Balap

Ducati Klaim Motornya Bakal Makin Mudah Dikendarai

Ducati
Ducati Desmocedici

Meski pada akhirnya tak ada pembalapnya yang mampu menjuarai MotoGP 2018, namun setidaknya Ducati berhasil membuktikan kalau mereka adalah salah satu tim terkuat di musim ini. Pada musim depan, dapat dipastikan kalau Ducati akan memiliki performa yang lebih baik lagi.

Autos.id – Bukti kekuatan Ducati di musim ini bisa dilihat dari total enam kemenangan yang didapat oleh kedua pembalapnya, yakni Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo.

Bukan cuma itu, Ducati juga menjadi lawan terberat Honda di musim ini. Itu bisa dilihat dari respons pembalap Honda, Marc Marquez, yang sering mewaspadai performa Ducati di sepanjang musim ini.

Apa yang dimiliki oleh Ducati pada musim ini pastinya akan menjadi fondasi bagi mereka untuk memperbaikinya dan meningkatkan performa motornya untuk berkompetisi di MotoGP 2019.

Total pembalap Ducati sudah enam kali memenangi balap di musim ini

Bahkan, tim yang berasal dari Italia ini berani bilang kalau motornya akan lebih mudah dikendarai di MotoGP 2019. Jika benar demikian, otomatis semua pesaingnya harus makin waspada dengan performa Ducati di musim depan.

Pengembangan yang dilakukan Ducati untuk mengarungi musim 2019 tidak hanya diterapkan pada tim pabrikannya saja. Tapi tim satelitnya, yakni Pramac Ducati juga diklaim bakal lebih mudah dikendarai.

Sebenarnya klaim tersebut tidaklah berlebihan. Karena Sejak Ducati kedatangan Luigi Dall’igna, motor Desmosedici menjelma menjadi motor yang lebih bersahabat.

Ducati juga akan mengembangkan motor tim satelitnya

Terhitung dari 2016, Ducati sudah 14 kali memenangkan balapan yang disumbangkan oleh tiga pembalap berbeda, yakni Andrea Iannone, Andrea Iannone, dan Jorge Lorenzo.

“Motor itu mudah dan menyenangkan untuk dikendarai, tetapi sulit untuk benar-benar menganalisanya karena masalah elektronik,” kata Michele Pirro, Pembalap Penguji Ducati di laman GPOne.

Biarpun diakui lebih menyenangkan dan mudah dikendarai, namun Michelle Pirro mengakui kalau masalah keseimbangan menjadi fokus Ducati dalam pengembangan Desmosedici GP19 yang digunakan musim depan.

Michelle Pirro akui motor Ducati makin mudah dikendarai

“Keseimbangan adalah area utama yang kami fokuskan, karena hal itu perlu kami tingkatkan lagi. Pada saat yang sama, kami tidak bisa kehilangan kelebihan kami dalam pengereman, akselerasi, dan tenaga,” lanjut Michelle Pirro.

Ducati tidak mau mengulang kesalahan di masa lalu ketika mengembangkan motor baru. Pabrikan asal Borgo Panigale itu masih akan mengumpulkan data saat melakukan uji coba di Sirkuit Jerez, Spanyol.

Setelah seri terakhir di Valencia pada (18/11) mendatang, semua tim MotoGP akan melakukan tes pramusim di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol pada 20-21 November 2018.

Baca juga: Marc Marquez Harapkan Hal Ini Akan Menimpa Ducati di 2019

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top