Connect with us

Hi, what are you looking for?

Balap

Marc Marquez Sebut Pencapaian 2018 Lebih Baik Dibanding 2017

Marq Marquez MotoGP 2018

Last updated on 29 Juli, 2023

Marc Marquez mengatakan musim 2018 lebih baik baginya dibandingkan 2017, ketika ia hanya mengamankan mahkota juara di akhir musim.

Jepang, Autos.id Marc Marquez memenangkan gelar MotoGP keempat dan kelima pada tahun 2017 dan 2018, dan rival utamanya adalah Andrea Dovizioso di dua tahun terakhir.

Sementara tahun lalu Marquez memiliki awal yang relatif lambat dibanding musim ini, yang kemudian membuat dia mengamankan gelar di Valencia, pada tahun 2018 Dovizioso yang mengalami kesulitan sejak dini memungkinkan Marquez untuk menjaga jarak yang nyaman sepanjang musim.

Dia menyegel gelar di Motegi dengan tiga balapan sisa, keunggulan 102 poin saat ini lebih besar dari margin terakhirnya di salah satu musim yang membuatnya memenangkan gelar musim lalu.

Marquez mengatakan tahun ini jauh lebih sedikit daripada tahun lalu, ketika dia bahkan “kehilangan momentum”.

“Tahun lalu jauh lebih menegangkan karena saya tidak memiliki keuntungan, tekanannya lebih tinggi. Adrenalin ketika saya mencapai gelar di Valencia jelas berbeda,” – Marc Marquez.

Baca Juga: Marc Marquez Segel Gelar Juara MotoGP 2018

Marquez telah memenangkan delapan balapan tahun ini dan telah berdiri di podium setiap waktu kecuali Argentina, dimana dia menghentikan motornya dan akhirnya dihukum karena menjatuhkan Valentino Rossi.

Dia menjelaskan: “Ketika saya membaca berita dan saya melihat 20, 25, 20, 25, 20, 25 (poin), ini adalah sesuatu yang kami coba untuk bekerja lebih keras di pra-musim untuk mencoba mencapai konsistensi ini.

“Ini yang saya pelajari tentang Dovi tahun lalu. Dia benar-benar pandai mengelola situasi dan tahun ini kami melakukan pekerjaan yang sangat hebat.

“Kadang-kadang saya memberikan segalanya untuk motor, dan kadang-kadang motor memberi sedikit kepada saya. Kompromi ini membuat konsistensi benar-benar baik sepanjang musim.

“Jujur saja, saya hanya berjuang di Mugello dan ada satu-satunya kesalahan yang saya lakukan sepanjang musim adalah kesalahan besar. Selain itu sepanjang musim saya bisa sangat konstan dan ini adalah kuncinya.”

Dia menambahkan: “Sepertinya tahun ini saya merasa lebih dewasa, saya merasa seperti kita mulai dengan motor yang sangat kompetitif.

“Tahun lalu juga saya mulai dengan perasaan yang tidak terlalu baik dengan motor, saya jatuh berkali-kali dan tahun ini saya bisa mengelola dengan cara lain dan menemukan kecepatan konstan ini untuk setiap lintasan yang berbeda.”

Setelah mengumpulkan gelar 500cc/MotoGP kelima, hanya Giacomo Agostini dan Valentino Rossi dengan delapan dan tujuh mahkota masing-masing yang mengungguli Marquez.

“Saya tidak pernah memikirkan rekor, karena setiap musim berbeda,” tegas Marquez. “Sekarang saya memiliki kontrak dua tahun dengan Honda, dan dua tahun ini saya akan berusaha memperjuangkan kejuaraan.

“Pra-musim mendatang saya akan bekerja untuk memperjuangkan gelar lain dan saya tahu bahwa saya akan mendapat tekanan seperti semua pembalap papan atas.

“Semua pembalap punya kualitas, kami bekerja untuk memenangkan kejuaraan. Jika Anda menyelesaikan posisi kedua, itu adalah musim yang baik, tetapi tujuannya tidak tercapai. Selama saya tinggal di sini, saya akan mencoba untuk meningkatkan segala hal.”

Baca juga: Marc Marquez Terima Hasil Balap di Australia dengan Lapang Dada

Rossi: “Marquez tidak perlu membuktikan diri”

Mengenai pencapaian sang Baby Alien, Valentino Rossi pun angkat bicara dan menganggap bahwa rivalnya itu tidak perlu membuktikan apapun.

“Ini sesuatu yang sangat pribadi,” kata Rossi. “Dia tidak harus mengganti motor. Dia harus berpikir, tetapi jika dia merasa nyaman dengan Honda, dia bisa menjalani seluruh karirnya dengan Honda.

“Itu sangat tergantung. Ini adalah pilihan yang sangat pribadi, apa yang Anda rasakan, apa yang Anda temukan agar menemukan motivasi untuk balapan, tetapi saya pikir semua orang memiliki caranya sendiri.”

Marquez menandatangani kontrak baru dengan Honda awal tahun ini, yang berarti ia akan tetap dengan produsen berbasis Asakadai tersebut hingga akhir musim 2020.

Ditanya tentang komentar yang dibuat di media oleh Presiden HRC Yoshishige Nomura minggu ini yang menyatakan keinginannya untuk menjaga Marquez untuk seluruh karirnya, pembalap asal Spanyol itu menambahkan: “Kita bisa membicarakannya, tidak masalah!

“Seperti yang selalu saya katakan, saya merasa baik dengan HRC dan ketika semuanya berjalan dengan baik, ini penting, dan sejak saya tiba di Honda, kami berada di salah satu momen terbaik, bersama dengan pabrik.

“Sejak itu kami dapat menunjukkan potensi di lintasan. Saya merasa baik, jadi ketika semuanya baik-baik saja, tetaplah dengan cara yang sama.”

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Balap

Tangerang, Autos.id  –  Peluncuran Tim Gresini Racing MotoGP 2024 juga resmi memperkenalkan duet Marquez bersaudara yaitu Alex Marquez dan Marc Marquez. Livery motor Ducati...

Berita Otomotif

Brad Binder dan Jack Miller mengandalkan KTM RC16 untuk menjalani setiap balapan MotoGP 2023, tapi seperti apa spesifikasi motor purwarupa dari KTM ini? Autos.id...

Aksesoris

Autos.id – MotoGP adalah ajang balap motor paling prestisius di dunia, di mana kecepatan dan performa motor menjadi faktor kunci untuk meraih kemenangan. Salah...

Berita Otomotif

Ketika melihat para rider MotoGP bersaing di sirkuit, pasti muncul pertanyaan ‘apa fungsinya punuk di baju balap motor?’. Autos.id – Setiap rider MotoGP selalu...

error: Content is protected !!