Connect with us

Hi, what are you looking for?

Berita Otomotif

Hino Beri Dukungan Penuh untuk Kegiatan Riset Mobil Listrik

Logo Hino

Era mobil listrik sudah di depan mata. Selain para agen pemegang merek (APM) yang sudah mulai gencar memperkenalkan mobil atau motor listrik kepada masyarakat luas, produsen otomotif di dalam negeri pun juga telah memperlihatkan kesiapannya untuk memproduksi kendaraan listrik. Tapi pastinya, mereka membutuhkan dukungan yang kuat untuk dapat merealisasikannya.

Autos.id – PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) melakukan kerjasama dengan Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia (UI) dalam hal penelitian dan pengembangan mobil listrik. Kerja sama khususnya melalui penggunaan alat ukur kinerja kendaraan listrik, yang diserahkan sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Tidaklah mengherankan jika Hino mau melakukan kerjasama ini untuk melakukan riset dan pengembangan mobil listrik. Pasalnya, Hino sendiri sudah mempunyai bus listrik, yang mana kendaraan itu sudah menjadi transportasi umum di negara asalnya, Jepang.

“Di era modern seperti ini, mobilitas manusia menjadi semakin tinggi dengan berbagai moda trasportasi yang dipergunakan, belum lagi transportasi untuk keperluan logistik barang dan jasa yang juga seiring meningkat. Alat transportasi pastinya membutuhkan sumber energi yang juga secara linier terus meningkat kebutuhannya, sedangkan ketersediaanya semakin terbatas serta proses explorasinya semakin sulit dan mahal.”

Kunjungan Hino Indonesia ke Universitas Indonesia

“Itulah kondisi saat sekarang yang sangat serius dihadapi oleh bangsa Indonesia yang sepenuhnya masih mengandalkan ketergantungan pada sumber energi yang berasal dari fosil minyak bumi,” ujar Kazushi Ehara, Presiden Direktur PT. Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), dalam keterangan resmi Hino.

Pemerintah Indonesia sangat serius dalam hal pengelolaan energi untuk kehidupan dimasa mendatang, melalui pemberlakukan beberapa peraturan perundang-undangan seperti Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN). Rencana pengembangan mobil listrik di Indonesia adalah salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan kapada bahan bakar yang berasal dari fosil minyak bumi.

Setelah melakukan serah terima kepada Dr. Ir. Hendri D.S Budiono M.Eng, Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Ehara dan rombongan melakukan kunjungan kebeberapa fasilitas laboratorium Departemen Teknik Mesin dengan menitipkan pesan agar Universitas Indonesia selalu menghasilkan Sarjana Teknik yang handal, update dengan perkembangan teknologi serta mampu menjadi bagian dan pelaku revolusi industri ke empat.

Baca juga: Tim Pengembang Sangat Antusias Ciptakan Mobil Listrik

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Mobil

Last updated on 22 April, 2024 Autos.id – Selain GAC Aion Y Plus, pabrikan otomotif asal Tiongkok yang sudah bekerja sama dengan Indonesia juga...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Meningkatnya eksistensi kendaraan listrik di Indonesia, terus mendorong minat masyarakat untuk beralih kepada jenis kendaraan yang...

Mobil

Last updated on 19 April, 2024 Autos.id – Awal April lalu, GAC Aion New Energy Automobile Co,. Ltd resmi menandatangani kerja sama distribusi mobil...

MG

Last updated on 16 April, 2024 Autos.id – Tahun ini, pabrikan otomotif lokal kembali mengudara. MG berhasil meluncurkan produk terbaru mereka pada 10 Januari...

error: Content is protected !!