Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Sederet Fakta Menarik dan Penting Tentang Wiper Mobil

Wiper Mobil

Selama ini, kita hanya mengenal wiper sebagai alat yang berfungsi untuk menyapu air yang ada di kaca depan dan belakang mobil. Tapi ternyata, masiih ada sederet fakta menarik dan penting tentang wiper mobil yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Jakarta, Autos.id – Wiper akan menjadi alat yang sangat penting saat kita berkendara di cuaca hujan. Karena dalam kondisi itu, wiper akan bekerja untuk menyapu air yang jatuh ke kaca depan atau belakang mobil, dan membuat visibilitas ke dua arah tersebut jadi tetap normal.

Meskipun bisa menjaga visibilitas ke depan atau belakang tetap normal, namun bisa saja wiper tidak bekerja secara maksimal, biasanya, itu terjadi karena elastisitas karet wiper sudah menurun. Jika sudah begitu, air yang ada di tidak tersapu dengan sempurna, yang menyebabkan menurunnya jarak pandang.

Selain berfungsi untuk menyapu air di kaca dan elatisitasnya dapat menurun yang biasanya disebabkan karena usia pakai, ternyata masih ada fakta-fakta yang menarik dan penting tentang wiper mobil, yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Wiper memiliki fungsi utama untuk menyapu air yang ada di kaca

Jika Anda berniat untuk mengganti wiper, sebelum memutuskan mengganti bilah wiper, cek dulu lapisan minyak pada permukaan kaca yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor. Bila sekaan bilah wiper tetap tidak maksimal setelah kaca dibersihkan, segera ganti bilah wiper dengan yang baru.

Jika ingin mengganti bilah wiper, pastikan berat dan panjangnya sesuai dengan ukuran standar mobil. Pastikan bracket (dudukan) bilah wiper yang baru disesuaikan dengan model penghubung batang wiper standar. Ukuran yang berbeda jauh membuat kinerja bilah wiper tidak optimal untuk memberikan visibilitas menyeka air hujan.

Bersihkan bilah wiper setiap dua kali seminggu dengan sampo mobil untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang menempel pada bilah wiper. Jangan sekali-kali menggunakan cairan pelembab karet atau cairan silikon untuk menjaga kelembaban karet bilah wiper. Memang karet bilah wiper terjaga kelenturannya, namun ketika diseka bisa menyebabkan lapisan minyak pada permukaan kaca dan mengganggu visibilitas saat berkendara di cuaca hujan.

Karet bilah wiper sekarang sudah dirancang tahan terhadap panas dari kaca mobil untuk menjaga kelenturan karet wiper. Oleh sebab itu, mengangkat batang wiper saat parkir tidaklah disarankan karena akan membuat per pada batang wiper jadi melar.

Baca juga: Kebiasaan yang Dapat Membuat Ban Mobil Cepat Botak

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Mobil

Menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini, sangat penting untuk merawat serta rutin mengganti wiper mobil ini agar bisa terus berfungsi secara optimal dan membuat...

Tips

Memilih wiper mobil yang tepat tentu akan dapat membantu menyapu air hujan dengan sempurna di kaca mobil sehingga tidak mengganggu pandangan pengemudi. Jakarta, Autos.id...

Tips

Last updated on 15 Agustus, 2023 Mengganti karet wiper mobil bukan perkara sulit, namun kalau tidak dilakukan bisa membuat kaca mobil bagian depan baret...

Tips

Last updated on 18 November, 2021 Merawat wiper mobil agar selalu dalam kondisi optimal tentu akan membantu pengemudi mendapatkan pandangan yang jelas saat berkendara...

error: Content is protected !!