Connect with us

Hi, what are you looking for?

Mobil

5 Tips Modifikasi Knalpot Mobil, Suara Gahar Tenaga Meningkat Bukan Berisik Doang

Autos.id- Jakarta. Kalau ngomongin modifikasi mobil, tim Autos.id yakin exhaust system alias sektor knalpot jadi salah satu bagian yang paling sering dilirik dan jarang ketinggalan.

Ya, selain bisa kasih kesan mobil tambah gahar dengan suara yang khas dan merdu upgrade sistem knalpot juga bisa mendongkrak performa mobil.

Tapi jangan salah, Sobat Autos.id jangan sembarangan atau asal ganti knalpot mobil karena salah-salah bisa bisa bikin tenaga menurun (loyo) dan bikin boros bahan bakar.

Beberapa waktu lalu, tim Autos.id sempat datangi salah satu bengkel knalpot yang legend banget nih karena sudah ada sejak tahun 1990an silam yaitu Brayan Knalpot.

“Ganti atau bisa disebut modif knalpot ya jangan asal, nih ya bisa bikin boros banget terus bisa bikin tenaga justru turun. Jadi, sesuaikan sistem, ukuran dan racikan spek knalpot dengan kapasitas mesin dan pakainya di mana,” ujar Udin, owner Brayan Knalpot, Cibubur, Jakarta Timur.

Untuk itu, berikut tips singkat buat Sobat Autos.id yang pengen modifikasi knalpot mobil kesayangan.

1. Sesuaikan selera dengan penggunaan

Hmm.. gimana maksudnya? Misalnya selera kalian mobil yang bersuara gahar berkarakter kering dan kencang saat pedal gas diinjak. Namun, kalian masih menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan harian dan tinggal atau sering keluar masuk komplek perumahan.

Otomatis kalian mungkin bisa ditegur tetangga, atau sekedar mendapat cibiran dan lirikan tajam kalau mobil kalian melintas. Pilih karakter suara yang masih terdengar sopan jika kalian dalam posisi ini Sobat!

Beda lagi kalau mobil kalian hanya untuk balap, seberisik apapun menyesuaikan spesifikasi mesin sih enggak masalah namanya di Sirkuit, ya kan?

2. Ganti knalpot untuk mobil daily, enggak ingin terlalu berisik? 

Kalau mobil kalian sebagai “kaki” tapi ingin sedikit lebih bersuara gahar, kalian bisa ganti knalpot pada bagian mufflernya saja.

Muffler apa sih? Itu loh bagian atau tabung paling ujung yang posisinya tepat di bawah bumper belakang.

Pada posisi tabung standart berfungsi memberikan peredaman lebih maksimal setelah resonator, kalian bisa ganti tabung standart dengan tabung yang lebih bersuara, atau sering disebut “Racing”.

“Kalau mobil harian, saran saya mufflernya aja. Kalau suka suara ngebass, bulet, adem enggak sakit dikuping bisa pilih tabung berukuran agak besar dan panjang karena glasswoolnya banyak. Tapi kalau suka yang sedikit keras dan kering, bisa pakai tabung berukuran tidak terlalu besar, tidak terlalu panjang,”tambah Udin, dengan logat khas Banyumasnya.

3. Ingin lebih bersuara gahar, coba ganti resonator

Kalau setelah ganti muffler kalian kurang “klik” dengan suaranya, kalian bisa ganti resonator Sobat!  Ituloh, tabung yang berada di tengah-tengah kolong mobil.

“Masih kurang srek ganti muffler doang? Ya ganti resonatornya, pakai resonator racing atau Scoot. Itu suaranya enak, enggak terlalu berisik tapi dari RPM bawah sampai atas suaranya ada dan mesin juga sedikit lebih enteng,” seloroh cowok ramah ini saat tim Autos.id wawancarai.

4. Mau full spek, suka injak gas tipis-tipis atau ikut event balap juga? 

Nah kalau kalian mobilnya sudah tidak digunakan daily, atau mungkin telinga kalian tahan dengan suara keras dan kejar performa bisa modifikasi knalpot full spek Sobat!

Full spek atau full system exhaust terdiri dari : Header atau downpipe, pipa knalpot, resonator dan muffler.

“Nah kalau suka suara keras dan suka iseng ngebut bisa full spek. Tapi jelas suara berisik banget, bisa ganti headernya tuh jadi 4-2-1 atau 4-1. Terus piping juga bisa digedein misalkan jadi 1,8 inch bahkan 2 inch atau lebih tergantung cc mesin mobil. Resonator bisa ganti atau copot sekalian, muffler pakai sesuai selera atau copot jadi free flow aja alias full ngeloss dari depan sampai belakang. Tapi kalau ditilang Polisi atau diomelin tetangga, saya tidak ikutan ya hehe,“tawa cowok yang akrab disapa bang Udin ini.

5. Awas salah racikan bikin boros dan tenaga loyo!

Penting diperhatikan nih point ke lima ini, jika Sobat Autos.id modifikasi knalpot mobil baiknya konsultasi dahulu dengan mekanik bengkel knalpot atau kerabat yang lebih mengerti.

Jangan sampai malah bikin boros, atau justru tenaga mobil loyo. Salah satu faktornya adalah tidak sesuai antara spesifikasi ukuran dengan kapasitas mesin mobil.

“Ooo iya bisa ngaruh, pertama bisa bikin tenaga loyo. Contoh ya, mobil 1.500cc standart, pipa ganti yang 2 inch atau lebih terus resonator copot dan muffler kegedean ya cuma suara berisik doang tapi diajak ngebut mobilnya lelet. Begitupun sebaliknya, jika mobil cc besar misal 2.000 ke atas, pipa asal ganti jadi ukuran lebih kecil dari aslinya ya bikin lemot dan boros bisa,“tunjuk bang Udin sembari mengelas knalpot.

“Satu lagi, namanya ganti knalpot dari standart ke racing konsekuensinya pasti konsumsi bahan bakar lebih banyak. Tapi enggak terlalu tinggi bedanya, karena ada part-part standart yang berfungsi sebagai pengatur CO dan gas buang salah satunya Catalic yang sering dicopot kalau modifikasi knalpot, itu dampak negatifnya kalau positifnya ya akselerasi dan performa mobil lebih gesit hehe,“tutupnya kami temui di Brayan Knalpot, Cibubur, Jakarta Timur.

Nah Sobat Autos.id, itu dia sedikit tips buat kalian yang mau ganti atau modifikasi knalpot. Jadi jangan sampai mengganggu orang, tidak sesuai penggunaan dan pastinya jangan asal berisik doang tapi tenaga loyo ya.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.

Baca Juga

Mobil

  Autos.id- Jakarta, Halo Sobat Autos, jika pada artikel sebelumnya kami sudah sharing sedikit tips ganti atau modif knalpot, kali ini kita mau kasih...

Tips

Last updated on 31 Mei, 2024 Knalpot sepeda motor yang berkarat ada penyebabnya, namun juga ada tips mengatasinya. Autos.id – Knalpot sepeda motor merupakan...

Aksesoris

Dua knalpot terbaru untuk sepeda motor Aprilia Tuareg 660 di tahun 2022 mendapat dengan sentuhan retro Autos.id  – Seri kelas menengah Aprilia yang dibangun...

Tips

Ganti knalpot merupakan cara paling mudah dan ringkas untuk mendongkrak performa mesin mobil. namuna da hal yang perlu diperhatikan sebelum ganti knalpot mobil. Jakarta,...

Exit mobile version