Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Mitsubishi Gelar Kompetisi SDM Diler National Contest

Last updated on 21 Januari, 2019

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus berusaha untuk meningkatkan kualitas layanan guna memuaskan para pelanggan. Salah satu strateginya adalah dengan mengembangkan potensi dan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan mengadakan kompetisi National Contest bagi seluruh lapisan tenaga kerja di diler Mitsubishi Motors seluruh Indonesia.

Autos.id – Mengusung tema “Ambition To Reach The Top”, kompetisi National Contest 2018 memacu SDM dari diler Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia agar dapat melampaui batas mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada semua pelanggan. Ambisi ini pun sejalan dengan tagline Mitsubishi Motors, yaitu “Drive Your Ambition”. Kompetisi ini akan diadakan secara rutin tiap tahun untuk menguji kemampuan para tenaga diler Mitsubishi Motors, yang meliputi unsur layanan penjualan, after sales service dan customer satisfaction.

Kegiatan ini diadakan dalam beberapa tahap seleksi selama tahun 2018, dan puncaknya adalah Final National Contest pada tanggal 15 – 16 Januari 2019. National Contest 2018 merupakan kompetisi pertama yang diadakan oleh PT MMKSI sejak perusahaan ini berdiri (terpisah dari PT KTB).

Kategori yang dilombakan pada kontes ini yaitu, Sales Appraisal Program, After Sales Contest dan Customer Satisfaction Officer (CSO) PDCA Contest. CSO PDCA Contest ditujukan bagi Customer Satisfaction Officer (CSO) dengan tujuan untuk meningkatkan standar pelayanan di diler melalui CSO yang bertindak sebagai agen perubahan.

National Competition bertujuan untuk menguji kompetensi mekanik Mitsubishi

Kontes CSO menggunakan konsep Kaizen (PDCA/ Plan Do Check Action), yaitu penerapan evaluasi dan perbaikan secara terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, konsep Kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Dalam kontes ini, CSO bertanggung jawab untuk membuat analisa dan rencana perbaikan di diler berdasarkan feedback dari pelanggan, menjalankan program tersebut, serta melaporkan dan mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

Tujuan akhir dari kontes CSO ini adalah untuk memperbaiki Standard Operating Procedure (SOP) di diler sehingga dapat meningkatkan produktifitas diler yang berujung pada peningkatan kualitas layanan diler secara berkelanjutan sehingga angka kepuasan pelanggan terhadap pelayanan diler turut meningkat.

National Contest juga menguji kompetensi pekerja dealer Mitsubishi

Adapun poin evaluasi dalam CSO Contest ini meliputi Kemampuan Analisa Yang Baik, Kemampuan Membuat Rencana Perbaikan, Dampak Perbaikan, Kemampuan Berkoordinasi dengan Bagian Terkait di Dealer, Output Standarisasi Dari Hasil Program Perbaikan, dan Kemampuan Presentasi.

Seluruh proses kontes dan penjurian peserta telah dilakukan pada dua hari pelaksanaannya. Nama pemenang telah di umumkan pada akhir sesi kontes dan pemenang pada tiap kategori telah menerima hadiah yang diserahkan secara simbolik oleh manajemen MMKSI.

Para pemenang Sales Appraisal Program menerima hadiah berupa piala dan wisata ke Belanda, pemenang After Sales Contest mendapatkan hadiah berupa piala bergilir, medali, dan wisata ke Jepang. Sedangkan CSO PDCA Contest mendapatkan hadiah berupa piala, wisata ke Jepang, dan ditambah peralatan pendukung operasional CSO di dealer.

Ilustrasi mekanik Mitsubishi yang sedang melakukan servis mobil

“National Contest untuk tenaga sales, aftersales dan CSO Mitsubishi Motors merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan MMKSI dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dari garda depan diler yang dibangun dengan semangat kompetisi.”

“Dengan kontes ini diharapkan seluruh lini tenaga diler dapat bekerja sama berkompetisi dalam memberikan layanan terbaik dan tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk Mitsubishi Motors di Indonesia,” terang Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division, yang dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Sudah Laku Sebanyak Ratusan Ribu Unit

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Tokyo, Autos.id  – Mitsubishi Motors Corporation (selanjutnya, Mitsubishi Motors) mengumumkan bahwa angka total produksi dari model kendaraan mini full-listrik, yakni Mitsubishi eK X EV,...

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id  – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan hasil capaian positifnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang...

Berita Otomotif

Jakarta, Autos.id  –  Dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi menghadirkan sebuah mobil komersial...

Mobil

Last updated on 20 Maret, 2024 Jakarta, Autos.id  –  Berawal diperkenalkannya konsep Mitsubishi XFC di tanah air pada bulan Mei 2023 lalu, membuat pecinta...

error: Content is protected !!