Apa yang langsung terbesit di kepala Anda saat mendengar nama Daihatsu Ayla? Murah dan irit, mungkin itu adalah hal yang langsung terbesit di benak Anda ketika mendengar kata Daihatsu Ayla. Tapi pernahkah Anda membayangkan jika mobil yang murah dan irit itu berubah menjadi sporti dan kencang? Jika iya, maka bayangan Anda itu sudah direalisasikan oleh Daihatsu. Pasalnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) baru saja memperlihatkan Ayla Turbo Concept yang sporty dan kencang.
Karawang, Autos.id -Daihatsu kembali memberikan kejutan dengan menggelar Ayla Turbo Concept Media Test Drive pada Rabu, (6/3), lalu di area Test Course. Ini merupakan salah satu fasilitas dari Research and Development (R&D) Center Karawang, yang mana area tersebut dimiliki oleh PT Astra Daihatsu Motor. Uji coba mobil konsep Ayla Turbo ini merupakan kelanjutan dari peluncuran Ayla Turbo pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu.
Sebagai bagian dari tren otomotif terkini, mobil konsep Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia. Selain itu juga untuk memberikan inspirasi dalam modifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi turbo di Indonesia. Walaupun sudah diketahui bersama, mobil konsep turbo ini tidak untuk diproduksi secara masal.
Sebagai informasi tambahan, mobil yang menjadi basis Daihatsu Ayla Turbo konsep ini adalah Ayla yang bermesin 1.2 L dengan transmisi manual. Modifikasi mobil konsep Ayla Turbo ini memiliki perubahan yang signifikan meliputi bagian mesin, transmisi, exhaust system, bodi mobil, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger.
Semua ubahan yang dilakukan oleh tim R&D PT ADM itu berhasil membuat Ayla Turbo menghasilkan tenaga sebesar 200 dk dengan torsi sebesar 242 Nm, serta raihan kecepatan 0–100 Km/jam ditempuh dalam waktu sekitar 10,3 detik. Itu hampir tiga detik lebih cepat dari Daihatsu Ayla 1.2 L standar. Di luar semua ubahan tersebut, ternyata Daihatsu punya alasan kenapa mereka memilih Ayla yang bertransmisi manual dalam proyek ini.
“Ayla bertransmisi manual kami anggap sangat cocok untuk dipakai dalam proyek ini karena kinerja mesin dan transmisi tidak terkunci oleh sistem ECU. Dengan begitu, pengemudi jadi mempunyai kontrol penuh terhadap kendaraan, sehingga racing feel dari mobil ini bisa dirasakan,” bilang Soni Satriya, EC, Design Engineering Division Research & Development Directorate PT Astra Daihatsu Motor.
Klaim Daihatsu yang menyebutkan kalau Ayla Turbo ini mempunyai racing feel yang kuat bukanlah satu hal yang berlebihan. Karena saat kami diajak menjajalnya. Sangat terasa bahwa Daihatsu Ayla Turbo ini mempunyai setelan suspensi yang rigid, khas sebuah mobil yang diperuntukkan buat keperluan balap. Meski mengorbankan kenyamanan, namun suspensi yang rigid itu berhasil membuat Ayla Turbo jadi lebih stabil saat melahap tikungan dalam kecepatan tinggi.
“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan dan penggemar modifikasi, bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi yang maksimal”, ujar Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor.
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.