Merk Mobil

Mobil Listrik Mitsubishi i-MiEV Bisa Isi Baterai di Rumah

Mitsubishi i-MiEV telah mengambangkan teknologi baterai terkini dengan sitem pengecasan yang mudah dan murah. Ia hadir sebagai green car yang ramah lingkungan.

Bogor, Autos.id – Teknologi mobil listrik kini telah dikembangkan berbagai pabrikan otomotif secara massif untuk menyongsong pergeseran pasar mobil yang perlahan mulai mengarah pada Electric Vehicle (EV). Untuk itu, Mitsubishi Motors telah mempersiapkan diri dengan mengambangkan produk EV-nya yang diwakili Mitsubishi i-MiEV dan PHEV.

Kali ini Autos akan mengulas EV dalam bingkai kesiapan pasar Indonesia, mengingat Februari 2018 lalu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menyerahkan mobil listrik untuk pemerintah Indonesia. I-MiEV salah satunya.

Mitsubishi i-MiEV sebenarnya merupakan salah satu produk EV yang telah dikembangkan sejak 1970-an. Sebelumnya i-MiEV yang merupakan mobil murah di Jepang ini mengaplikasikan Lead-acid Battery yang memiliki efek memori yang menjadi kelemahannya dalam pengisian baterai.

“Kalau pengisian baterai dengan lsitrik rumahan di kita yang rata-rata 6  atau 5 ampere bisa sampai 10 jam. Sebenarnya bisa juga dengan sistem Quick Charger alatnya seperti mesin ATM tetapi ia membutuhkan listrik yang besar, sehingga di Jepang memang alatnya ada di stasiun pengisian baterai dan waktunya cuman 25 menit mencapai 80 persen”

Mitsubishi i-MiEV Mobil Listrik Rendah Emisi Gas Buang

Namun dalam perkembangannya i-Miev mulai menggunakan tipe baterai Lithium Ion yang tidak lagi memiliki efek memori artinya bila baterai yang tersisa 20 persen, maka saat pengisian, baterai tetap terisi 100 persen, sehingga menguntungkan pengguna.

“Jadi kalau dulu pakai baterai Nikel atau yang lain punya efek memori. Kalau saat pengecasan baterainya tingaal 20 persen maka pengisian hanya akan sampai 80 persen. Begitu seterusnya jadi perlahan baterai cepat habis, karena efek momori tadi,” kata Rahardito Dio Prastowo, Training Instructor PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Hal ini akan membuat baterai akan lebih awet dan tahan lama saat i-MiEV dipersiapkan untuk perjalanan jauh. Mengingat ia menggunakan baterai berkapsitas 330 V, berkekuatan 16 kWH dengan kemampuan tempuh 160 Km dengan lama pengisian kurang lebih 25 menit.

Mitsubishi i-MiEV Mobil Listrik Rendah Emisi Gas Buang

Selain keunggulan dalam teknologi baterai, i-Miev sebagai green car juga menawarkan emisi gas buang yang lebih kecil hingga 70 persen dibandingkan dengan mobil gasoline. Karena mesinnya digerakan oleh motor dengan sumber tenaga baterai, dan tidak mengkonsumsi pelumas/oli. Oli hanya digunakan untuk transmisi dan gear, sehingga lebih hemat.

i-Miev Bisa Isi Baterai di Rumah

i-MiEV sudah bisa digunakan di Indonesia? Pertanyaan ini ditujukan terkait kesiapan infrastruktur pendukung EV. Sebenarnya untuk pengisian baterai bisa dilakukan di rumah atau berbagai tempat tergantung kapasitas listrik ditempat pengecasan.

Dio Prastowo menjelaskan kalau di Indonesia dengan listrik rumahan sekitar 230 volt atau 220 Volt kembali pada ampere-nya. Kalau 16 Ampere membutuhkan waktu cash 6 jam. Kalau daya ampere lebih rendah bisa 7 atau delapan jam.

Mitsubishi i-MiEV Mobil Listrik Rendah Emisi Gas Buang

“Kalau pengisian baterai dengan lsitrik rumahan di kita yang rata-rata 6  atau 5 ampere bisa sampai 10 jam. Sebenarnya bisa juga dengan sistem Quick Charger alatnya seperti mesin ATM tetapi ia membutuhkan listrik yang besar, sehingga di Jepang memang alatnya ada di stasiun pengisian baterai dan waktunya cuman 25 menit mencapai 80 persen,” terangnya.

Jadi sebenarnya Mitsubishi sudah menyiapkan EV dengan alat pengecesannya berupa mesin pengecasan untuk Quick Charge dan alat pengecasan untuk rumahan dan kini hanya menunggu regulasi dari pemerintah Indonesia.

 

 

Comments

0 comments

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular

Review Mobil & Motor, Komparasi, Harga, Komunitas, Modifikasi dan Berita Industri Otomotif Indonesia.
To Top