Komparasi

Pilihan Mobil Bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005 ?

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005 memang cukup sulit. Untuk Kawan Autos yang berminat pada Grandis maka akan mendapat MPV yang cukup premium dengan harga menarik.

Jakarta, Autos.id – Bicara kebutuhan akan kendaraan keluarga, biasanya pilihan paling tepat adalah mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Namun kadang kebutuhan akan mobil keluarga berdasarkan fungsionalitas serta kepraktisannya saja belum cukup.

Beberapa dari Anda mungkin menginginkan mobil keluarga yang terlihat mewah saat dipakai menghadiri acara keluarga besar, namun juga masih ada sensasi sporty kala harus nyetir seorang diri. Nah kalau keinginan Kawan Autos seperti itu namun terbentur dana untuk membeli mobil keluarga premium yang baru, maka bisa pilih yang kondisi bekas pakainya, alias seken.

Kali ini Autos.id akan coba memberikan referensi pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005. Kedua mobil ini kami pikir bisa memenuhi ekspektasi Kawan Autos akan sebuah mobil keluarga yang cukup premium tapi juga masih ada nuansa sporty.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Odyssey Lebih Pipih Bodinya

Eksterior
Grandis punya desain eksterior yang menawan, bukan hanya dimasanya namun sampai kini. Tubuhnya minim lekukan dan lebih banyak siluet membulat yang mengerucut pada ujung bonet. Kekar, modern dan tak lekang zaman. Sedangkan Odyssey tampil sebagai MPV premium Honda berbodi pipih yang sangat terlihat sporty. Desainnya ini membuat Odyssey hampir mirip sedan dibandingkan MPV.

Mitsubishi Grandis punya panjang 4.765 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.655 mm serta jarak sumbu roda 2.830 mm. Untuk Odyssey panjangnya 4.800 mm, lebarnya 1.800 mm dan tinggi 1.545 mm, serta mempunya jarak sumbu roda 2.830 mm. Selain lebih panjang dan lebih lebar, Odyssey juga punya jarak ke tanah (ground clearance) yang amat rendah dibandingkan dengan Grandis. Sehingga perlu diperhatikan untuk membeli Odyssey seken apakah bagian bawah mobil ini tidak ada bekas gesekan dengan aspal atau polisi tidur.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Interior Grandis

Interior
Seperti yang sudah dikemukakan sebelumnya, pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005 yang juga menjadi point untuk dinilai adalah interior. Ruang kabin dari kedua mobil ini sama-sama lapang. Hal itu bisa dilihat dari jarak sumbu roda keduanya yang serupa. Namun nyatanya, Odyssey mampu memberikan visualisasi yang lebih mewah ketimbang Grandis.

Ruang driver dan penumpang depan Odyssey memiliki kombinasi warna yang sangat apik, antara hitam, beige, dan aksen kayunya. Tata letak dashboardnya juga simetris dengan penempatan posisi tuas transmisi yang lebih menjorok ke arah pengemudi dibanding Grandis yang posisinya ditengah-tengah dashboard. Grandis memang tak bisa dibilang murahan, namun kombinasi warnanya kurang memunculkan nuansa lux dibanding Odyssey.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Interior Odyssey

Beranjak ke bangku penumpang belakang, Mitsubishi Grandis menawarkan ketebalan jok yang cukup tinggi sehingga sangat nyaman untuk perjalanan jauh. Namun Grandis belum dilengkapi sunroof, masih kalah dengan Odyssey yang sudah ada fitur ini. Kemudian untuk Odyssey juga memiliki mekanisme jok belakang yang bisa dilipat secara elektrik sehingga sangat mudah saat dibutuhkan.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Mesin Grandis

Mesin
Mitsubishi Grandis menggunakan mesin 2.378 cc 4 silinder segaris 16 katup SOHC MIVEC. Mesin ini mampu menghasilkan daya 165 hp pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 216 Nm di 4.000 rpm. Untuk Odyssey 2005 menggunakan mesin2.354 cc 4 silinder segaris 16 katup DOHC i-VTEC Drive By Wire. Mesin ini mampu menelurkan tenaga 180 hp pada 6.500 rpm dnegan torsi puncak 217 Nm di 4.500 rpm.

Melihat dari torsi yang dihasilkan saja sudah bisa ditebak jika akselerasi keduanya tak bisa begitu diharapkan untuk mencapai kata cekatan di jalan. Namun begitu, dengan power yang lebih besar maka Oddysey unggul untuk bisa menciptakan kenikmatan berkendara kala cruising di jalan bebas hambatan. Selain itu karena bodi pipihnya, maka hambatan angin pada Odyssey jelas lebih menang ketimbang Grandis. Ini membuat pengendaraan Odyssey juga lebih menyenangkan layaknya mengemudikan sedan.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Mesin Odyssey

Lantas bicara konsumsi bahan bakar, keduanya pun tak tepaut jauh. Berdasarkan hasil pengujian oleh beberapa media otomotif di Indonesia saat kedua mobil ini belum lama diluncurkan, Mitsubishi Grandis 2008 mampu mencatat konsumsi bahan bakar 9,6 km/liter untuk rute kombinasi jalan tol dan non tol. Sedangkan Honda Odyssey 2005 konsumsi bahan bakarnya 10,6 km/liter untuk rute yang sama.

Harga
Aspek paling penting ketika menimbang pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005 adalah harga. Grandis ditawarkan dengan rentang harga Rp 120 juta hingga Rp 130 jutaan tergantung kondisi. Harga itu berdasarkan referensi dari beberapa penjual mobil bekas di wilayah Jabodetabek. Sementara Odyssey ada di harga Rp 130 jutaan sampai Rp 155 jutaan.

pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005

Kesimpulan
Pilihan mobil bekas Mitsubishi Grandis 2008 atau Honda Odyssey 2005 memang cukup sulit. Untuk Kawan Autos yang berminat pada Grandis maka akan mendapat MPV yang cukup premium dengan harga menarik. Interiornya lapang, serta desain sporty khas Mitsubishi. Namun Odyssey menawarkan ruang interior yang lebih mewah, keunggulan fitur-fitur elektrik, serta kenikmatan berkendara yang mirip sedan. tetapi Kawan Autos harus rela menembusnya dengan harga cukup tinggi.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Comments
To Top