Mobil

Suzuki Janjikan Bakal Datangkan Penerus Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara akhirnya sampai di ujung perjalanannya pada akhir 2018 ini. Walau sudah tak lagi menjual Grand Vitara, namun Suzuki memastikan kalau Grand Vitara bukanlah SUV terakhir mereka di Indonesia.

Jakarta, Autos.id – Meski pada akhirnya harus berhenti produksi, namun Suzuki Grand Vitara mampu bertahan di pasar Indonesia dalam waktu yang cukup lama. Medium SUV Suzuki ini hadir di Indonesia pada 2006. Artinya, Suzuki Grand Vitara sudah meramaikan pasar SUV di Indonesia selama 12 tahun.

Dalam 12 tahun perjalanan di tanah air, Suzuki Grand Vitara sudah pernah mengalami dua kali peremajaan. Tapi peremajaan yang dilakukan Suzuki kepada Grand Vitara hanya bersifat minor change, alias facelift.

Facelift pertama Suzuki Grand Vitara di Indonesia dilakukan pada 2009. Kala itu, perubahan yang terjadi hanya meliputi penggantian model gril, dan motif pelek. Sedangkan di interior, warna hitam dipilih untuk menggantikan beige yang sebelumnya dipakai, dan model instrument cluster juga ikut diubah.

Di facelift pertama ini, Suzuki menghadirkan pilihan varian bermesin 2.4 L. Alhasil, saat itu Suzuki Grand Vitara jadi memiliki dua pilihan mesin yakni 2.0 dan 2.4 L. Kedua varian tersebut sama-sama hadir dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan berteknologi konvensional.

Model facelift pertama Suzuki Grand Vitara

Selang empat tahun kemudian, Suzuki kembali melakukan penyegaran pada Grand Vitara. Lagi-lagi, ubahan di eksterior hanya menyentuh ubahan model gril dan motif pelek. Bagian interior relatif tidak banyak berubah, hanya saja, Suzuki menambah beberapa fitur baru untuk Grand Vitara.

Sejak model facelift Grand Vitara diluncurkan, sejak saat itu jugalah Suzuki tak lagi menjual varian bermesin 2.0 L. Artinya, terhitung dari 2013 hingga 2018, Suzuki hanya menjual Grand Vitara bermesin 2.4 L dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Seperti yang sudah disinggung di awal, sekarang Suzuki tak lagi menjual Grand Vitara di Indonesia. Kalaupun masih ada yang membeli unit barunya, dapat dipastikan kalau itu adalah sisa stok yang masih belum habis terjual.

Berakhirnya penjualan Grand Vitara membuat Suzuki tak lagi mempunyai pilihan mobil SUV untuk pasar Indonesia. Suzuki memastikan kalau kondisi ini hanya berlangsung untuk sementara waktu, karena mereka sedang mempersiapkan SUV baru penerus Grand Vitara di Indonesia.

Facelift kedua Suzuki Grand Vitara

“Kami sadar kalau saat ini SUV adalah jenis mobil yang sedang digandrungi oleh banyak orang. Tren ini tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di banyak negara lain di dunia.”

“Mengacu pada tren SUV di dunia, maka tentunya kami akan menghadirkan lagi mobil jenis ini untuk menjadi penerus Grand Vitara di Indonesia. Tapi, kami belum bisa menyebutkan SUV seperti apa yang akan kami bawa ke sini,” kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Masih menurut Donny Saputra, saat ini Suzuki sedang melakukan riset mengenai SUV seperti apa yang potensial untuk dijual di Indonesia. Riset ini kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga kehadiran SUV baru Suzuki di Indonesia kemungkinan besar tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini.

Baca juga: All New Suzuki Ertiga Berhasil Puaskan Para Konsumen

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top