Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Periksa Kebocoran Sebelum Beli Mobil Bekas

Tips Periksa Kebocoran Sebelum Beli Mobil Bekas

Last updated on 20 April, 2016

Jakarta, Autos.id – Membeli mobil bekas memang membutuhkan ketelitian, mulai dari kondisi eksterior maupun interior. Namun ketika Anda tertarik dengan kondisi mobil bekas yang akan dibeli, sebaiknya perhatikan juga kebocoran-kebocoran yang mungkin terjadi pada mobil tersebut.

Melakukan pemeriksaan terlebih dulu apakah terjadi kebocoran pada mobil bekas tersebut atau tidak merupakan hal yang penting sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena beberapa cairan mobil merupakan komponen yang vital untuk menjaga umur mobil.

Periksa Kondisi Radiator

Periksa Kondisi Radiator

Radiator
Pertama deteksi adanya kebocoran pada radiator mobil sebelum memutuskan untuk membeli. Biasanya, kebocoran sistem pendingin terjadi di komponen radiator itu sendiri, tutup radiator, atau selang radiator.

Perhatikan radiator pada mobil bekas incaran Anda. Apabila kondisinya basah dan berkarat, kemungkinan besar radiator tersebut bocor. Lihat pula warna dari cairan pendinginnya kemudian perhatikan apakah ada bekas cairan yang berwarna sama di sekitar sistem pendingin atau di kolong mobil.

Anda juga bisa mendeteksi kebocoran dengan menjalankan mobil, radiator yang bocor akan menyebabkan suhu mesin naik dan memanas. Jika Anda menemukan warna oli mesin coklat seperti susu, maka air radiator bocor dari dalam mesin.

Cek Oli Mesin Bisa dari Dipstick

Cek Oli Mesin Bisa dari Dipstick

Oli Mesin
Selain kebocoran cairan pendingin, Anda juga harus melihat apakah oli mesin mengalami kebocoran. Caranya adalah dengan memastikan kondisi mesin dingin dan dengan melihat banyaknya oli di dipstick.

Kebocoran oli juga akan ditandai dengan adanya debu pekat di tempat kebocorannya. Tetapi, Anda juga harus mewaspadai mesin yang bersih karena terkadang bekas kebocoran hanya hilang sesaat saja.

Jika Anda menemukan lapisan oli di knalpot mobil, itu artinya oli yang bocor masuk ke ruang bahan bakar. Hal tersebut harus menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan membeli mobil bekas.

Periksa Kolong Mobil

Periksa Kolong Mobil

Kolong Mobil
Jangan pernah membeli mobil bekas dnegan cara janjian bertemu di lokasi tertentu. Sebaiknya Anda datangi rumah atau dealer lokasi tempat mobil tersebut di jual. Kemudian perhatikan bagian kolong mobil. Adakah bekas tetesan air atau oli di sekitar kolong mobil tersebut. Jika ada, maka patut dicurigai itu merupakan tanda kebocoran air radiator atau oli mesin.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Daftar Harga Mobil

Mobil bekas menjadi solusi bagi seseorang yang ingin memiliki roda empat, namun apakah ada yang harganya Rp7 jutaan? Autos.id – Mencari mobil bekas yang...

Tips

Last updated on 24 Januari, 2024 Bagi yang ingin membeli mobil bekas merk Hyundai, ada sejumlah tips yang perlu dilakukan. Autos.id – Membeli mobil...

Aksesoris

Rantai motor menjadi bagian penting untuk membuat sepeda motor beroperasi, lalu apa saja komponennya? Autos.id – Apakah Anda pemilik sekaligus pecinta sepeda motor? Jika...

Daftar Harga Mobil

Mobil pick up bekas menjadi alternatif bagi para pelaku usaha atau bisnis yang membutuhkan alat transportasi murah. Autos.id – Tahun 2023 menjadi tahun yang...

error: Content is protected !!