Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Pameran GIICOMVEC untuk Kendaraan Komersial Ikut Jaga Tumbuhnya Pasar Truk Tanah Air

Last updated on 7 Agustus, 2023

Pameran GIICOMVEC yang diadakan GAIKINDO merupakan bentuk dukungan untuk menjaga geliat pasar kendaraan komersial yang terus menunjukan tren positif.

Jakarta, Autos.id – Indonesia merupakan negara dengan mobilitas kendaraan komersial yang sangat tinggi.Hal ini disebabkan tingginya permintaan komoditas baik migas dan non-migas, serta aktivitas pembangunan infrastruktur yang mengandalkan truk.

Dari catatan GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) tercatat kenaikan antara dari 9% (Gross Vehicle Weight <5 ton) hingga 103% (GVW > 24 ton), Hal inin sangat berpengaruh pada peningkatan permintaan pada kendaraan komersial.

Untuk tahun 2017 saja, jumlah penjualan kendaraan komersial di Indonesia mencapai angka lebih dari 80 ribu unit hingga Oktober ini.Untuk mendukung potensi yang ada pada segmen komersial ini, maka GAIKINDO akan mengelar pameran khusus untuk kendaraan komersial yakni GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018, pada 1 – 4 Maret 2018, di Jakarta Convention Center (JCC).

GAIKINDO Siapkan Pameran Khusus Buat Truk

Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO mengungkapkan tumbuhnya industri kendaraan komersial Indonesia, perlu didukung regulasi yang seiring dengan kemajuan sehingga pasar potensial ini terus bergerak.

“Kami percaya, industri otomotif Indonesia ke depannya akan terus tumbuh dan berkembang. Kondisi pasar yang luas dan penyesuaian regulasi bisa memberikan stimulus yang positif. Khususnya industri kendaraan komersial, dimana angka penjualan 80 ribu unit per tahun sangat menjanjikan kemajuan ekonomi,” tukasnya.

Nangoi menjelaskan kenaikan tersebut berasal dari tumbuhnya infrastuktur Indonesia, membaiknya harga komoditas industri migas serta non-migas, hingga pertumbuhan kawasan industri yang cukup pesat, dimana menurut data Kementerian Perindustrian Indonesia saat ini 73 kawasan industri telah beroperasi di Indonesia.

Pameran Truk GAIKINDO

Dalam hal ukuran pasar, dengan luasan dan pertumbuhan pesat di berbagai sektor, termasuk infrastruktur dan industri, Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri kendaraan komersial.

Menurut Kementerian Perindustrian Indonesia, beberapa kawasan industri di Tanah Air telah siap diisi oleh investor dan didukung dengan fasilitas penunjang seperti pelabuhan dan infrastruktur lainnya. Kawasan tersebut terbentang mulai dari areal Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi. KEMENPERIN juga mencatat, mulai tahun 2017-2020 sudah ada 89 proyek investasi dengan nilai mencapai hingga Rp 527,5 Triliun. Data ini menunjukan peluang besar bagi industri ini untuk tumbuh semakin besar.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Berita Otomotif

Jumlah ini menjadi yang terbanyak sejak pelaksanaan GIIAS dalam 8 tahun terakhir Jakarta, Autos.id  – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan kembali...

Berita Otomotif

GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 Sukses Adakan Pagelaran berbeda konsep Autos.id – GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 kali ini sukses berat. Gaikindo sebagai...

Berita Otomotif

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 mendapat dukungan dan arahan Kementerian Perindustrian Jakarta, Autos.id  – GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 akan hadir selama 10...

Berita Otomotif

Lebih dari 60 merk peserta otomotif, semakin lengkap dengan sajian ragam produksi lifestyle Jakarta, Autos.id – GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 yang diprakarsai...

error: Content is protected !!