Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Menjaga Kendaraan Saat Ditinggal Mudik

Adakalanya pemudik lebih senang menggunakan transportasi umum dibandingkan dengan kendaraan pribadi

Autos.id  – Tidak terasa sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 1443 H segera tiba.Banyak pembaca yang harus rela meninggalkan kendaraan kesayangannya untuk mudik. Ketika kembali, tidak jarang kendaraan sudah dalam keadaan berdebu, kotor, bahkan lecet. Apalagi bagi pemilik kendaraan yang memarkirkan kendaraannya di luar. Pasti pusing bukan main saat kendaraannya terguyur hujan berhari-hari atau dipanggang panasnya terik matahari.

Bagi para pembaca, jangan khawatir! Kami telah merangkum tips menjaga kendaraan saat ditinggal mudik, agar kendaraan tetap aman dan bersih!

  1. Cuci Kendaraan Sebelum Pergi Lama

Hal ini terlihat sepele, namun seringkali terlupakan. Mencuci kendaraan sebelum ditinggal lama sangatlah penting untuk menghindari jamur, water spot, bahkan karat. Catat tanggal mudik, dan buatlah jadwal untuk mencuci kendaraan Anda sebelum pergi! Jangan sampai Anda meninggalkan kendaraan kesayangan Anda dalam keadaan kotor hanya karena lupa jadwal dan berakhir dengan tidak sempat mencuci.

Pastikan mencuci kendaraan sebelum pergi lama

Tidak hanya bagian luar yang perlu diperhatikan, pastikan bagian dalam juga bersih, ya! Sampah yang tertinggal di dalam kendaraan dapat membusuk dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama sampah makanan. Jangan sampai kendaraan bagian luar terlihat cantik, namun dalamnya dipenuhi serangga dan bau tidak sedap.

  1. Cek Kondisi Komponen

Komponen yang harus dicek pada setiap kendaraan berbeda tergantung kendaraan yang Anda miliki. Bagi pemilik mobil yang harus meninggalkan mobilnya dalam waktu yang lama, pastikan aki dalam keadaan tercabut. Jangan gunakan rem tangan, sebaiknya gunakanlah pengganjal roda untuk mengurangi potensi kerusakan piringan cakram.

Cek-Kondisi-Komponen

Cek tekanan angin pada ban, dan pastikan terisi penuh. Ganti oli yang sudah kotor dengan oli yang baru. Oli yang kotor dapat menyebabkan karat pada mesin. Bagi pemilik motor, sama halnya dengan dengan mobil, pastikan kondisi aki, oli, dan tekanan angin pada ban. Satu hal lagi yang menjadi catatan adalah gunakanlah standar ganda agar ban tidak langsung bersentuhan dengan lantai. Dengan begitu, ban tidak cepat kehilangan tekanan angin.

  1. Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman dan Tertutup

Idealnya, kendaraan yang akan ditinggal dalam waktu yang lama diparkirkan di tempat yang aman dan tertutup. Tidak hanya untuk menjaga kendaraan dari pencuri atau kucing yang usil, namun juga dari terik matahari dan curah hujan. Kendaraan yang ditinggal terlalu lama di tempat terbuka akan membuat cat mobil menjadi cepat kusam dan pudar.

Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman dan Tertutup

  1. Gunakan Cover Kendaraan yang Tepat!

Anda mungkin sudah merasa cukup saat meninggalkan kendaraan dalam garasi indoor, tanpa cover kendaraan. Namun ternyata, cover kendaraan tidak hanya dibutuhkan saat parkir di luar saja! Pernahkah Anda pulang dan melihat kendaraan Anda dipenuhi sarang laba-laba, debu, dan parahnya lagi, lecet karena hewan yang Anda tidak tahu ada di sekitar garasi? Cover kendaraan bisa menjaga kendaraan Anda dari masalah tersebut.

Pastikan untuk memilih cover kendaraan yang sesuai dengan jenis kebutuhan. Karena jenis cover kendaraan untuk kebutuhan indoor dan outdoor ternyata berbeda! “Perlu dipahami lebih dulu, cover seperti apa yang diperlukan. Atau, akan digunakan di mana cover tersebut,” ungkap Ari Wibowo, CEO CoverSuper Indonesia.

Pilihlah cover-kendaraan-yang-tepat

Cover kendaraan outdoor sebaiknya memiliki tekstur yang licin, pari-pori tertutup, dan anti air. Akan lebih baik jika dilengkapi dengan teknologi daun talas. Sebab cover kendaraan outdoor harus memiliki ketahanan yang baik untuk lindungi dari dampak negatif hujan dan panas matahari. Sedangkan cover kendaraan indoor sebaiknya memiliki lapisan pori agar udara bisa berjalan lancar dan mencegah tumbuhnya jamur.

Bagi Anda yang masih bingung untuk memilih cover yang tepat, CoverSuper siap menjawab segala pertanyaan Anda seputar cover kendaraan. Sebagai produsen cover terbesar dan terpercaya, CoverSuper menyediakan perlindungan untuk berbagai jenis kendaraan, baik mobil, motor, maupun sepeda. Selain itu, pilihan tipe cover juga variatif tergantung kebutuhan, dari indoor sampai extreme outdoor.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!