Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Merawat Jok Berbahan Kulit Itu Mudah dan Sederhana

Bersihkan Jok Mobil

Banyak alasan kenapa orang melapisi jok mobilnya dengan bahan kulit. Selain karena dianggap mampu meningkatkan kesan mewah pada kabin, jok kulit juga dinilai lebih mudah dibersihkan dan lebih nyaman saat diduduki. Meski memiliki banyak kelebihan, namun bukan berarti jok kulit bisa bebas dari yang namanya masalah. Supaya bisa terhindar dari masalah, maka kita perlu mengetahui cara merawat jok berbahan kulit yang benar.

Jakarta, Autos.id – Masalah yang umumnya terjadi pada jok berbahan kulit adalah warnanya yang menjadi kusam, hingga robek. Selain karena usia pakai, biasanya masalah-masalah tersebut muncul karena kelalalian kita dalam melakukan perawatan.

Pastinya Anda tidak ingin jok kulit mobil Anda mengalami hal-hal yang tidak mengenakkan tersebut. Supaya hal buruk tersebut tidak terjadi pada jok kulit mobil Anda, tentu saja Anda harus lebih memperhatikan perawatannya. Karena jika jok kulit mobil kita sudah mengalami masalah, maka dibutuhkan uang yang tidak sedikit untuk memperbaiki bahkan menggantinya.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kunci utama untuk menjaga keawetan jok berbahan kulit ialah perawatannya. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan pada jok berbahan kulit adalah membersihkannya. Untuk membersihkan jok kulit, tentu saja diperlukan cairan pembersih.

Bersihkan Jok Kulit

Jangan gunakan kain kasar saat membersihkan jok berbahan kulit

Pemilihan cairan pembersih adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jok kulit. Untuk membersihkan jok kulit, yang kita butuhkan adalah pembersih berbentuk pasta. Kenapa begitu? Karena penggunaan pembersih berbahan air bisa menyebabkan kulit menjadi lebih cepat rusak dan risiko timbulnya jamur juga cukup besar. Selain berbentuk pasta, pilihlah pembersih yang mengandung pelembab agar jok kulit terlindung dari risiko pecah-pecah.

Saat melakukan pembersihan, pastikan Anda tidak mengerjakannya dengan menggunakan kain kasar karena itu bisa mengabrasi kulit. Supaya hasilnya lebih maksimal, jok yang dilapisi kulit baru sebaiknya diberikan leather coating terlebih dahulu sebagai perlindungan tambahan. Saat ini sudah tersedia produk leather coating di pasaran, tapi sayangnya masih sebatas untuk kulit baru, atau bukan yang sudah dipakai beberapa lama.

Kemudian, hindari untuk memarkir mobil Anda di tempat terbuka. Jangan memarkir mobil di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari langsung karena pengaruh panasnya bisa membuat jok kulit menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah.

Terakhir, jangan menaruh brosur dan kertas di atas jok kulit. Meski kelihatannya sepele, tapi jika dilakukan, meletakkan brosur atau kertas yang ada tulisannya di atas jok kulit, jika brosur atau kertas itu basah, tulisan yang ada di brosur atau kertas tersebut pindah dan tercetak di jok, dan pastinya itu akan membuat kabin mobil jadi kurang sedap dipandang.

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mencuci Mobil

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Berikut cara bersihkan jok kulit pada mobil Anda agar selalu tampil maksimal. Dan ternyata prosesnya jauh lebih mudah dibanding jok berbahan lain. Jakarta, Autos.id...

Aksesoris

Last updated on 7 Maret, 2022 Accura Lizio merupakan pelapis jok mobil berbahan kulit sintetis yang memiliki pori-pori sehingga bisa melepas panas lebih baik...

error: Content is protected !!