Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

Toyota Agya 10 Tahun Terakhir, Jadi Mobil Nasional?

Toyota Agya

Perjalanan Toyota Agya sendiri begitu panjang. Selama 10 Tahun apa saja sumbangan dari Toyota Agya buat Indonesia?

Autos.id – Toyota Agya selama 10 tahun terakhir membawa beragam perubahan besar dalam industri otomotif. Terutama membawa perubahan besar dalam rangka memberikan kemudahan bagi konsumen pertama yang ingin punya mobil pertama.

Benarkah seperti itu? Sebenarnya ini adalah napak tilas dari 10 tahun Toyota Agya sendiri. Lahir dalam kondisi membantu masyarakat dapatkan kendaraan pertama sampai mereka bisa mapan untuk naik kelas ataupun berpindah ke model lainnya.

Banyak sekali first buyer ini bisa berpindah ke mobil yang  lebih besar atau naik kelas. Bahkan dari sekelas Agya sendiri bisa menjadikan sosok mobil nasional untuk keluarga Indonesia. Seperti apa kisah dari Toyota Agya selama 10 tahun terakhir.

Toyota Agya Hadir pada Tahun 2013 Sebagai LCGC

Kehadiran perdana mobil ini pertama kali sebagai jawaban akan mobil hemat dan murah saat itu. Mana kelas ini banyak sekali pemainnya yang sudah naik kelas dan harganya sudah tidak terjangkau lagi.

Bahkan untuk membeli mobil baru sendiri, banyak orang yang akhirnya beli mobil bekas dengan kondisi apa-adanya. Hal tersebut mengindikasikan kalau produsen butuh produk baru yang mengisi gap dengan harga terjangkau.

Toyota Agya

Maka dari itu, lahir model ini beserta kembarannya Daihatsu Ayla. Keduanya bisa menjawab hegemoni mobil LCGC dengan kandungan lokal mencapai 80 persen saat itu. Malah kehadiran mobil ini menjawab pilihan bagi konsumen yang inginkan mobil baru dengan kondisi irit bahan bakar dan juga bisa muat lima orang.

Dengan melihat kondisi tersebut, antusiasme konsumen saat itu begitu besar. Bahkan hasilkan generasi pengemudi baru yang memberikan nuansa baru terutama mereka yang berpindah atau yang pertama kali berkendara dengan mobil tersebut.

Gempuran Mobil LCGC Lain Tak Membuat Agya Goyah

Coba kita lihat, semenjak duo kembar masuk. Gempuran dari model lain sangat sengit sekali awalnya. Mulai dari Datsun Go+ Panca, Suzuki Karimun Wagon R bahkan beberapa berminat bermain di segmen LCGC. Tetapi, kenyataannya malah beberapa pemain bertumbangan bahkan mundur dari persaingan.

Sedangkan pemain LCGC sendiri hanya tinggal dua pemain saja. Yaitu Honda dengan Brio dan Toyota Agya beserta Daihatsu Ayla. Memang ketiganya ini masih bertahan di segmen tersebut. Bahkan beberapa model sendiri sudah naik kelas di angka Rp200 Jutaan.

Memang 10 tahun ini, penjualan Agya sendiri sempat menurun namun penjualan tetap stabil bahkan peminatnya tetap ada untuk kelas tersebut. Meskipun kita tahu kemungkinan model teratasnya bakalan hadir dengan desain yang berbeda. Karena generasi kedua ini bakalan melanjutkan estafet perjalanan dari segmen LCGC dan segmen baru bagi Toyota.

 

 

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Last updated on 27 Maret, 2024 Autos.id – Perkembangan mobil ramah lingkungan tengah menjadi trend pada saat ini di pasaran otomotifnya. Dalam hal ini,...

Berita Otomotif

Toyota Transmover menjadi mobil yang ‘paling dekat’ dengan Toyota Avanza, dimana juga dipilih untuk jadi armada taksi. Autos.id – Toyota Transmover, pada dasarnya, merupakan...

Daftar Harga Mobil

Last updated on 24 Januari, 2024 Mobil SUV masih menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia, entah mobil baru atau bekasnya. Autos.id – SUV adalah singkatan...

Toyota

Last updated on 12 Januari, 2024 Siapa sangka Toyota Fortuner VNT masih banyak diminati di Indonesia, apa penyebabnya? Autos.id – Para pecinta mobil SUV...

error: Content is protected !!