Balap

Valentino Rossi: “Kemenangan Vinales Tidak Mengubah Yamaha”

Valentino Rossi mengatakan kemenangan Maverick Vinales dalam balapan di Phillip Island hari Minggu “tidak banyak berubah” untuk Yamaha.

Australia, autos.id Vinales mengakhiri penantian Yamaha dalam meraih kemenangan pada hari Minggu setelah 25 balapan, dengan kinerja yang mengesankan di Phillip Island di lintasan yang dianggap bisa menguntungkan motor M1.

Namun Rossi – yang menempati posisi keenam – mengatakan bahwa hasil itu tidak mengurangi kebutuhan Yamaha untuk membuat lompatan besar dalam performa musim depan, setelah tertinggal dari Honda dan Ducati di sebagian besar musim ini.

“Ini adalah hasil yang bagus untuk Maverick, dan juga untuk seluruh tim dan untuk Yamaha, karena itu sangat lama sehingga kami tidak menang,” kata Rossi kepada MotoGP.com.

“Tapi kami harus tetap bekerja untuk tahun depan. Ini tentu saja merupakan suntikan kepercayaan diri yang besar, tapi saya kira itu tidak banyak berubah.”

Rossi pindah ke posisi kedua tak lama setelah Vinales memimpin, tetapi tidak bisa mempertahankan kecepatannya di paruh kedua balapan dan berakhir di belakang pembalap Suzuki dan Ducati masing-masing.

Dengan Andrea Dovizioso finis ketiga, itu berarti Rossi tertinggal 15 poin di belakang rekan senegaranya dalam perjuangan untuk menjadi runner-up di klasemen di belakang Marc Marquez, yang telah menyegel gelar tahun ini.

“Ini adalah hasil yang mengecewakan, saya berharap untuk berjuang untuk podium,” tambah Rossi. Dari lap pertama saya tidak memiliki banyak pegangan, terutama di sisi kiri ban, dan saya dalam masalah lebih dari hari sebelumnya.

“Saya juga langsung merasa motor itu terlalu meluncur, seolah-olah saya kehilangan sedikit cengkeraman. Sampai setengah jarak saya cukup cepat dan saya ditempat kedua, tetapi kemudian saya harus memperlambat. Sekarang kita harus mencoba memahami faktornya.

“Hasil yang cukup negatif, karena saya kehilangan poin dalam kejuaraan jika dibandingkan Dovizioso dan juga Maverick, yang telah memulihkan banyak poin. Saya rasa lebih dari sedetik, pertarungan akan menjadi yang ketiga (dalam hal poin).”

Meskipun ia kesulitan untuk mengendalikan motor, Rossi mengakui tidak ada perbedaan besar antara motornya dan Vinales di Phillip Island, dan memuji pembalap Spanyol itu atas penampilannya.

“Secara umum kedua motor itu tidak sangat berbeda,” katanya. “Kami memiliki beberapa perbedaan karena gaya kami, tetapi masalahnya adalah bahwa dalam percepatan kami berputar terlalu banyak.

“Maverick mampu memiliki lebih banyak drive bahkan jika dia berputar, dia berakselerasi lebih baik. Terutama akhir pekan ini dia selalu berkendara dengan sangat baik dan dia bisa memiliki lebih sedikit masalah.”

 Baca Juga: Raih Podium Utama di Phillip Island, Vinales Terkejut

Menang di Phillip Island, Mengapa masih ada pertanyaan tentang Yamaha ?

Dalam perlombaan Motegi sebelumnya, Vinales melintasi garis finish di ketujuh, selisih 13 detik di belakang Marc Marquez, dan berada dalam situasi yang sangat rendah.

Setelah pertemuan dengan para insinyur Yamaha yang berlangsung lebih dari satu jam, pembalap Spanyol itu meninggalkan jejak dan menuju ke Tokyo, di mana ia mencoba untuk menemukan ketenangan sebelum terbang ke Australia.

Seolah-olah itu belum cukup, di Phillip Island, Vinales berjanji kepada timnya bahwa dia akan mencukur kepalanya jika dia menang pada hari Minggu.

“Saya pasti akan jelek, tapi saya harus melakukannya, karena janji adalah janji,” kata Vinales, setelah mengakhiri 25 balapan tanpa kemenangan.

Namun sampai saat ini, baik Vinales dan Valentino Rossi telah meminta beberapa hal yang sangat berbeda dari Yamaha, yang pada tahap ini harus memutuskan arah pengembangan spesifik untuk masa depan.

“Saya berharap Yamaha melihat bahwa saya bisa memenangkan balapan pada hari Minggu dan karenanya berusaha memberi saya motor yang lebih kompetitif tahun depan, motor yang cocok untuk saya,” kata Vinales.

Meskipun Vinales tidak ingin terlalu agresif, memang benar bahwa dia telah mengeluh tentang keputusan yang diambil Yamaha pada awal tahun, ketika memasukkan mesin baru di M1 dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Harus Jalani Operasi, Cal Crutchlow Bakal Absen Hingga 2019 ?

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top