar lomba desain jok mobil bertajuk MBtech Driving With Style Awards 2019, yang menyajikan banyak contoh dan referensi untuk siapa saja yang mencari inspirasi seputar jok mobil diantaranya All New KIA Seltos.

Untuk pembuatan motif tersebut, para seatmaker menggunakan lembaran synthetic leather yang dipola menggunakan komputer. Selanjutnya lapisan synthetic leather dilapisi busa dan dijahit menggunakan mesin dengan mengikuti pola yang sudah dibuat.

Uniknya, kini KIA menerapkan motif pada jok Seltos. Mungkin hal ini bisa menjadi tren baru bagi mobil keluaran terbaru selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan hal ini juga dilakukan oleh pabrikan lain. Pola jahitan yang biasanya digunakan untuk jok mobil cukup beragam, seperti model garis-garis, sofa, kerut, diamond, octagon, hexagon, dan lain-lain. Contoh jok yang sudah menggunakan pola tersebut adalah salah satu peserta Driving With Style Awards (DWSA) 2019.

Juara ketiga dari kontes DWSA 2019, Arief Ie Ie InCar dari Surabaya membuat pola dengan software desain di komputer, lalu desain tersebut dimasukan kedalam software mesin khusus yakni CNC (computer i) yang merupakan mesin untuk menjahit pola secara otomatis.

Juara-3-DWSA-2020-MBtech-Inspiration

Hasil jahitan menjadi lebih rapi dan presisi, sudah begitu dengan mesin CNC dapat mempercepat waktu pengerjaan. Sudah canggih seatmaker di Indonesia. Untuk bahan yang digunakan, Arief menggunakan kombinasi bahan MBtech Giorgio Black dan MBtech Camaro Fiesta Pop Green.

Bagi yang ingin merubah joknya menjadi lebih keren tidak usah bingung, karena banyak seatmaker di Indonesia yang sudah berpengalaman dan juga sudah menghasilkan karya jok dengan motif dan warna yang beragam.

Sudah begitu, untuk warna saat ini banyak pilihannya. MBtech Giorgio menyediakan 40 pilihan warna yang pastinya akan membuat tampilan jok jadi lebih menarik. Bisa langsung saja kunjungi website resmi MBtech di www.mbtech.info. Bisa juga kunjungi sosial media di Instagram (@mbtechindonesia), Facebook (MBtech Info), Twitter (@mbtechmania) dan juga channel Youtube (MBtech TV).

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga