Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Mendeteksi Freon AC Mobil Habis

Freon AC mobil habis menyebabkan ruang kabin jadi panas meskipun AC sudah dihidupkan, dan terkadang pemilik mobil tidak memahaminya.

Jakarta, Autos.id – Air Contioner alias AC saat ini sangat penting untuk mendukung kenyamanan perjalanan yang jauh. Apalagi perjalanan keluar kota menjelang libur panjang seperti saat ini. Bayangka perjalanan jauh yang panas namun mobil tanpa AC akibat sistem pendingin ini rusak.

Banyak pemilik mobil tidak tahu pasti penyebab AC mulai panas. Ketika memakai AC mobil, mungkin jarang yang tahu bahwa freon AC mobil sebenarnya bisa habis. Akibat dari freon AC mobil habis adalah udara dalam kabin terasa panas meskipun AC sudah dihidupkan.

“Akibat dari freon AC mobil habis adalah udara dalam kabin terasa panas meskipun AC sudah dihidupkan”

Untuk itu, pengendara perlu mengetahui ciri-ciri freon AC mobil habis. Berikut ini adalah penyebab dan ciri-ciri freon AC mobil yang sudah habis:

Freon AC Mobil Habis

Kabin jadi Gerah Meski AC Dinyalakan

Pertama, AC biasanya mengeluarkan angin dari lubang fentilatornya, namun jika freon sudah habis maka udara yang keluar tidak terasa sejuk dan segar lagi.

Kedua, kompresor AC tidak berputar ketika saklar AC dihidupkan. Ini tandanya freon AC mobil sudah habis. Maka perlu dicek apakan freon AC mobil Anda sudah habis atau belum, sehingga segera diganti.

Ketiga, kipas AC Tidak Berputar Saat AC pada Posisi ON. Anda bisa mencermati AC pada mobil Anda, ketika saklarnya sudah ON apakah kipasnya berputar atau tidak. Jika tidak berputar berarti bisa menjadi tanda bahwa freon AC mobil sudah habis.

Pada freon AC mobil habis, terdapat gelembung udara pada reeiver ketika mobil dinyalakan. Untuk itu karena AC selalu dipakai, maka sebaiknya perlu dilakukan perawatan pada komponen ini supaya kinerjanya maksimal.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Tips

Kerusakan engine mounting sejatinya bisa dideteksi sejak dini, antara lain dengan adanya getaran saat mobil dalam keadaan stationer atau berjalan. Jakarta, Autos.id – Saat...

Tips

Cara merawat sunroof dan panoramic roof sebenarnya tidak susah, tapi juga tak dapat diabaikan. Perhatikan tiga hal, yakni kaca, karet, dan relnya. Jakarta, Autos.id...

Tips

Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret dan butuh perawatan yang mahal. Jakarta,...

Berita Otomotif

Mengatasi masalah power window yang seret bukan perkara sulit. Karena biasanya hanya karena ada kotoran menumpuk di jalur kaca jendela mobil tersebut. Jakarta, Autos.id...