Connect with us

Hi, what are you looking for?

Video

Yamaha Motobot Vs Valentino Rossi

Yamaha Motobot

Yamaha Motobot mulai diuji jalan di sebuah trek balap, bahkan proses uji jalan ini didampingi langsung oleh pembalap utama Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi.

Tokyo, Autos.id – Sudah beberapa bulan sejak Yamaha pertama kali menunjukkan kepada dunia atas proyek Yamaha Motobot pada Tokyo Motor Show lalu. Namun belum pernah sekalipun pabrikan Jepang itu memperlihatkan bagaimana kemampuan asli Yamaha Motbot di atas trek balap.

Namun kini Yamaha Motobot telah mencapai satu fase lebih tinggi karena tengah menjalani uji praktek di trek balap. Yamaha bahkan menggandeng salah satu pembalap terbaik dalam sejarah, Valentino Rossi selama proses pengujian Motobot.

Dan karena terlibat dengan Rossi maka jelas apa pun yang berhubungan dengan uji jalan Motobot ini tentu akan ada hubungannya dengan MotoGP. Bahkan Yamaha telah membuat sebuah film dokumenter pendek yang mengungkapkan bagaimana The Doctor membantu Motobot menjadi “pembalap” yang lebih baik.

“Karena terlibat dengan Rossi maka jelas apa pun yang berhubungan dengan uji jalan Motobot ini tentu akan ada hubungannya dengan MotoGP. Bahkan Yamaha telah membuat sebuah film dokumenter”

Motobot memperkenalkan teknologi baru yang dirancang Yamaha agar robot ini mampu mengoperasikan motor secara mandiri dengan telah dimodifikasi khusus. Modifikasi ini antara lain pemasangan bilah keseimbangan di bagian sisi motor.

Yamaha Motobot

Mulai Uji Jalan Bersama Rossi

Menggunakan Yamaha YZF-R1M, bagian-bagian modifikasi khusus lainnya yakni untuk mensimulasikan pergerakan tangan pada setang dan kaki seperti halnya apa yang dilakukan pada seorang pengendara motor. Dengan demikian Motobot memiliki pula kemampuan menarik throttle, oper gigi, menarik tuas kopling dan tuas rem seperti yang dilakukan pada manusia.

Yamaha menargetkan Motobot mampu mencapai kecepatan hingga 200 km/jam pada saat di atas trek. Selain itu juga berkat masukan dari Valentino Rossi akan menetapkan data-data dari trek yang dilalui untuk kemudian tim teknisi Yamaha menganalisa dan menerapkan pada robot pintar mereka.

Tujuan utama mungkin terdengar sedikit gila, tapi Yamaha ingin memiliki Motobot yang mampu membalap melawan Rossi di trek, terlepas dari siapa yang akan memenangkan pertarungan tersebut.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Komparasi

Last updated on 4 Agustus, 2022 Honda ADV 160 yang masih baru diluncurkan akan menjadi pesaing langsung Yamaha Aerox 155. Autos.id – Honda ADV...

Motor

Yamaha India menghadirkan pembaruan warna terbaru untuk Yamaha YZF-R15, yakni Mattle Black. Autos.id – Di Asia, sepeda motor yang berukuran kecil sudah menjadi favorit bagi para...

Motor

Yamaha TW200 dan XT250 untuk model tahun 2023 mendaptakan warna baru, yakni Radical Grey. Autos.id – Yamaha TW200 dan XT250 memang sudah menjadi favorit lama penggemar...

Motor

Yamaha baru saja telah merilis Fazzio 125 yang merupakan anggota terbaru dari jajaran skuter komuternya dengan mempunyai desain yang bergaya, fasilitas premium, dan teknologi...