Mobil

Kehadiran Nissan Terra Tidak Mempengaruhi Penjualan X-Trail

Sebelum hadirnya Terra, Nissan mengandalkan X-Trail untuk bermain di segmen SUV. Setelah Nissan Terra hadir di tanah air, apakah itu langsung memberi dampak yang besar pada X-Trail?

Jakarta, Autos.id – Sejak Nissan tak lagi menjual Terrano di Indonesia 2006, sejak itu jugalah mereka hanya mengandalkan X-Trail untuk bermain di segmen SUV tanah air. Itu artinya, X-Trail sudah menjadi ujung tombak Nissan di segmen SUV selama 12 tahun.

Pada 2018 ini, Nissan mencoba memperkuat eksistensinya di segmen SUV di Indonesia dengan menghadirkan Terra. Praktis, sekarang Nissan punya dua amunisi SUV untuk konsumen di negeri ini.

Meski sama-sama bergenre SUV, namun Nissan X-Trail dan Terra berada di kelas yang berbeda. X-Trail masuk ke dalam segmen Medium SUV, sedangkan Terra berada di kelas Big SUV.

Karena beda kelas, maka cukup banyak pula perbedaan yang terdapat di antara keduanya. Nissan X-Trail dibangun dengan sasis monokok, sementara Terra menggunakan sasis tangga.

Salah satu perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya adalah mesin. Semua varian Nissan X-Trail menggunakan bensin, dan seluruh tipe Terra memakai diesel.

Nissan Limited Edition

Penjualan Nissan X-Trail tidak terpengaruh dengan hadirnya Terra

Nissan Terra memiliki konfigurasi tiga baris bangku yang membuatnya dapat mengangkut hingga maksimal tujuh orang penumpang. Sama seperti Nissan Terra, X-Trail juga mampu mengangkut maksimal tujuh orang penumpang.

Tapi dengan sedikit catatan, dua penumpang yang layak duduk di bangku baris ketiga Nissan X-Trail adalah anak-anak. Ini disebabkan karena X-Trail berkonfigurasi 5+2, bukan seven seater murni seperti Terra.

Jika dilihat profilnya, sebenarnya Nissan Terra mempunyai lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan X-Trail. Lantas, apakah hal itu membuat calon konsumen Nissan X-Trail jadi beralih ke Terra?

“Adanya Nissan Terra sama sekali tidak mempengaruhi penjualan X-Trail. Karena pada dasarnya, karakter konsumen kedua mobil tersebut sangatlah berbeda,” bilang Hana Maharani, Head of Prodcut Communication PT. Nissan Motor Indonesia (NMI).

Masih menurut Hana Maharani, konsumen Nissan X-Trail adalah mereka yang lebih banyak memakai mobilnya di area perkotaan. Sedangkan konsumen Nissan Terra adalah orang-orang yang suka berpetualang dengan membawa anggota keluarganya.

Saat ini Nissan X-Trail memiliki lima varian dengan rentang harga mulai dari Rp 416,5 juta – Rp 664,7 juta. Kemudian Nissan Terra mempunyai empat varian, yang harganya mulai dari Rp 460 juta – 670 juta.

Baca juga: https://www.autos.id/2018/09/22/harga-resmi-nissan-terra-mulai-dapat-diprediksi/

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top