Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Intip Gagahnya Off-Road Car Jeep Gladiator 2021

Jeep Gladiator 2021
Jeep Gladiator 2021

Jeep Gladiator 2021 memanjakan penggemar Jeep dan off-roader dengan pilihan truk off-road yang serbaguna dengan tampilan yang sangat keren.

Autos.id  –  Jeep belum menawarkan model dengan cargo bed sejak awal 90-an, tetapi dengan kehadiran Jeep Gladiator 2021, Jeep akhirnya memberi penggemar harapan akan mobil off-road yang keren dan berguna. Varian Gladiator terbaru ini mampu menarik lebih banyak muatan daripada rekan SUV lainnya. Selain itu, jarak sumbu roda yang lebih panjang juga membantunya melaju lebih baik. Namun, truk ini membutuhkan input kemudi reguler saat melaju di jalan raya agar tidak menyimpang. Seiring dengan mesin V-6 yang kuat dan transmisi stick-shift standar, Gladiator menawarkan opsi mesin diesel torsi hingga 601 Nm.

Dengan harga mulai dari Rp 520 jutaan, Jeep Gladiator 2021 menjadi salah satu pickup off-road terbaik dengan panel bodi yang dapat dilepas dan persona yang kokoh. Walaupun ia masih kalah dari Honda Ridgeline.

Performa Mesin dan Berkendara

Jeep Gladiator 2021 didukung oleh mesin 3.000cc EcoDiesel V-6 yang dapat menghasilkan tenaga maksimal 285 hp dan torsi 601 Nm yang disalurkan melalui transmisi manual 6-speed standar atau otomatis 8-speed. Dibandingkan dengan Wrangler biasa, Gladiator memiliki tambahan wheelbase 19,4 inci antara roda depan dan belakang. Jeep mengatakan penambahan tersebut membantu meningkatkan perjalanan dan penanganan pickup.

Mesin 3.000cc EcoDiesel V-6 Jeep Gladiator 2021

Mesin 3.000cc EcoDiesel V-6

Namun, kemudi Gladiator terbaru ini tidak terlalu presisi yang membuat pengemudi butuh kehandalan menyetir ekstra di permukaan yang tidak rata. Sebagian besar penggemar peduli dengan fitur truck off-road yang mencakup segala sesuatu mulai dari pelat selip yang berlebihan, rasio poros perayapan batu, hingga kemampuan untuk mengarungi air hingga 30-inci. Ground clearance yang sempurna dan sudut pendekatan/keberangkatan membantu Gladiator mampu menaklukkan bagian-bagian trek yang sulit sekalipun.

Ketika dalam kondisi performa bagus, Gladiator dapat menarik beban hingga 3.470 kg yang mengesankan. Bahkan versi terlemah Gladiator dapat menarik trailer seberat 1.814 kg. Sebagai perbandingan, Wrangler hanya dinilai untuk menarik hingga 1.587,5 kg. Pemilik Jeep ini yang ingin memuat cargo bed, Gladiator dapat membawa muatan antara 501,2 – 771 kg.

Interior dan Fitur Kenyamanan

Bagian dalam Jeep Gladiator 2021 terdiri dari dasbor tegak yang meniru Wrangler dan mendukung kontrol yang mudah digunakan. Detail fitur kenyamanan opsional lainnya meliputi tombol start waterproof, roda kemudi dan kursi depan berpemanas. Jeep mengatakan jarak sumbu roda truk yang lebih panjang meningkatkan ruang kaki kursi belakang dibandingkan Wrangler empat pintu.

Dashboard Jeep Gladiator 2021

Setiap model Jeep Gladiator 2021 memiliki layar touchscreen standar dalam dua ukuran 7,0 dan 8,4 inci yang disertakan dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Sistem stereo juga dapat ditingkatkan dengan subwoofer opsional dan speaker nirkabel portabel di belakang kursi belakang. Penumpang kursi depan akan disediakan beberapa port daya, yaitu dua USB, port USB-C, dan stopkontak 115 volt. Kabinnya memiliki beberapa tempat untuk menempelkan smartphone dan kompartemen praktis yang tersembunyi di bawah jok belakang. Kursi itu sendiri dapat diatur dengan berbagai cara dan kemudian dikunci dengan aman di tempatnya ketika mobil melewati trek yang ekstrem.

