Balap

Mercedes Bisa Kembali Merajai Balapan di Jepang

Mobil Lewis Hamilton

Sejak 2014, atau ketika dimulainya era hybrid Formula 1, Mercedes selalu berhasil memenangi balap di Jepang. Catatan kemenangan Mercedes di negeri sakura tampaknya akan semakin memanjang.

Autos.id – Dari musim 2014 hingga 2017, Mercedes selalu menjadi kampiun di Jepang. Tiga dari empat kemenangan itu diraih oleh Lewis Hamilton pada 2014, 2015, dan 2017.

Tahun ini, sepertinya Mercedes akan kembali menjuarai balap di Jepang. Pasalnya di sesi kualifikasi akhir, Lewis Hamilton berhasil menjadi yang terdepan, dan Valtteri Bottas berada di peringkat kedua.

Menilik hasil kualifikasi tersebut, bukan tidak mungkin kalau Bottas dan Hamilton akan sama-sama naik podium di Jepang. Karena jika berkaca pada balapan di Russia pekan lalu, keduanya memulai dan mengakhiri balap di peringkat dua teratas.

Dengan hasil yang didapat ini pula, otomatis makin besar peluang Hamilton dan Mercedes untuk menciptakan sejarah baru di pentas Formula 1.

Seandainya Bottas atau Hamilton memenangi balap di Jepang nanti, maka Mercedes akan jadi tim yang paling sering menang di negeri matahari terbit dalam era hybrid Formula 1, dengan catatan lima kemenangan beruntun.

Pencapaian tersebut akan menyamai prestasi Ferrari yang pernah menjadi tim langganan Juara di Jepang yang didapat dari musim 2000 – 2004. Empat dari lima kemenangan itu diberikan oleh Michael Schumacher.

Bottas dan Hamilton bisa saja kembali sama-sama naik podium di Jepang

Kemudian jika Mercedes menang, maka mereka akan jadi tim tersukses ketiga di Jepang. Hingga saat ini, Ferrari dan McLaren masih jadi tim tersukses di Jepang, yang mana keduanya sama-sama sudah memenangi balap di sini sebanyak sembilan kali.

Terakhir, jika Hamilton menang, maka pria berkebangsaan Inggris ini akan menjadi pembalap Formula 1 kedua yang paling sering menang di Jepang dengan catatan lima kali kemenangan.

Sampai saat ini, Michael Schumacher masih jadi pembalap Formula 1 yang paling sering menang di Jepang dengan catatan tujuh kali kemenangan.

Lantas, bagaimana dengan peluang Mercedes dan Hamilton untuk menciptakan semua rekor tersebut? Jika melihat kondisi saat ini, tampaknya cukup besar kemungkinan kalau semua rekor tersebut bisa diraih.

Alasannya adalah karena selain Mercedes dan Hamilton sedang berada dalam performa yang nyaris sempurna, rival terdekat mereka, yakni Sebastian Vettel, akan memulai balap di Jepang dari urutan kesembilan.

Jelas akan sulit bagi Vettel untuk bisa menaiki podium teratas di Jepang. Apalagi pembalap asal Jerman ini juga belum pernah lagi finish di depan Hamilton sejak balapan di Italia pada 2 September lalu.

Baca juga: Banyak Rekor yang Sudah Menanti Mercedes di Jepang

COMMENT
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top