Berhasil melewati Jorge Lorenzo, Andrea Dovizioso memenangkan podium utama dan membuka peluang juara dunia di Grand Prix Malaysia.
Malaysia, autos.id – Andrea Dovizioso mengalahkan Jorge Lorenzo di Grand Prix Malaysia untuk mempertahankan peluang juara dunia MotoGP, karena Marc Marquez hanya bisa meraih posisi keempat.
Dalam lintasan basah, dua pembalap Ducati (Dovizioso dan Lorenzo) memiliki keunggulan dari yang lainnya, meski Johann Zarco (Yamaha Tech 3) sempat memimpin di awal balapan.
Marquez melesat ke tikungan pertama dengan start bagus dari posisi ketujuh, namun keputusannya terlalu melebar sehingga Zarco dan Lorenzo berhasil masuk ke dua posisi teratas.
Dovizioso duduk di posisi keempat dan menekan Marquez sampai menemukan celah di Turn 14 di lap keempat.
Zarco nyaris unggul dua detik sebelum Lorenzo bangkit, satu-satunya dari pembalap di empat besar yang memilih ban belakang lebih kompleks.
Lorenzo bermanuver di lap kesembilan, dengan Dovizioso menyusul dan membuat persaingan dalam satu tim.
Dengan Marquez yang tidak bisa melewati Zarco, itu membuat Dovizioso membuka peluang juara hingga balapan terakhir di Valencia.
Butuh waktu sampai lap ke-16 untuk merubah posisi, saat Lorenzo melebar di tikungan terakhir untuk memungkinkan Dovizioso melewati dan menyegel kemenangan keenamnya tahun ini dengan selisih 0,748s.
Zarco bertahan untuk podium kedua tahun ini dan mempertahankan margin yang sama di depan Marquez.
Keuntungan Marquez menuju balapan terakhir dipangkas menjadi 21 poin, yang berarti finish di urutan ke-11 di Valencia akan cukup bagi pembalap Honda itu untuk menyegel mahkota juara, bahkan jika Dovizioso menang.
Dani Pedrosa yang mengawali balapan di posisi terdepan melorot ke posisi kelima sampai akhir balapan.
Kemudian pembalap Pramac Ducati Danilo Petrucci bangkit dari ketertinggalan ke tempat keenam, setelah mengalami gangguan pada lap pemanasan, mengalahkan Valentino Rossi yang berakhir di posisi ketujuh.
Maverick Vinales tidak bisa melakukan yang lebih baik dari posisi kesembilan dengan motor M1, tepat di belakang Jack Miller sementara Pol Espargaro menyelesaikan posisi 10 besar.
Scott Redding menghabiskan beberapa lap di urutan keenam, namun kembali ke posisi 13 di lap terakhir, dibelakang Alvaro Bautista (Aspar Ducati) dan Bradley Smith (KTM).
Cal Crutchlow memiliki perubahan posisi paling besar ditempat ke-15 setelah mengawali balapan di posisi 21, sementara Michael van der Mark hanya menempati posisi 16 bersama Yamaha Tech 3.
Andrea Iannone gagal finis, dimana Alex Rins jatuh dua kali sebelum akhirnya berhenti balapan.
Sam Lowes (Aprilia), Karel Abraham (Aspar Ducati) dan Loris Baz (Avintia Ducati) juga gagal finish.
Posisi | # | Pembalap | Tim | Waktu |
1 | 4 | Andrea Dovizioso | Ducati | 44’51.497 |
2 | 99 | Jorge Lorenzo | Ducati | 0.743 |
3 | 5 | Johann Zarco | Yamaha | 9.738 |
4 | 93 | Marc Marquez | Honda | 17.763 |
5 | 26 | Dani Pedrosa | Honda | 29.144 |
6 | 9 | Danilo Petrucci | Ducati | 30.380 |
7 | 46 | Valentino Rossi | Yamaha | 30.769 |
8 | 43 | Jack Miller | Honda | 35.238 |
9 | 25 | Maverick Viñales | Yamaha | 38.053 |
10 | 44 | Pol Espargaro | KTM | 39.847 |
11 | 19 | Alvaro Bautista | Ducati | 42.559 |
12 | 38 | Bradley Smith | KTM | 44.602 |
13 | 45 | Scott Redding | Ducati | 48.696 |
14 | 8 | Hector Barbera | Ducati | 50.058 |
15 | 35 | Cal Crutchlow | Honda | 50.705 |
16 | 60 | Michael van der Mark | Yamaha | 56.397 |
17 | 29 | Andrea Iannone | Suzuki | 58.391 |
18 | 53 | Tito Rabat | Honda | 1’25.571 |
Ret | 22 | Sam Lowes | Aprilia | 11 lap |
Ret | 17 | Karel Abraham | Ducati | 12 lap |
Ret | 76 | Loris Baz | Ducati | 15 lap |
DQ | 42 | Alex Rins | Suzuki | – |
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.