Selain itu, khusus pada model Overland, Jeep menawarkan koleksi detail premium yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan alami Gladiator. Semakin lengkap dengan jok berlapis kulit dan dasbor yang dibungkus dengan jahitan aksen. Selain itu, permukaan dasbor dengan sentuhan lembut dilengkapi dengan bezel, gagang, dan kenop krom platinum.

Interior Nyaman Pendukung Truk Off-road

Eksterior Tangguh Nan Berkelas

Gladiator juga memiliki panel bodi dan atap yang dapat dengan mudah dilepas sehingga menciptakan kabin terbuka. Seiring dengan cargo bed berukuran 152,4 cm, Gladiator dipenuhi dengan pilihan kompartemen penyimpanan yang menarik. Misalnya tersedianya sistem manajemen kargo Trail Rail dengan pengikat yang dapat disesuaikan dengan rel lintas tempat tidur truk dan keranjang kargo untuk menjaga semuanya tetap di tempatnya.

Jeep Gladiator 2021 semakin membuat barang-barang Anda aman dengan pemberian Tonneau Cover yang serbaguna dan murah dilepas-pasang. Terakhir ada tailgate yang bisa diatur dalam tiga posisi, yaitu tegak sepenuhnya, tegak setengah untuk menahan kargo sedang, atau rata sepenuhnya untuk mengangkut barang yang lebih panjang.

Cargo Bed Jeep Gladiator Serbaguna

Fitur Keselamatan dan Driver-Assistance

Meskipun Jeep Gladiator 2021 terbaru tersedia dengan beberapa teknologi driver-assistance, daftar fitur yang dimiliki jauh lebih sedikit daripada beberapa pesaing. Gladiator model Rubicon memiliki kamera depan yang berguna saat berkendara di jalan setapak atau di trek bebatuan. Adapun tetap kami rangkum fitur keselamatan utama yang meliputi model terbaru Gladiator ini, yaitu:

Fitur Keselamatan Jeep Gladiator 2021

Fitur Keselamatan Jeep Gladiator 2021

  • Cruise control adaptif dengan full stop yang secara otomatis menyesuaikan kecepatan mengemudi Anda untuk mempertahankan jarak aman dari kendaraan di depan.
  • Forward Collision Warning dengan Active Braking yang berguna ketika merasakan adanya potensi tabrakan dari arah depan.
  • Blind Spot Monitoring dengan sensor berbasis radar
  • Rear Cross Path Detection untuk memonitor kendaraan dan objek yang bergerak tegak lurus ke belakang kendaraan saat Anda memundurkan kendaraan.
  • ParkSense Rear Park Assist yang menggunakan sensor sonar di bumper belakang untuk mendeteksi halangan benda di belakang mobil.
  • ParkView Rear Back Up Camera yang bekerja dengan layar touchscreen Uconnect untuk memandu Anda saat Anda memundurkan kendaraan.
  • Sistem Trailer Sway Control untuk mendeteksi truk Anda bergoyang dan akan menerapkan tekanan rem ke masing-masing roda Gladiator untuk membantu kembali ke jalur yang benar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Jeep

Ini adalah warna kuning yang tidak mungkin bisa dilewatkan bagi para pecinta merk Jeep. Autos.id – Di antara banyak merk otomotif yang ada di...

Berita Otomotif

Secara mengejutkan, Jeep putuskan menutup pabrik di Tiongkok. Autos.id – Jeep milik Stellantis telah mengambil keputusan untuk menutup satu-satunya pabrik di Tiongkok karena meningkatnya...

Berita Otomotif

Secara umum, para produsen mobil cenderung merahasiakan hal-hal yang berkaitan dengan persaingan. Umumnya para produsen mobil akan cukup mengatakan “yang terbaik dari kelasnya” atau...

Berita Otomotif

Kurang dari 24 jam setelah Jeep membocorkan detail awal tentang mesin bensin inline-enam silinder mereka tersebut. Mesin motor Hurricane twin-turbo langsung membuat debut penuh...