Connect with us

Hi, what are you looking for?

Tips

Jangan Terlalu Panik, Mobil Tetap Bisa Berjalan Walau Turbo Jebol

Turbo Jebol
Wujud perangkat Turbo

Last updated on 20 November, 2021

Turbo adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan tenaga mesin. Meski bisa meningkatkan tenaga mesin, tapi di sisi lain dapat menjadi bumerang, apabila turbo mengalami masalah hingga jebol.

Autos.id Perangkat turbocharger atau biasa disingkat turbo, umumnya disematkan pada mobil bermesin diesel. Namun kini sudah mulai banyak mobil bermesin bensin yang memakai perangkat ini. Bahkan tidak sedikit pula mobil baru dengan harga di bawah Rp 500 juta yang mesinnya sudah menggunakan turbo.

Prinsip kerja turbo adalah memanfaatkan tekanan udara dari gas buang untuk memutar turbin, sehingga udara yang masuk ke dalam mesin bertambah banyak. Alhasil, mesin dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Sistem turbo ini yang dipasang pada mesin saat ini sudah dikendalikan oleh engine control unit (ECU), agar dapat bekerja pada putaran mesin rendah. Hal itu dapat membuat akselerasi mobil lebih cepat, tanpa perlu menunggu putaran mesin tinggi.

Meski punya kelebihan untuk meningkatkan tenaga mesin, namun perangkat turbo juga tak luput dari masalah. Jika turbo jebol atau rusak, masihkah mobil dapat berjalan seperti biasanya?.

Lakukan perawatan agar turbo tidak jebol

Mesin bensin dengan turbo

Baca juga: Tips Merawat Mesin Turbo Toyota Raize Dan Daihatsu Rocky!

Sebelum mendapat jawabannya, penting bagi kita untuk mengetahui ragam kerusakan pada turbo. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada turbo, seperti tidak ada boost atau turbinnya yang jebol.

Untuk mesin turbo standar pabrikan, tidak terlalu besar kemungkinannya untuk mengalami kerusakan, apalagi untuk penggunaan harian masih jarang. Kalau turbo mengalami masalah, mobil tetap bisa berjalan. Tapi kembali lagi, kalau mati karena tidak ada boost, pastinya tenaga mesin jadi tidak responsif.

Kalaupun turbo mengalami kerusakan, gejalannya terlihat dari knalpot yang mengeluarkan asap putih. Menandakan kalau oli dalam turbo bermasalah lantaran jebolnya jurnal pada turbin turbo.

Sementara pada mobil kompetisi yang lazimnya menggunakan turbo kit high performance, jurnal turbonya sudah menggunakan ball bearing, sehingga lebih tahan banting. Malah sekarang ada yang pakai ceramic ball bearing yang kebutuhannya memang untuk balap dan agar turbo tidak cepat lemah biasanya membutuhkan turbo timer.

Civic Generasi-10 menggunakan turbo

Honda Civic generasi ke-10, merupakan salah satu mobil yang mesinnya sudah memakai turbo

Baca juga: Tips Perawatan Mesin Turbo Pada Truk

Perawatan secara berkala pada mesin, berkaitan erat dengan perawatan turbo, yang dapat menentukan cepat atau lambatnya kerusakan yang dapat terjadi pada perangkat tersebut. Pergantian oli yang sesuai spesifikasi dan jarak tempuh juga menentukan kualitas pelumasan pada turbo.

Sebenarnya, perawatan mesin mobil dengan turbo ini tak jauh beda dengan mesin non turbo. Namun untuk perawatan mesin dengan turbo, memerlukan penanganan yang lebih spesifik, guna menjaga turbocharger tetap optimal.

Cara merawat turbocharger yang ada pada mesin bensin maupun diesel sebenarnya terbilang mudah dan sederhana. Seperti rajin mengganti oli, menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi, dan mematikan mesin dengan cara yang baik dan benar.

Penting untuk diketahui sebelum mematikan mesin turbo, kita harus menunggu mesin dalam keadaan idle, agar rpm turbin menurun. Tujuannya adalah untuk menghindari perubahan suhu secara drastis pada turbo, yang dapat merusak komponen.

Jangan pula menginjak pedal gas sebelum mematikan mesin, karena hal itu akan mengakibatkan pelumasan pada sistem turbo terhenti mendadak, sementara perangkat turbo masih berputar kencang.

Karya yang dimuat ini adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi autos.id.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Tips

Perawatan mesin turbo memang butuh perlakuan khusus, terutama untuk para sopir truk yang saat ini telah banyak menggunakan truk bermesin turbo diesel. Tangerang, Autos.id...

error: Content is protected !!