Mobil

Suzuki Akui Sulit untuk Datangkan Dua Mobil Ini ke Indonesia

Jika kita melihat mobil-mobil Suzuki, baik yang masih dijual atau sudah tak lagi dijual, tidak sedikit produk globalnya yang hadir di Indonesia, meski tidak semuanya bisa bertahan lama. Kendati begitu, artinya Suzuki mampu untuk menjual produk globalnya di tanah air. Tapi di balik fakta tersebut, Suzuki mengaku saat ini ada dua mobil yang sulit untuk didatangkan ke Indonesia.

Jakarta, Autos.id – Dua mobil yang menurut Suzuki sulit untuk didatangkan ke Indonesia, sebenarnya bukanlah produk yang dijual untuk pasar global, melainkan mobil yang dirakit oleh Maruti Suzuki untuk pasar India. Kedua mobil tersebut adalah New Wagon R dan Vitara Brezza.

Seperti yang kita tahu, New Suzuki Wagon R baru saja dirilis di India sekitar dua pekan lalu. Sementara Vitara Brezza, memang bukan merupakan mobil yang benar-benar baru di sana. Tapi, Vitara Brezza adalah salah satu tulang punggung penjualan Maruti Suzuki, karena mobil ini terbilang laku keras di India.

Berkaca dari situ, bisa kita katakan bahwa dua mobil tersebut merupakan produk yang bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Hal tersebut semestinya bisa mempengaruhi Suzuki Indonesia untuk membawa New Wagon R dan Vitara Brezza ke sini. Apalagi, pasar LCGC di Indonesia masih cukup menjanjikan, dan segmen crossover juga sedang mengalami peningkatan yang pesat.

Suzuki Wagon R baru, juga sulit untuk dibawa ke Indonesia (Foto: Indianautosblog)

Sayangnya, meski memiliki prospek pasar yang terlihat menjanjikan, namun Suzuki mengaku sulit untuk membawa New Wagon R dan Vitara Brezza ke Indonesia. Dengan kata lain, New Suzuki Wagon R dan Vitara Brezza memiliki peluang yang kecil untuk bisa dijual di Indonesia.

“Sepertinya sulit untuk bisa menjual New Karimun Wagon R dan Vitara Brezza di Indonesia. Soalnya, dua mobil tersebut adalah produk yang dirancang dengan menyesuaikan selera dan karakter konsumen di India. Dengan begitu, jelas akan sulit bagi kami untuk bisa memboyong kedua mobil tersebut ke sini,” ujar Harold Donnel, Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT SIS.

Kendati mengaku sulit untuk mendatangkan New Wagon R dan Vitara Brezza, namun Suzuki mengatakan tidak tertutup kemungkinan kalau mereka bisa menjual dua mobil tersebut ke tanah air. Tapi, mereka juga tak memungkiri kalau kemungkinan terealisasinya sangat kecil.

“Kami rasa sangat kecil peluang kami untuk bisa mendaratkan New Wagon R dan Vitara Brezza ke Indonesia. Karena supaya bisa menjual mobil tersebut di sini, tentunya kami harus melakukan studi, dan melakukan banyak penyesuaian supaya mobil-mobil tersebut bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Makanya, kalaupun itu bisa terwujud, maka itu akan terjadi dalam waktu yang cukup lama,” kata Harold Donnel sembari mengakhiri pembicaraan.

Baca juga: Suzuki Beri Penjelasan Soal Berhentinya Penjualan Grand Vitara

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top