Connect with us

Hi, what are you looking for?

MG

MG ZS Bermesin Turbo Hadir Di Filipina

MG ZS Bermesin Turbo Hadir Di Filipina

Versi turbo dari MG ZS hadir di Filipina dan menggunakan mesin turbo 1.300 cc yang lebih bertenaga dibandingkan mesin 1.500 cc NA seperti yang ada di Indonesia.

Autos.id  –  MG ZS merupakan salah satu mobil sub compact crossover yang dikelasnya bersaing dengan beberapa nama beken seperti Honda HR-V, Mazda CX-3, Kia Seltos, Suzuki SX-4, dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri, MG ZS sudah memasuki versi facelift yang baru-baru ini juga sudah meluncur. Meskipun terlambat karena versi facelift MG ZS global sudah ada sejak tahun lalu, tapi akhirnya sudah keluar dan bisa anda beli di Indonesia.

Di negara tetangga, yaitu Filipina, MG yang dinegara tersebut berada dinaungan The Covenant Car Company Inc (TCCCI) memperkenalkan varian bermesin turbo dari MG ZS. Bisa dibilang ini cukup menarik karena di Indonesia, MG ZS yang dijual sendiri menggunakan mesin 1.500 NA.

Dengan nama lengkap MG ZS T, MG seolah menjawab kehadiran rival mereka sesame brand Tiongkok, Geely Coolray dipasar domestic Filipina dimana sama-sama menggunakan mesin turbo. Dari secara desain baik secara eksterior dan interior, hampir tidak ada perubahan sama sekali bila dibandingkan ZS dibeberapa market yang juga sama-sama sudah memasuki versi facelift. Mungkin yang benar-benar berbeda hanyalah bagian-bagian silver yang dibagian bumper depan dan belakang yang diberi warna hitam agar bisa lebih cocok dengan nafas turbo yang lebih sporty.

 

MG ZS Bermesin Turbo Hadir Di Filipina

Mesin Turbo Lebih Bertenaga

Karena ini adalah varian mesin turbo, disinilah ubahan terbesar dibandingkan MG ZS lainnya yang hanya tersedia dalam format 1.500 cc NA. Kalau versi 1.500 cc, 4 silinder NA yang juga dijual di Indonesia sendiri, tenaga yang dihasilkan adalah 114 Ps serta torsi 150 Nm yang dipadu dengan transmisi CVT terbaru. Berbeda dengan versi pre-facelift yang masih menggunakan transmisi 4 speed yang masih sangat konvensional.

Nah untuk versi turbo ini, mesin yang digunakan memang kapasitasnya lebih kecil, hanya 1.300 cc, tapi masih 4 silinder. Tapi dari tenaga dan torsi, jelas jauh lebih meningkat dibandingkan varian 1.500 cc NA. Tenaga yang dihasilkan adalah 160 Ps dan torsi sekitar 230 Nm. Serta yang menarik adalah jenis transmisinya, sekilas seperti downgrade dari CVT karena kembali ke torque converter, tapi jangan salah, transmisi ini menggunakan 6 speed dengan teknologi sequential shifting yang diklaim perpindahan gigi yang lebih cepat setara dual clutch.

Selain di Filipina, versi turbo dari ZS ini sebelumnya sudah ada di Thailand dan Australia sejak September 2020 lalu. Sebenarnya dipasar Tiongkok, ada varian mesin 1.000 cc 3 silinder turbo yang memiliki tenaga sedikit lebih besar dibandingkan versi 1.500 NA yaitu 123 Ps, tapi dengan torsi yang jelas meningkat jauh di 175 Nm. Mesin 1.000 cc turbo juga dijual di Imggris yang merupakan negara asal MG sebelum dibeli SAIC Group tetapi dengan tenaga yang lebih kecil yaitu 109 Hp dan torsi 160 Nm.

 

Harga Reasonable Denagn Fitur Safety Komplit

Seperti yang dilaporkan dri AutoIndustriya, Presiden dan CEO MG Filipina, Atty Alberto B Arcilla menyebutkan bahwa kehadiran MG ZS T ini merupakan langkah MG Filipina dalam mewujudkan apa yang diingkan oleh para konsumen dinegara dengan fitur yang meningkat drastis serta mesin turbo yang bertenaga yang membuat keasikan berkendara yang lebih baik. MG ZS T sendiri dijual dengan harga 1.158.888 Peso atau kalau dirupiahkan menjadi sekitar Rp 325 jutaan.

Untuk varian sendiri, MG ZS T ini hanya tersedia dalam varian Trophy saja. Dan bila berbicara fitur safetynya juga tergolong komplit termasuk safety active-nya seperti Blind Spot Monitoring, Lane Change Assist, Hill Start Assist, Cornering Brake Control, Traction dan Stability Control, serta Rear Cross Traffic Alert. Bisa dibilang cukup komplit untuk ukuran dikelasnya. Patut dinantikan apakah varian turbo dari MG ZS ini akan masuk ke Indonesia?

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

error: Content is protected !!