Reviews

Jangan Salah Sangka dengan Mercedes-Benz V 260 XLWB

Melihat perawakannya yang panjang dan besar, mungkin jadi banyak yang menyangka kalau Mercedes-Benz V 260 bukanlah sebuah MPV yang nyaman untuk dikendarai. Setelah kami mencoba mobil ini, kami ingin mengatakan pada Anda untuk jangan salah sangka dengan Mercedes-Benz V 260.

Jakarta, Autos.id – Dua bulan setelah peluncurannya di Indonesia, pada beberapa waktu lalu, kami mendapat kesempatan untuk menjajal Mercedes-Benz V 260. Unit tes yang kami pakai saat itu adalah V 260 XLWB, yang panjangnya mencapai 5,3 m.

Mengingat dimensinya yang panjang dan besar, awalnya kami sempat sangsi dengan Mercedes-Benz V 260 XLWB. Kami sempat mengira kalau mobil ini tidak nyaman untuk dikendarai, dan sulit untuk melakukan manuver. Tapi ternyata, semua dugaan kami salah.

Besarnya dimensi Mercedes-Benz V-Class tidak hanya terlihat dari luar saja. Karena ketika kami sudah duduk di bangku pengemudi, aura mobil besar masih sangat terasa. Itu karena Mercedes-Benz V 260 memiliki visibiltas ke depan yang sangat lapang, dan posisi mengemudinya juga tinggi.

Panjang Mercedes-Benz V 260 XLWB mencapai 5,3 m

Sebelum menjalankannya, tentu saja kami mengatur dulu posisi mengemudi yang ideal. Tidak sulit untuk menemukan posisi mengemudi yang ideal pada Mercedes-Benz V 260 XLWB, karena mobil ini memiliki pengaturan setir yang lengkap. Bukan cuma itu, setirnya yang berada di posisi yang simetris juga menambah kenyamanan posisi mengemudi pada Mercedes-Benz V 260 XLWB.

Mercedes-Benz V 260 XLWB dipersenjatai dengan mesin bensin berkpasitas 1.991 cc empat silinder dengan turbocharged yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 211 dk pada 5.500 rpm, dan torsi 350 Nm yang terbentang dari 1.400 – 4.000 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan transmisi otomatis tujuh percepatan. Bagaimana performa mesin tersebut saat menjalankan mobil berbodi bongsor ini?

Sejak awal menjalankannya, muntahan tenaga di putaran bawahnya terasa halus. Ketika mesin bermain di putaran yang lebih tinggi, saluran tenaganya juga masih halus. Halusnya rasa berkendara pada Mercedes-Benz V 260 tidak hanya disebabkan karena kinerja mesinnya, tapi juga transmisinya bekerja secara halus dan cepat.

Mercedes-Benz V 260 XLWB punya radius putar yang kecil

Ketika kami menginjak pedal gas lebih dalam untuk berakselerasi lebih cepat, mesinnya mampu memberikan tenaga yang instan. Dengan kata lain, akselerasi Mercedes-Benz V 260 terasa natural karena semburan tenaga yang diberikannya sesuai dengan dalamnya injakan pedal gas.

Lantas saat kami membawanya bermanuver mengelilingi bundaran dengan kecepatan yang sedikit tinggi, tidak ada gejala limbung yang terasa, mobil seolah tetap diam, dan momentum yang ada saat itu juga tidak menggerakkan badan pengemudi.

Satu hal lagi yang menambah kekaguman kami pada Mercedes-Benz V 260 XLWB adalah radius putarnya yang kecil. Hal itu jelas merupakan sebuah nilai lebih buat V 260 XLWB karena dengan radius putar yang kecil, maka mobil ini bisa melakukan putar balik, parkir, dan melewati jalan atau belokan yang sempit dengan cukup mudah.

Interior Mercedes-Benz V 260 XLWB

Seusai mencobanya, kami pun berani bilang kalau Mercedes-Benz V 250 XLWB adalah sebuah MPV mewah yang menyenangkan untuk dikendarai. Maka itu, apabila Anda berminat untuk membelinya, maka bukanlah hal yang salah jika sesekali Anda mengendarainya sendiri karena mobil ini punya keasyikan berkendara yang baik, dan performanya juga memuaskan.

Tertarik dengan Mercedes-Benz V 260 XLWB? Jika iya, maka Anda harus menyiapkan dana lebih dari Rp 1,5 miliar. Sebab, Mercedes-Benz V 260 XLWB mempunyai harga off the road di angka Rp 1,429 miliar. Kalau harga bukanlah masalah tapi Anda menganggap dimensi Mercedes-Benz V 260 ini terlalu panjang, maka ada solusi lain untuk Anda.

Buat Anda yang merasa kalau dimensi Mercedes-Benz V 260 XLWB ini terlalu panjang, Anda bisa melirik V 260 LWB. Mercedes-Benz V 260 LWB memiliki panjang 5,1 m, alias 0,2 lebih pendek dari versi XLWB. Menariknya lagi, Mercedes-Benz V 260 LWB mempunyai harga yang Rp 10 juta lebih murah dari varian XLWB.

Selain lebih murah, jika Anda membeli Mercedes-Benz V 260 LWB, maka Anda akan mendapatkan fitur panoramic sliding roof yang tidak ditemukan pada V 260 XLWB. Jadi, varian V 260 yang mana yang lebih cocok dengan Anda? Silakan Anda pertimbangkan sendiri.

Baca juga: MINI Cooper S Countryman Rakitan Lokal yang Rapi

COMMENT
1 Comment

1 Comment

  1. ergfir nolikz

    January 9, 2019 at 9:38 pm

    I really treasure your work, Great post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top