Mobil

Daihatsu Ayla Turbo Mejeng di GIIAS Surabaya Auto Show 2019

Menyusul suksesnya peluncuran mobil konsep Daihatsu Ayla Turbo dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Daihatsu kembali menampilkan Ayla Turbo kendaraan sebagai Racing Sport Entry Hatchback pada GIIAS Surabaya Auto Show 2019, yang berlangsung dari 29 Maret – 7 April di Grand City Convex, Surabaya.

Autos.id – Sebagai bagian dari tren Turbo Aspirated yang mendunia, Daihatsu Ayla Turbo dirancang untuk menunjukkan transformasi city car menjadi mobil yang sporty dan racy. Dengan mengusung konsep Thrilling Simplicity, setiap garis desain, bentuk, dan permukaan Ayla Turbo diperhitungkan dengan baik, sehingga memiliki performa yang lebih optimal.

Mobil konsep Ayla Turbo merupakan hasil karya anak bangsa yang dikembangkan oleh tim Research & Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor dalam menunjukkan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia. Daihatsu Ayla Turbo merupakan mobil konsep yang selain bertujuan untuk membuktikan kapabilitas anak bangsa, juga dapat memberikan inspirasi bagi anak muda yang memiliki passion ke performa mobil, sehingga Ayla selain dapat dimodifikasi pada sisi eksterior, juga bisa dilakukan penambahan komponen turbo dalam modifikasi tersebut.

Tidak terlalu banyak ubahan pada fascia depan Daihatsu Ayla Turbo

“Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, khususnya bagi anak muda yang memiliki passion ke performa mobil, sehingga mobil Daihatsu khususnya Ayla Turbo ini bisa memenuhi hasrat modifikasi yang lebih maksimal”, ujar Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Konsep Daihatsu Ayla Turbo mengambil basis dari Daihatsu Ayla R 1.2 bertransmisi manual. Ubahan yang dilakukan tim R&D PT Astra Daihatsu Motor dalam menggarap Ayla Turbo meliputi mesin, pemasangan turbocharger, knalpot, bodi, dan kaki-kaki. Semua ubahan yang dilakukan di sektor mesin berhasil mendongkrak tenaga Daihatsu Ayla Turbo hingga 200 dk.

Ubahan pada kaki-kaki turut membuat Daihatsu Ayla Turbo jadi lebih ceper

Sementara di sektor kaki-kaki, suspensi sengaja dibuat menjadi lebih kaku supaya Daihatsu Ayla Turbo bisa mempunyai handling yang stabil. Untuk meningkatkan kestabilannya, kabin Daihatsu Ayla Turbo juga dipasangi roll-bar. Di samping untuk mengejar kestabilan, adanya roll-bar pada kabin Daihatsu Ayla Turbo juga membuat aura sportinya jadi makin terasa.

Dibutuhkan dana setidaknya sebesar Rp 500 juta dalam penggarapan Daihatsu Ayla Turbo. Dari total nominal tersebut, pengeluaran terbesar adalah pada modifikasi di sektor mesin dan pemasangan turbocharger yang memakan biaya kurang lebih setengah dari jumlah anggaran modifikasi secara keseluruhan.

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top