Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Last updated on 5 Januari, 2022

Suzuki memberikan tips berkendara aman saat musim hujan agar tenang sampai tujuan

Jakarta, Autos.id – Memasuki musim hujan seperti saat ini, masih banyak pengendara yang kurang memperhatikan kondisi kendaraan secara detail sebelum digunakan. Padahal, pemeriksaan komponen dalam mobil dan penyesuaian cara berkendara dapat mengurangi risiko timbulnya gangguan ketika sedang dalam perjalanan.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS, curah hujan yang semakin tinggi membuat pengendara harus memberikan perhatian ekstra pada kendaraan.

“Selain melakukan pemeriksaan rutin mandiri di rumah, pengendara juga wajib memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi Suzuki yang tersedia di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar masalah pada kendaraan ditangani orang yang tepat, sehingga berkendara menjadi lebih tenang,” imbuhnya.

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan melakukan perjalanan pada musim hujan:

  1. Perhatikan kondisi wiper dan kaca mobil

Wiper menjadi komponen yang harus diperhatikan sebelum kendaraan digunakan. Wiper memiliki peran penting untuk membantu pandangan saat hujan agar aman dan nyaman. Maka dari itu, penting untuk melakukan perawatan rutin seperti mengecek elastisitas karet serta komponen wiper. Selain itu, kaca mobil juga harus dijaga kejernihannya dengan dibersihkan secara teratur untuk mencegah timbulnya jamur.

  1. Perhatikan sistem kontrol kendaraan

Memperhatikan sistem kontrol kendaraan menjadi bagian penting dan wajib ketika kita akan melakukan perjalanan, terutama saat musim hujan. Pastikan system kemudi, rem, kopling, dan pedal gas dapat berfungsi dengan baik.

  1. Menyalakan lampu kendaraan

Sebelum digunakan, periksa lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. Lampu kendaraan berfungsi untuk mempermudah melihat pengendara lain dengan jelas. Begitu juga sebaliknya, pengendara lain akan mudah melihat posisi kendaraan kita ketika berada di jalan saat hujan lebat. Lampu pada mobil terdiri dari lampu senja, lampu dekat, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem, lampu mundur, dan lampu hazard.

  1. Hindari melewati genangan air yang dalam

Pengendara dianjurkan untuk menghindari jalanan yang memiliki ketinggian genangan air yang tidak dapat diprediksi. Hal ini dapat membuat kendaraan mengalami gangguan seperti kerusakan pada mesin karena air pada genangan dapat berpotensi terhisap ke dalam komponen mesin sehingga dapat membuat mesin mati mendadak.

  1. Kurangi kecepatan ketika hujan

Mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lainnya. Maka dari itu, untuk menghindari risiko tergelincir akibat jalanan licin, pengendara harus mengurangi kecepatan kendaraan.

Usahakan menghindari genangan air

  1. Jaga jarak dengan kendaraan lain

Selain mengurangi kecepatan, pengendara juga harus memperhatikan jarak dengan kendaraan lainnya. Hal ini untuk mengurangi risiko tabrakan apabila kendaraan kita atau kendaraan lain harus melakukan pengereman mendadak.

“Memperhatikan fungsi komponen kendaraan serta menyesuaikan teknik mengemudi dapat dilakukan untuk menghindari kejadian tak terduga. Gangguan pada fungsi komponen kendaraan juga dapat dicegah dengan melakukan perawatan rutin di jaringan bengkel resmi Suzuki. Namun, apabila kendaraan mengalami gangguan ketika sedang digunakan, silakan konsultasikan ke bengkel resmi Suzuki atau menghubungi Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) untuk memudahkan pengendara melakukan perbaikan,” tutup Hariadi.

Suzuki menyediakan layanan Home Service, Pick-Up Service, dan Suzuki Emergency Roadside Assistance (SERA) yang dapat diakses melalui Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Baca Juga

Daftar Harga Motor

Suzuki adalah perusahaan otomotif yang memproduksi, memasarkan, dan memperniagakan motor dan mobil. Perusahaan ini telah berdiri pada tahun 1909. Jakarta, Autos.id – Pada bulan...

Berita Otomotif

Bengkel siaga ini berlaku untuk wilayah Sumatera-Jawa-Bali Jakarta, Autos.id –  Bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1443 H, tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales...

Berita Otomotif

Selama pelaksanaan IIMS Hybrid 2022 lalu, penjualan Suzuki XL7 Alpha FF laris manis Jakarta, Autos.id  – Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang digelar...

Berita Otomotif

Suzuki Smart Hybrid Technologi diklaim memiliki banyak keunggulan Jakarta, Autos.id  –  Setelah memperkenalkan teknologi hybrid terbarunya di ajang IIMS 2022 lalu, PT Suzuki Indomobil...