Salah satu produsen mesin ternama, Cosworth, mengecilkan peluang kembali ke ajang Formula 1.
Inggris, autos.id – Cosworth mengakui bahwa “tidak mungkin” untuk kembali ke Formula 1 sebagai pemasok mesin independen, dan membutuhkan dukungan eksternal untuk kembali menggunakan peraturan mesin baru.
Perusahaan berbasis Inggris itu terlibat dalam diskusi untuk membentuk kembali peraturan mesin yang diharapkan akan dirancang pada akhir tahun, dan sangat ingin berlomba di F1 jika memungkinkan.
Tapi hal tersebut memerlukan investasi baik dari produsen atau sponsor untuk membuatnya layak secara finansial sekaligus agar Cosworth bisa kembali ke F1 untuk pertama kalinya sejak 2013.
“Pertama, kami senang berada di sana,” kata managing director powertrain Cosworth, Bruce Wood, dalam sebuah wawancara di panggung utama di Autosport internasional, dilansir f1.com (24/1/2018).
“Seperti kabar yang beredar, memang kami telah terlibat dalam diskusi saat ini.
“Dari mana kami melihatnya dari awal adalah bahwa tidak mungkin Anda akan melihat Cosworth yang benar-benar independen dengan filosofi ‘jika Anda membangunnya, mereka akan datang’.
“Itu tidak mungkin karena menurut saya ekonomi sudah berubah dan lebih sulit. Kami tentu berharap berada di sana dan bermitra dengan OEM kecil yang bersedia membuat peraturan baru terutama komitmen finansial lebih kecil untuk masuk ke F1.”
Cosworth adalah salah satu dari sejumlah perusahaan, termasuk Aston Martin, yang mengevaluasi sebuah mesin untuk peraturan baru yang sedang direncanakan.
Diharapkan dengan menurunkan biaya merancang dan memproduksi mesin, akan lebih mudah dan murah bagi perusahaan untuk terlibat dalam F1, dengan kemungkinan penghapusan pemulihan energi berbasis panas di satu area dimana uang akan didapat.
“Bukan rahasia lagi bahwa tingkat teknologi yang ada di F1 saat ini cukup mahal, bahkan bagi Cosworth dengan latar belakang yang baik, ada banyak perbedaan yang bisa menyulitkan situasi.
“Pemulihan energi panas akan membutuhkan puluhan juta investasi. Aturan-aturan seperti yang diusulkan akan secara teknis memfasilitasi Cosworth kembali ke dalamnya dan akan menurunkan penghalang biaya untuk masuk ke titik di mana ada lebih banyak OEM, atau bukan produsen mobil tapi sponsor lainnya, lihat Formula 1 sebagai sesuatu untuk memasukkan anggaran.”
Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.