Connect with us

Hi, what are you looking for?

Reviews

Toyota All New Vios Kini Dilengkapi Toyota Safety Sense

All New Vios hadir dengan transformasi desain dan fitur-fitur advance sedan kelas atas

Jakarta, Autos.id  – PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi memasarkan All New Vios yang kini tampil lebih elegant dan powerful dengan fastback silhouette pada desain eksterior dan interior yang semakin berkelas di Indonesia. Sedan Vios generasi ke-4 yang dikembangkan dengan platform baru ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur baru yang lebih lengkap dan advance.

Dengan fitur advance ini, semakin memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara, termasuk dengan disematkannya fitur berteknologi tinggi Toyota Safety Sense (TSS).

“Sebagai bentuk apresiasi, hari ini kami hadirkan All New Vios dengan platform baru dan all new design pada seluruh aspek eksterior dan interior, serta peningkatan safety feature dan tambahan advance teknologi baru. Kami harap All New Vios dapat menjawab kebutuhan pelanggan di segmen sedan dan meneruskan perannya sebagai market leader,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy (depan) bersama jajaran manajemen PT TAM

Transformasi Total All New Vios

Toyota Vios pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2003 untuk menggantikan Toyota Soluna yang telah lebih dahulu disukai oleh pelanggan dalam mengisi pasar sedan sub compact atau B-segment Class. Dalam perjalanannya, Toyota Vios generasi pertama dilanjutkan oleh generasi kedua tahun 2007 dan generasi ketiga tahun 2013.

Penggunaan platform baru pada All New Vios ini memberikan kesempatan kepada Toyota untuk meningkatkan unsur kenyamanan dengan mengubah dimensi Vios generasi ke-4 tersebut. Sekarang, mobil ini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Dengan dimensi yang lebih lebar 10 mm dan lebih rendah 20 mm, serta wheelbase bertambah 70 mm dibanding generasi sebelumnya, All New Vios tetap dapat lincah dalam bermanuver. Grille trapezoidal ekstra besar begitu mendominasi wajahnya dengan bilah hitam kokoh dan bergaya tiga dimensi. Di atasnya, terdapat grille tipis melintang yang tampak serasi dengan lampu depan L-shape LED diperkuat oleh lekukan kokoh dan aerodinamis yang membentuk air dam di sudut bumper depan.

Paduan tema desain elegant dan powerful terus berlanjut ke dalam kabin All New Vios. Dominasi warna hitam pada interior membuat kesan berkelas dan nyaman. Desain dashboard baru yang modern menggunakan bahan soft touch yang selaras dengan desain door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah.

All New Vios kini hadir lebih elegan

All New Vios kini mengadopsi engine baru berkode 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder yang tangguh dan andal. Penggunaan teknologi Dual VVT-i yang efisien membuat mesin kompak ini sanggup melontarkan tenaga dan irit bahan bakar di berbagai kondisi jalan dan gaya berkendara. Sebagai catatan, dapur pacu All New Vios menyediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan melalui opsi transmisi manual 5-speed atau CVT.

Fitur Comfort dan Safety Terbaik di Kelasnya

Untuk makin mewujudkan fun to drive dan kenyamanan berkendara yang semakin kental, pada All New Vios telah disematkan panel instrumen berukuran 7-inch TFT dan Digital LED Speedometer yang terlihat menyatu dan modern, serta dilengkapi Multi Information Display (MID) dengan pilihan tampilan antarmuka 4 pattern mengikuti selera pengemudi.

Untuk menambah kenyamanan pengemudi, Electric Parking Brake diaplikasikan pada seluruh grade All New Vios. Selain itu, handling All New Vios grade G yang mantap diperkuat oleh pilihan mode berkendara Eco, Normal, dan Sport lewat tombol di kemudi.

Sistem audio menggunakan layar sentuh 9 inch floating di tengah dashboard. Semakin menyesuaikan dengan trend terkini, Toyota meng-update entertainment system dengan meningkatkan smartphone connection di head unit melalui pengaplikasian Apple CarPlay dan Android Auto Support (AACP) di seluruh grade All New Vios yang kini terdiri atas grade G CVT TSS (Toyota Safety Sense), G CVT, dan E M/T.

Dashboard All New Vios

Tingkatkan Keamanan Bermobilitas Dengan Toyota Safety Sense

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan terbaik Toyota, yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety.  Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA), Pedal Misoperation Control (PMC),  Lane Departure Warning (LDW), Lane Departure Prevention (LDP), Auto High Beam (AHB), Blind Spot Monitoring (BSM) dan Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang ketika parkir untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dan yang Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

All New Vios juga didukung oleh fitur advance berbasis teknologi telematik, yaitu T Intouch. T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna All New Vios ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan manfaat terintegrasi.

All New Vios kini dilengkapi fitur TSS (Toyota Safety Sense)

All New Vios hadir dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

“Kehadiran All New Vios ini dapat memenuhi ekspektasi pelanggan dengan desain interior dan eksterior yang lebih elegant dan powerful, serta dilengkapi dengan berbagai macam teknologi, khususnya advanced safety technology, yaitu TSS. Kami harap All New Vios dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Toyota All New Vios tersedia dalam lima varian yaitu  :

Vios 1.5 E M/T :                                 Rp 314.900.000

Vios 1.5 G CVT :                                 Rp 355.200.000

Vios 1.5 G CVT (premium color):         Rp 356.700.000

Vios 1.5 G CVT TSS :                          Rp 368.400.000

Vios 1.5 G CVT TSS (premium color) : Rp 369.900.000

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Komparasi

Hyundai Ioniq 5 kini memiliki pesaing baru di pasar mobil listrik Tanah Air, yaitu Toyota bZ4X. Autos.id – Toyota bZ4X baru-baru ini diluncurkan oleh...

Reviews

All New Kijang Innova Zenix Hadir dengan Teknologi Toyota Hybrid System Generasi Ke-5 Jakarta Autos.id  –  Mengusung tagline Cross Into The New Energy, PT...

Reviews

Battery EV Toyota Pertama di Indonesia dan pilihan terbaru elektrifikasi Toyota guna mendukung mobilitas zero emission Jakarta, Autos.id  –  Hari ini, Kamis (10/11) PT...

Berita Otomotif

Kemudahan untuk merasakan kecanggihan fitur-fitur kenyamanan, keamanan, dan ketenangan berkendara Jakarta. Autos.id  – PT Toyota-Astra Motor (TAM) berikan kemudahan lebih kepada seluruh pelanggan baru...