Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Mengenal Fitur Overdrive yang Ada di Transmisi Otomatis

Tombol overdrive umumnya menyatu dengan tuas transmisi

Anda mungkin tidak asing dengan yang namanya overdrive. Fitur ini hanya terdapat pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Lantas, seberapa jauh Anda mengenal fitur overdrive yang ada di transmisi otomatis?.

Jakarta, Autos.id – Sekadar mengingatkan lagi, fitur overdrive hanya berbentuk tombol yang terdapat di tuas transmisi. Maka itu, jika kita ingin menggunakan overdrive, maka kita hanya perlu menekan tombolnya saja, dan fitur ini pun langsung bekerja.

Tapi, fitur overdrive ini hanya ditemukan pada mobil yang menggunakan transmisi otomatis konvensional non tiptronic alias tanpa mode pindah gigi manual. Makanya jangan heran kalau fitur overdrive ini juga banyak ditemukan pada mobil-mobil yang sudah berusia di atas 10 tahun.

Karena bukan merupakan suatu fitur atau teknologi yang baru, maka semestinya sudah banyak yang mengetahui tentang seluk beluk fitur overdrive. Tapi buat yang masih belum paham betul tentang seperti apa dan bagaimana cara kerja overdrive, maka kami akan beri sedikit penjelasannya.

Nissan Grand Livina 2012

Nissan Grand Livina adalah salah satu mobil yang mempunyai fitur overdrive

Overdrive transmisi otomatis berada di gigi paling akhir atau final gear yang fungsinya untuk memberi rasio gigi kecil saat mobil melaju di kecepatan tinggi. Dampak yang diberikan dari penggunaan overdrive adalah konsumsi bahan bakar bisa jadi lebih efisien ketika melaju di kecepatan tinggi dan konstan dengan putaran mesin rendah.

Seperti yang sudah disebutkan di awal, untuk mengaktifkan fitur overdrive, kita hanya perlu menekan tombolnya saja, pun demikian jika kita ingin mematikannya. Ketika overdrive dimatikan, akan muncul tulisan OD/OFF berwarna kuning di panel instrumen.

Untuk transmisi otomatis tipe gate, mematikan fitur overdrive tidak hanya bisa dilakukan dengan memencet tombolnya, tapi juga dengan menggeser tuas ke D3. Fungsinya adalah untuk menurunkan transmisi ke gigi tiga sehingga bisa mendapat tenaga dan torsi instan saat dibutuhkan tanpa harus melakukan kick down. Contohnya ketika saat kita melewati tanjakan yang landai dan cukup panjang.

Toyota All New Innova

Pada mobil yang menggunakan transmisi model gate, mematian overdrive bisa dilakukan dengan menggeser tuas ke D3

Kita bisa menonaktifkan overdrive untuk memberikan tenaga yang optimal agar mobil bisa menanjak dengan loss power yang minim. Bisa juga berguna ketika  sedang melewati pegunungan sehingga transmisi bisa dibatasi sampai gigi tiga dan tidak naik otomatis.

Atau bisa juga saat di perkotaan dengan kondisi stop and go, overdrive dimatikan untuk menjaga transmisi bermain di rasio gigi yang besar. Untuk alasan keamanan overdrive bisa dimatikan saat melewati turunan untuk memberikan efek engine brake, namun tetap harus dengan bantuan tenaga rem.

Baca juga: Penyebab Terjadinya Pecah Ban Saat Mobil Berjalan

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Tips

Jika dibandingkan dengan yang menggunakan transmisi manual, mobil bertransmisi otomatis memang lebih boros dalam hal konsumsi BBM. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara...

Tips

Sama halnya seperti transmisi manual, mobil bertransmisi otomatis juga mempunyai gigi rendah. Tapi pertanyaan mendasarnya adalah, apakah penggunaan gigi rendah pada mobil bertransmisi otomatis...

Tips

Di tengah terus berkembangnya teknologi transmisi otomatis, namun hebatnya, transmisi otomatis konvensional masih mampu bertahan sampai hari ini. Bahkan transmisi otomatis konvensional masih banyak...

Tips

Ada dua jenis transmisi otomatis yang populer saat ini, yakni yang berteknologi konvensional dan CVT. Kedua jenis transmisi tersebut tentunya punya cukup banyak perbedaan....

error: Content is protected !!